Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMPN 25 Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMPN 25 Kota Padang. Fokus kajian meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PJOK, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran PJOK telah disusun sesuai dengan kurikulum yang berlaku, meskipun masih terdapat keterbatasan dalam penyediaan sarana dan prasarana. Proses pelaksanaan pembelajaran berjalan cukup efektif, dengan penggunaan metode bervariasi seperti ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung, namun pelibatan aktif siswa masih perlu ditingkatkan. Evaluasi dilakukan secara berkala melalui penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik. Faktor pendukung meliputi kompetensi guru dan antusiasme siswa, sedangkan hambatan utama adalah keterbatasan fasilitas olahraga dan waktu pembelajaran yang terbatas. Secara umum, pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMPN 25 Kota Padang sudah berjalan dengan baik, namun perlu perbaikan dalam aspek fasilitas dan pendekatan pembelajaran agar lebih optimal.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16-27.
Arikunto. 2001-2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Fadhillah, M., Jonni, J., Firdaus, K., Firdaus, K., & Sari, D. (2025). Hubungan Kelentukan Pergelangan Tangan dan Koordinasi Mata Tangan Dengan Kemampuan Servis Forehand sidespin Atlet Tenis Meja Persatuan Tenis Meja PTM Kurai Taji Kota Pariaman. Jurnal JPDO, 8(3), 607-614.
Firdaus. 2017. Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. Padang
Ikram, F., & Firdaus, K. (2020). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama 16 Padang. Jurnal JPDO, 3(6), 1-6.
Ishak Aziz. 2006. Dasar-Dasar Penelitian Olahraga. Jakarta: Kencana
Ihsan, N., Zulman, Z., & Adriansyah, A. (2018). Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Dayatahan Aerobik Dengan KemampuanTendangan Depan Atlet Pencak Silat Perguruan Pedang Laut Pariaman. Jurnal Performa Olahraga, 3(1), 1-6.
Hermiyanty, H., Hasanah, H., & Setiawan, H. (2016). Implementasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja dalam Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Kota Palu. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 2(1).
Prastyo, Z. (2016). Analisis kemampuan guru dalam pembuatan rpp kurikulum 2013 dan pembelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga (pjok) se-kecamatan gununganyar kota surabaya (studi pada guru pjok sd negeri kelas iv semester genap se-kecamatan gunung anyar kota surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(2).
Putra, F., Darni, D., Sepriadi, S., & Lawanis, H. (2023). Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Tangan dengan Kemampuan Smash Pemain Bolavoli. Jurnal JPDO, 6(8), 30-37.
Rikardo, R., putra, aldo, zulbahri, zulbahri, & ihsan, nurul. (2023). Status Gizi Siswa pada Sekolah Dasar Negeri 13 Pasar Kambang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal JPDO, 6(1), 59-62.
RISKI, F., & sepriadi, sepriadi. (2024). Minat Siswa XI dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri 1 Banuhampu. Jurnal JPDO, 7(6)
Roga, H., Sepriani, R., Sepriadi, S., & Wulandari, I. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani siswa putra kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal JPDO, 6(9), 110-118.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D
Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sutikno. 2009. Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Berhasil. Bandung: Prospect.
Hermiyanty, H., Hasanah, H., & Setiawan, H. (2016). Implementasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja dalam Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Kota Palu. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 2(1).
Jurnal Performa Olahraga, 3(1), 1-6.
Richi, Arie Prima, and Arie Asnaldi. "Studi Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan." Sport Science 17.2 (2017): 92-100.
Zahra, N., Zarwan, Z., Neldi, H., & Ihsan, N. (2022). Pengembangan E-Modul Untuk Materi Bolabasket Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII. Jurnal JPDO, 5(7), 61-67
Zaimel, D., Ihsan, N., Putra, A., & Sasmitha, W. (2023). Desain Media Pembelajaran Materi Teknik Dasar Sepakbola untuk Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal JPDO, 6(8), 182-188.