TINJAUAN STATUS GIZI SISWA SMP NEGERI 4 REJANG LEBONG KABUPATEN REJANG LEBONG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah di Sekolah Siswa Menengah Pertama Negeri 4 Rejang Lebong Kabupaten Rejang Lebong di prediksi tingkat status gizi peserta didik di sekolah ini belum diketahui, hal ini belum bisa di pastikan dalam keadaan gizi. Hal ini ditandai dari berbagai aktifitas yang di lakukan peserta didik terutama dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status gizi siswa Siswa Menengah Pertama Negeri 4 Rejang Lebong Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 4 Rejang Lebong Kabupaten Rejang Lebong yang berjumlah 617 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling” (sampling acak) yaitu 10%. Maka didapatlah jumlah sampel sebanyak 62 orang. Untuk menentukan status gizi siswa menggunakan rumus Indeks Masa Tubuh : IMT = BB/TB2, untuk teknik analisis data yaitu analisis deskriptif : P = f/n x 100%. Berdasarkan analisa data maka hasil penelitian didapatkan bahwa dari 62 sampel siswa SMP Negeri 4 Rejang Lebong Kabupaten Rejang Lebong maka diperoleh 6 orang siswa termasuk dalam kategori gizi kurang (9,68%), 45 orang siswa termasuk dalam gizi baik (72,59%), 10 orang termasuk dalam kategori gizi lebih (16,13%), dan 1 orang siswa yang termasuk dalam kategori obesitas (1,61%).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal Menssana, 4(1), 17-29.
Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16-27.
Eldawaty, E. (2020). Tinjauan Status Gizi
Peserta Didik SD Negeri 03 Malepang
Kecamatan Basa Ampek Balai Pesisir
Selatan. Jurnal JPDO, 3(6), 21-23.
Fatmawati, M., P, Putriani., A, Kamilah., M.T. Abadi. Promosi Gizi Seimbang : Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Tentang Pola Makan Sehat. Jurnal ABDIMAS KESOSI. Vol 6 No. 2, 29-35.
Guspa, F., Edwarsyah, E., & Syampurma, H. (2019). Tinjauan Status Gizi Siswa-Siswi Kelas VII MTsN 2 Pessel Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisi Selatan. Jurnal JPDO,2(1), 63-67.
Hardiansyah, Sefri. 2018. Tinjauan Status Gizi Guru Penjasorkes Sekolah Dasar diKecamatan Sungai Beremas. Jurnal Pendidikan dan Olahraga (JP&O), 1(1), 47-51.
Hardiansyah, Sefri. 2018. Tinjauan Status Gizi Guru Penjasorkes Sekolah Dasar diKecamatan Sungai Beremas. Jurnal JPDO, 1(1), 161-165.
Hasriani, S., W.R. Pratiwi., I. Utami. (2023). Hubungan Kecukupan Gizi Terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Pra Sekolah Di Desa Bonea Timur Wilayah Kerja Puskesmas Barugaia Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurnal Sakti Bidadari. Vol 6, No. 1, 32-37.
Hidayat, T & Welis, W. (2019). Perbedaan Kemampuan Motorik Kasar Anak Taman Kanak-Kanak Yang Status Gizi Kurang Dan Normal Di Taman Kanak-Kanak Darul Hikmah Pauh Kambar Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Stamina. Vol 2, No. 1, 180-192.
Holil, Muhammad Par’i. 2014. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Buku Kedokteran.
Kemenkes RI. 2020. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.1995/Menkes/SK/XII/2010 tentang Standar Antropometri Penilaian Status GiziAnak, (IMT/U)
Neldi, N.,& Sepriadi. (2018). Kontribusi Status Gizi Terhadap Kesegaran Jasmani. Jurnal Performa Olahraga, 3 (01), 60-69.
Republik Indonesia. 2013. Undang-Undang Republik Indonesia No. 42 tahun 2013 Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi.
Rika S. & E. Eldawaty. 2018. Kebugaran
Jasmani ibu-ibu di Jorong kp. Alai
Nagari Jambak Kecamatan Lubuk
Sikaping Kabupaten Pasaman”, jm,
vol. 3, no. 2, pp. 47-52.
Rozi, Fatkhur. (2021). Analisis Status Gizi Mahasiswa IAIN Salatiga pada Perkuliahan Pendidikan Jasmani. Jurnal PHEDERAL, Vol. 18, No. 1, 18-26.
Sepriadi, S. (2017). Kontribusi Status Gizi dan Kemampuan Motorik terhadap Kesegaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Keolahragaan, 5 (2), 194-206.
Sepriadi, S., Hardiansyah, S., & Syampurma, H. (2017). Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, Vol. 7, No. 1, 24-34.
Septiawati, D., Yaktiworo, I., R.Zuraida. (2021). Tingkat Konsumsi Energi dan Protein dengan Status Gizi Balita. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada(JIKSH). Vol 10, No. 2, 598-604.
Setiani, D.Y., R, Indriati. (2023). Pemeriksaan Status Gizi Anak Sekolah Sebagai Upaya Pencegahan Masalah Gizi. Jurnal ABDIMAS KOSALA. Vol 2 No. 2, 63-69.
Sulistyoningsih. 2011. Gizi untuk Kesehatan Anak. Jakarta.
Syafrizal & wilda. 2008. Ilmu gizi. Malang: Wineka Media. Tersedia dalam http://pustaka.unp.ac.id/file/abstrak_kki/EBOOKS/GIZI%20EDIT%202.pdf
Syampurma, Hilmainur. (2018). Studi Tentang Tingkat Pengetahuan Ilmu Gizi Siswa- Siswi SMP Negeri 32 Padang. Jurnal Menssana. Padang: FIK UNP. Vol. 3, No. 1, 89-99.
Syampurma, Hilmainur. (2016). Kontribusi Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Bagi Siswa-Siswi SMPN 10 Padang. Jurnal Menssana, Padang: FIK UNP. Vol 1, No. 2.
Wirakesuma, M.T., Desy., O.B. Putri. (2022).
Hubungan Aktivitas Fisik, Pola Makan,
Jenis Kelamin, Teman Sebaya Dan
Uang Saku Dengan Kejadian Gizi Lebih Pada Anak Di Sekolah Dasar
Negeri 002 Sekupang Kota Batam Tahun 2022. Jurnal Ilmu Kedokteran
Dan Kesehatan Indonesia (JIKKI). Vol 2, No. 2, 187-216.