PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BATANG ANAI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Jelya Andika Putri
Darni Darni

Abstract


Penelitian ini  bertujuan  untuk mengetahui bagaimanakah  Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga  Dan Kesehatan  Kelas VIII Di SMP  Negeri 1 Batang Anai. Jenis  penelitian , deskriptif. Populasi penelitian  ini  seluruh siswa yang berada di kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang Anai   dengan jumlah 242 siswa. Penarikan sampel dengan Teknik Simple Random sampling, Sehingga sampel dalam penelitian  ini berjumlah  76 siswa yang terdiri dari  33 siswa dan 43 siswi . Teknik pengumpulan data  menggunakan  kuesioner (angket). Hasil penelitian  menunjukan  bahwa rata-rata  secara keseluruhan    dalam   Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga  Dan Kesehatan  Kelas VIII Di SMP  Negeri 1 Batang Anai berada pada kategori baik dengan skala 73,94%. Selanjutnya , secara lebih rinci  Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga  Dan Kesehatan pada Sub Variabel Perencanaan Pembelajaran  berada pada kategori baik dengan skala 70,26 dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan pada sub variabel Pelaksanaan Pembelajaran berada pada kategori baik dengan skala 74,47.  Serta pada Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan pada sub variabel Evaluasi Pembelajaran berada pada kategori baik dengan skala 76,47.



##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putri, J., & Darni, D. (2025). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BATANG ANAI. Jurnal JPDO, 8(9), 2963-2972. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.9.2025.21

References

Asnaldi, “Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang”, Jm, Vol. 4, No. 1, Pp. 17-29, May 2019.
Asnaldi,;, Bakhtiar, S. Z., & Wenly, A. P. (2019). Explosion of limb mus cles on the ability of Mae Geri Chudan Karateka Lemkari. Jurnal Performa. http://performa.ppj.unp.ac.id/index.php/kepel/article/view/89
Asnaldi, Z. Fik-Unp, And M. M, “Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman”, Jm, Vol. 3, No. 2, Pp. 16-27, Dec. 2018.
Abdul Majid. (2021). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ardhiansyah El Lambang Kusuma (2021). Pengertian Pendidikan Jasmani. Bandung: Direktorat UPI.
Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Damrah (2020). Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Masa New Normal Covid 19. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, Volume 11 Nomor 2
Darni. 2020. Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Masa New Normal Covid 19. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, Volume 11 nomor 2.
E. Nurmai, E. Emral, and S. Suwirman, “Kemampuan Guru Motivasi Siswa Sarana Dan Prasarana Dalam Pembelajaran Penjasorkes Kelas IV Dan V di Sekolah Dasar Negeri 22 Andalas Padang”, jm, vol. 3, no. 2, pp. 53-63, Dec. 2018.
Fadlan, A. R., Wahyuri, A. S., Ihsan, N., Komaini, A., & Batubara, R. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Materi Kebugaran Jasmani Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Aktivitas Bermain. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(1), 73–84. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.10993
Harjanto (2021). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hijriyanto, A., Emral, E., Rasyid, W., & Darni, D. (2022). Tinjauan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal JPDO, 5(2),99-102. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/932
Khairunnisa Batubara (2021). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA, 422-438. Volume 23 No 22
N. S. Dessi (2020). Tinjauan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 133-138.
Rahmawati (2021). Pedoman Penyelenggaraan Program Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Jakarta: Depdikbud.
Rohmad Muhammad. (2020). Proses Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jamani, Olahraga, dan Kesehatan SD Negeri di Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Indonesian Journal For Physical Education and Sport, 3.
Sugiyono, (2008). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suwirman, S., Ihsan, N., & Sepriadi, S. (2018). Hubungan status gizi dan motivasi berprestasi dengan tingkat kondisi fisik siswa pplp cabang pencak silat sumatera barat. Sporta Saintika, 3(1), 410–422.
Umar Syahwani & Syambasril (2020). Pendidikan Jasmani Adaptif. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Umar Syahwani & Syambasril (2020). Pendidikan Jasmani Adaptif. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Wahyuri, S. A. (2017). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Aktivitas Bermain. Jurnal Menssana, 2(2), 14-18