Karakteristk Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa SDN 01 Bungo Pasang Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini berfokus pada identifikasi karakteristik kemampuan koordinasi gerak siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Bungo Pasang, Kota Padang. Tujuan utama studi deskriptif ini adalah untuk memetakan secara komprehensif profil kemampuan koordinasi gerak siswa di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling, memanfaatkan ketersediaan siswa sebagai partisipan. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas III, IV, dan V dengan total populasi 39 siswa. Analisis statistik deskriptif menunjukkan karakteristik kemampuan koordinasi gerak yang bervariasi antar tes. Pada tes Balance Beam, mayoritas siswa (38,5%; n=15) berada pada kategori sedang (rentang nilai 55-65). Demikian pula pada tes Jumping Sideways (41,0%; n=16; rentang nilai 48-57) dan Moving Sideways (41,0%; n=16; rentang nilai 31-36), mayoritas siswa menunjukkan kemampuan koordinasi sedang. Menariknya, pada tes Shuttle Throw, mayoritas siswa (43,6%; n=17) tergolong dalam kategori kurang (rentang nilai 11575-2100). Sementara itu, pada tes Eye-Hand Coordination, sebagian besar siswa (41,0%; n=16) menunjukkan kategori sedang (rentang nilai 11-15). Secara keseluruhan, karakteristik kemampuan koordinasi gerak siswa kelas III, IV, dan V di SDN 01 Bungo Pasang cenderung berada pada kategori di atas rata-rata (48,7%; n=19; rentang nilai 60-74). Hasil penelitian ini memberikan gambaran awal mengenai profil kemampuan koordinasi gerak siswa sebagai landasan pengembangan program pembelajaran gerak yang lebih terarah..
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal Menssana , 4 (1), 17 - 29.
Asnaldi, A. (2020). Hubungan Kelentukan dan Daya Ledak Otot Lengan Terhadap Ketepatan Smash Bolavoli. PAJU: Physical Activity Journal, 1(2), 160-175. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2556
Asnaldi, Arie, Nirwandi, N., & Aprisandy, D. (2019). Pengaruh Weight Training Terhadap Peningkatan Daya Ledak Otot Lengan. Sport Science, 19(1), 1–9. https://doi.org/10.24036/JSS.V19I1.23
Bakhtiar, S, Famelia, R., & J Goodway, j. D. 2019. Developing a Motor Skill-Based Curriculum for Preschools and Kindergartens as a Preventive Plan of Children Obesity in Indonesia. Atlantis Press SARL, volume 21.
Bakhtiar, S., Putra, E. R., Oktarifaldi, O., & Putri, L. P. 2019. The Effect Of Eye-Hand Coordination And Gender On The Level Of Ability In The Control Object Of Paud Students In Pariaman City. Jurnal: Menssana Volume 4 No 2: 165-174.
Bakhtiar, S., Syahputra, R., Putri, L. P., Mardiansyah, A., Atradinal, Hendrayana, A. A., ... & Pion, J. (2023). Sports talent profile of 7-12 years old: Preliminary study of talent identification in Indonesia. Journal of Physical Education and Sport, 23(12), 3167 3179. https://doi.org/10.7752/jpes.2023.12361
Bakhtiar, S., Syahputra, R., Putri, L. P., Mardiansyah, A., Hendrayana, A. A., Afrian, H., ... & Pion, J. (2023). Sports talent profile of 7-12 years old: Preliminary study of talent identification in Indonesia. Journal Of Physical Education & Sport, 23(12).
Deswandi, D., Syafruddin, S., dan Khairuddin, K. (2018). Studi kemampuan motorik siswa sekolah dasar negeri 28 air tawar timur kecamatan padang utara kota padang. Jurnal MensSana, 3(2), 81-92.
Gonçalves, R. S., Lima, R. A., Silva, G., & Bezerra, I. M. P. (2021). Sedentary Behaviors And Its Impact On Motor Coordination Among Children And Adolescents: A Syste Matic Review. Physical Activity Review, 9(1), 40–50
Januaripin, M. (2023). Penerapan Metode Diskusi Hubungannya Dengan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII IPA Madrasah Aliyah Miftahul Huda Subang. Journal on Education, 6(1), 9814-9821.
Johor, Z., Candra, R., Rasyid, W., Asnaldi, A., Oktarifaldi, & Bakhtiar, S. (2020). Effect of hand-eye coordination on the capability of children object control. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 460, 204-207. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.042
Millard, E. (2020, November 11). WHO updated their physical activity guidelines for the first time in 10 years. Runner’s World. https://www.runnersworld.com/news/a34930559/who-physical-activity-guidelines-updated/
Nadia, N., Bakhtiar, S., Oktarifaldi, O., Syahputra, R., & Putri, L. P. (2023). A Study of Sports Talent (Characteristics of Elite and Non-Elite Junior Tennis Athletes in Jambi City Based on Gender). Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 6(2), 581-592.
Pelawi, J. T., & Is, M. F. (2021). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dalam Upaya Pencegahan Pernikahan Dini (Dibawah Umur). Jurnal Education and Development, 9(2), 562-566.
Pion, J. A, et al. (2015). Stature and jumping height are required in female volleyball, but motor coordination is a key factor for future elite success. Journal of Strength and Conditioning Research, 29(6).
https://doi.org/https://doi.org/10.1519/JSC.0000000000000778
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Susanto, Y., Riwukore, J. R., Afrianti, I., & Habaora, F. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 4 Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan, 30(2), 143-152.
Syahputra, R., Bakhtiar, S., Marta, I. A., & Putri, L. P. 2021 . The Profile of Students' Locomotor Skills Level in Elementary School. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2), 138-154.
Syahputra, R., Sugiyanto, S., Tomoliyus, T., Bakhtiar, S., Ockta, Y., Putri, L. P., ... & Jeprinaldi, J. (2025). The impact of talent detection on increasing the number of children participating in sports. Retos: nuevas tendencias en educación física, deporte y recreación, (62), 1126-1136.