Profil Kemampuan Motorik Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 58 Lubuk Buaya
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 58 Lubuk Buaya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini adalah survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 58 Lubuk Buaya yang berjumlah 43 siswa yang diambil berdasarkan teknik total sampling, dengan rincian siswa putra berjumlah 21 siswa dan siswa putri berjumlah 22 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Tes Motor Ability untuk Sekolah Dasar yang meliputi tes Shutllerun 4 x 10 meter (kelincahan), tes lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok (koordinasi), tes Stork Stand Positional Balance (keseimbangan), tes lari cepat 30 meter (kecepatan), dengan reliabilitas sebesar 0,93 dan validitasnya sebesar 0,87.Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori “sangat rendah” sebesar 4,62% (2 siswa), “rendah” sebesar 23,26% (10 siswa), “sedang” sebesar 44,19% (19 siswa), “tinggi” 23,26% (10 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 4,65% (2 siswa).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Anton, K. (2018). Kemampuan Motorik Anak Usia Dini (Anton Komaini) (z-lib.org).
Antoni, D., Sari, D. N., & Hardiansyah, S. (2021). The Influence of Athletic Learning Model on Improving Physical Fitness. 35(Icssht 2019), 194–197.
Asnaldi, A., D. (2018). HUBUNGAN MOTIVASI OLAHRAGA DAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Jurnal Menssana 3, 16–27.
Asnaldi, A., & Syampurma, H. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga. Jurnal Sains Olahraga dan Pendidikan Jasmani, XX(2), 97-106.
Asnaldi, A., Zulman, & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motoric Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Menssana, III(2), 16-27.
Atradinal. (2017). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Penjasorkes Padang Utara Kota Padang. Jurnal Performa, 112–119.
Bakhtiar, S. (2014). Strategi Pembelajaran, Lokasi Sekolah, Dan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 127–133. https://doi.org/10.17977/jip.v20i2.4608
Bakhtiar, S., Putra, E. R., Oktarifaldi, O., & Putri, L. P. 2019. The Effect Of Eye-Hand Coordination And Gender On The Level Of Ability In The Control Object Of Paud Students In Pariaman City. Jurnal: Menssana Volume 4 No 2: 165-174.
Coakley, J. J., & Pike, E. (2014). Sports in society: Issues and controversies
Gusril. 2020. Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-Anak. Padang: UNP Press.
Hands, B., McIntyre, F., & Parker, H. (2018). The General Motor Ability Hypothesis: An Old Idea Revisited. Perceptual and Motor Skills, 125(2), 213–233.https://doi.org/10.1177/0031512517751750
Hasdiana, U. (2018). Memahami karakteristik anak didik. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1). http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379 1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002 7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmwmotorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
Ibrahim, H. (2009). Assessing general motor ability & tests for talent identification of Malaysian adolescents. November, 1–109.
Mardiansyah, A., Bakhtiar, S., Syahputra, R., Putri, L. P., Mardela, R., Afrian, H., & Pion, J. (2024). Motor coordination in relation to weight status and age in primary school children in Indonesia Coordinación motora en relación con el peso y la edad en niños de primaria de Indonesia *. 2041, 72–79.
Nurhasan. 2000. Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Universitas Pendidikan Indonesia.
Nurhasan. 2003. Tes dan Pengukuran, Pengantar Kegunaan Tes Dan Pengukuran Kriteria Tes. Universitas Negeri Surabaya.
Nurhasan. (2007). Tes dan Pengukuran. Jakarta: PT Bina Aksara.
Pamuji, Sukoco. (2004). Perkembangan Motorik Murid Sekolah DasarPurwomartani. Penelitian,. Yogyakarta: FIK UNY.
Paramita, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif (3rd ed.). WIDYA GAMA PRESS.
Satriawan, F. R., Pratama, B. A., Yuliawan, D., & Kurniawan, W. P. (2024). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Kebugaran Jasmani Dan Keterampilan Motorik Peserta Didik Sekolah Dasar. Jambura Journal of Sports Coaching, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.37311/jjsc.v6i1.23745
Schmidt, R. A. & Lee, T. D. (1999). Motor control and learning: A behavioural emphasis (3rd2ed.). Champaig, IL: Human Kinetics.
Sudijono, A. (1992). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.
Syarifudin. (2009). Panduan TA Keperawatan dan Kebidanan Dengan SPSS. Yogyakarta: GrafindoLitera Media.