Tingkat Keterampilan objek kontrol Siswa Di Sekolah Dasar (SD) Negeri 25 Koto Panjang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah diduga rendahnya keterampilan gerak dasar khususnya objek kontrol siswa kelas IV SD Negeri 25 Koto panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan objek kontrol siswa kelas IV SD Negeri 25 Koto Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV,V, dan VI SD Negeri 25 Koto panjang yang berjumlah 80 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, maka sampelnya adalah siswa kelas IV SD Negeri 25 Koto Panjang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 14 orang siswa putri dan 14 orang siswa putra. Instrumen yang digunakan adalah dengan menggunakan Tes kemampuan Gerak Dasar TGMD-2. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif persentatif. Hasil penelitian ini adalah: tingkat keterampilan siswa kelas IV SD Negeri 25 Koto Panjang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang memiliki rata – rata 41,07% paling dominan pada kategori baik Sehingga dapat disimpulkan tingkat keterampilan objek kontrol siswa kelas IV SD Negeri 25 Koto Panjang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang berada pada kategori “baik”.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Bakhtiar, S. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. UNP Press Padang, 2015
Bakhtiar, S., Asnaldi, A., & Syahputra, R.dan Syafri, M. R. (2023). Profil Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Dan Objek Kontrol Siswa Sekolah Dasar Negeri 20 Kumango Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Jurnal JPDO, 6(1), 102-108.
Bakhtiar, S., Famelia, R., Syahputra, R., Oktavianus, I., & Goodway, J. (2020, August). Developing a Motor Skill-Based Curriculum for Preschools and Kindergartens as a Preventive Plan for Children With Obesity in Indonesia. In 1st Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2019) (pp. 276-280). Atlantis Press.
Bakhtiar, S., Khairuddin, K., Oktarifaldi, O., Syahputra, R., Putri, L. P., & Asnaldi, A. (2020). Effect of Balance on Development Level the Locomotor Capabilities of PAUD Student Padang Pariaman Regency. Educatio, 15(1), 12-21
Bakhtiar, S., Oktarifaldi, O., & Putri, L. P. (2019). Implementation of Learning and Fundamental Motor Skill Measurement of Early Childhood Motor Skill for PAUD Teachers in Padang Panjang City. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36-47.
Bakhtiar, S., & Famelia, R. (2017, December). Institute role of teachers' education in improving the standard of development achievement rate and standard of teacher and education personnels of early childhood education. In International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017) (pp. 83-86). Atlantis Press.
Brian, A., Goodway, J. D., Logan, J. A., & Sutherland, S. (2017). SKIPing with Head Start teachers: Influence of T-SKIP on object-control skills. Research quarterly for exercise and sport, 88(4), 479-491.
Djordjević, M. (2021). Motor proficiency of preschool children aged 5 to 7 related to age, gender, cognitive level and participation in organized physical activity (Doctoral dissertation, Doctoral dissertation).
Dilandes, A. A., Syahputra, R., Oktarifaldi, O., Putri, L. P., & Bakhtiar, S. (2022). Perbedaan Level Kemampuan Objek Kontrol Berdasarkan Jenis Kelamin dan Usia PAUD. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(1), 27-35.
Dudley, D., & Burden, R. (2020). What effect on learning does increasing the proportion of curriculum time allocated to physical education have? A systematic review and meta-analysis. European Physical Education Review, 26(1), 85-100.
Famelia, R., Tsuda, E., Bakhtiar, S., & Goodway, J. D. (2018). Relationships among perceived and actual motor skill competence and physical activity in Indonesian preschoolers. Journal of Motor Learning and Development, 6(s2), S403-S423.
Florit, E., Bastianello, T., Andalò, B., & Majorano, M. (2024). I-MovE. An intervention to promote movement at childcare centers: Benefits for motor cognitive and socio-emotional development. Plos one, 19(1), e0297645.
Goodway, J. D., Famelia, R., Brian, A., Ozmun, J. C., & Gallahue, D. L. (2019a). Promoting Motor Development and Early Years Physical Literacy in Young Children. In Handbook of Research on the Education of Young Children (pp. 65-82). Routledge.
Goodway, J. D., Famelia, R., Brian, A., Ozmun, J. C., & Gallahue, D. L. (2019b). Promoting Motor Development and Early Years Physical Literacy in Young Children. In Handbook of Research on the Education of Young Children (pp. 65-82). Routledge.
Hawa, S., Zulbahri, Z., Handayani, S. G., & Apriyano, B. (2024). Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Kelentukan Dengan Kemampuan Meroda Pada Mahasiswa Senam Semster Juli-Desember 2023 PO FIK UNP. Jurnal JPDO, 7(6), press-press.
Haywood, K. M., & Getchell, N. (2024). Life span motor development. Human kinetics.
Komaini, A. (2017). Profil Tingkat Kesegaran Jasmani Karyawan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Sporta Saintika, 2(1), 207-216.
Lesmawan, H., Handayani, W., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Manullang, J. G., & Tarmizi, M. H. (2025). Pengembangan Gerak Dasar Manipulatif Berbasis Media Inovatif untuk Pembelajaran Penjas SD. Journal Scientific of Mandalika (JSM) e-ISSN 2745-5955| p-ISSN 2809-0543, 6(2), 435-447.
Magill, R. A., & Anderson, D. (2024). Motor learning and control: Concepts and applications. McGraw Hill.
Putri, M., Bakhtiar, S., Bafirman, B., Ihsan, N., & Putri, L. P. (2024). The role of learning strategies on object control skills is reviewed from coordination in children. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 10(1), 139-156.
Putri, L. P., Septri, S., Zumroni, Z., Oktarifaldi, O., Syahputra, R., Marta, I. A., ... & Nata, A. D. (2020). Effect Of Nutritional Status On Object Ability Of Children's Object Kontrols Aged 5 To 6 Years. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(2), 25-32.
Suprianto, I. W., Wahjoedi, H., & Spyanawati, N. L. P. (2020). Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport and Tourism, 2(1), 8-14.
Syahputra, R., Nur, H., Rasyid, W., & Mariati, S. (2019). Implementation of Basic Motion Learning and Use of Test Instrument of Gross Motor Development (TGMD) in Evaluating Basic Motion Skills. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-9.
Syahputra, R., Bakhtiar, S., Oktarifaldi, O., Rasyid, W., & Putri, L. P. (2020). Assistance In Learning Basic Early Childhood Motion Skills For Early Childhood Teachers In Pesisir Selatan Regency. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-13.
Syahputra, R., Bakhtiar, S., Marta, I. A., & Putri, L. P. (2021). The Profile Of Students’ Locomotor Skills Level In Elementary School. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2), 138.
Tsuda, E., Bakhtiar, S., & Goodway, J. D. (2018). Relationships among perceived and actual motor skill competence and physical activity in Indonesian preschoolers. Journal of Motor Learning and Development, 6(s2), S403-S423.
Ulrich, D. A., Soppelsa, R., & Albaret, J. M. (2000). TGMD-2. Test of gross motor development examiner’s manual.
Taufik, M. S., Iskandar, T., & Sungkawa, M. G. G. (2021). Manajemen Penjas. Penerbit Adab.
Tsuda, E., Ward, P., Hastie, P., Ko, B., Santiago, J. A., Kim, I., ... & Ressler, J. D. (2024). Strategies for the teaching of content courses in physical education teacher education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 95(6), 20-25.