Pengembangan E- Modul Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Materi Renang Gaya Dada Berbasis Vidio Untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Hasil dari observasi di Sekolah Menengah Atas 1 Rejang Lebong didapatkan bahwa terbatasnya modul ajar dan kurangnya sumber daya pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut, E-modul berbasis video menjadi inovasi dan solusi untuk mendukung proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan E-Modul pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan materi renang gaya dada berbasis video untuk siswa kelas X sekolah menengah atas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi) namun dibatasi hanya sampai pada tahap implementasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli renang, ahli media, guru PJOK dan peserta didik kelas X Sekolah Menengah Atas 1 Rejang Lebong. Instrumen untuk pengumpulan data menggunakan instrumen angket validitas, angket praktikalitas dan angket evektivitas.
Hasil uji validitas memperoleh rata-rata nilai moment kappa (k) sebesar 0,86 kategori kevalidan sangat tinggi, hasil uji praktikalitas oleh guru memperoleh rata-rata nilai moment kappa (k) sebesar 0,99 kategori kepraktisan sangat tinggi, uji praktikalitas oleh peserta didik memperoleh rata-rata nilai moment kappa (k) sebesar 0,78 kategori kepraktisan tinggi, uji evektivitas menggunakan uji T, thitung = 7.76 dan ttabel = 1. 69 maka disimpulkan e-modul memberikan pengaruh yang signifikan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digitalguna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, VIII(1), 37-44.
Asnaldi, A., & Syampurma, H. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga. Jurnal Sains Olahraga dan Pendidikan Jasmani, XX(2), 97-106.
Asnaldi, A., Zulman, & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motoric Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Menssana, III(2), 16-27.
Dwi Astuti, I., Sumarni, R., & Saraswati, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, Iii(1), 60-61.
Erdi, P., & Padwa, T. (2021). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. Jurnal Vokasi Informatika, I(1), 23-27.
Ermin, A., & Fakhruddin, A. (2021). Rahasia Saintifik Dibalik Ibadah Sunnah Berenang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, Vi(1), 216-222.
Imansyah, F., & Tanjung, A. (2020). Analisis Kecepatan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (Sons). Penjaskesrek, Vii(1), 188-203.
Indahwati, N., Tuasikal, A. R. S., & Al Ardha, M. A. 2019. Developing Project Based Learning (PBL) as a teaching Strategy in Physical Education for Preservice Physical Education Teacher. In 1st International Conference on Education Social Sciences and Humanities (Atlantis Press).
Jumadi, F., Laksana, A., & Prananta, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Pjok Pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, Vii(2), 423-440.
Kanca, I. N. (2018). Menjadi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional Iptek Olahraga, 21-27.
Laia, A. (2016). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Steganografi Dengan Menggunakan Metode Computer Based Instruction. Means (Media Informasi Analisa Dan Sistem), I(2), 18.
Lovita, L., Asnaldi , A., Sepriadi, & Sepriani, R. (2023). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Siswa Putra. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, VI(4), 35.
Nurhalimah Erdi, P., & Rizqi Padwa, T. (2022). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. Jurnal Vokasi Informatika, I(1), 23-27.
Prawira, A., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini:Literature Review. Jurnal Educatio, VII(2), 300-308.
Priana, A. (2019). Pengaruh Alat Bantu Latihan Pull Buoy. Sport, Physical Education, Organization, Recreation, Training, III(1), 9-14.
Raibowo, S.,&Eka Nopriyanto, Y. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. Stand: Sports And Development, I(2), 112-119.
Raibowo, S., Nopriyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru Pjok Tentang Standar Kopetensi Propesional. Journal Of Sport Education, Ii(1), 10-15.
Selasa Aulia, M., Rosmawati, Syahrastani, & Zulbahri. (2023). 25hubungan Teknik Dasar Renang Dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Renang Gaya Dada. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, Vi(10), 25-34.
Sugihartini, N., & Jayanta, I. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Xiv(2), 221-229.