IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE KECAMATAN KOTO VII KABUPATEN SIJUNJUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adelia Alfry Sabillah
Nurul Ihsan

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah menengah pertama negeri se Kecamatan Koto VII. Maka tujuan peneltian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah menengah pertama negeri se Kecamatan Koto VII. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrumen angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah menengah pertama negeri se Kecamatan Koto VII dengan jumlah 8 guru. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2025 sampai pada tanggal 25 Januari 2025. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah menengah pertama negeri se Kecamatan Koto VII mencapai 62,5% terlaksana dengan sangat baik dengan menjalankan setiap faktor. Dimana faktor perencanaan pembelajaran 50%, faktor pelaksanaan pembelajaran mencapai 75%, faktor evaluasi pembelajaran mencapai 62,5%. Maka dapat disimpulkan bahwa Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah menengah pertama negeri se Kecamatan Koto VII berada pada kategori “Sangat Baik”.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sabillah, A., & Ihsan, N. (2025). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE KECAMATAN KOTO VII KABUPATEN SIJUNJUNG. Jurnal JPDO, 8(9), 2913-2922. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.9.2025.16

References

Aliriad, H., Adi, S., Apriyanto R., & Da’I, M. (2023). Peran Globalisasi Pendidikan Tinggi dalam Pengembangan Pendidikan Jasmani yang Berkualitas di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1), 385-390.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsil, Asnaldi, Arie. 2021. Hubungan Keterampilan Motorik Kasar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal sport science volume 21 nomor 1 edisi Januari tahun 2021.

Asnaldi, A. Zulman, & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecmatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 3(2), 16-17.

Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2022). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran (Edisi Khusus Mahasiwa Pendidikan dan Pendidik). Pascal Books.

Firdianti, A. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar.

H. Nur, Nirwandi, and Asmi, (2018). “Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma N 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar”, jm, vol. 3, no. 2, pp. 93-101.

Ikhsan, N. (2017). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Pengelolaan Pembelajaran. MensSana, 2(1), 55-64.

Julaeha, S., Muslimin, E., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. MUNTAZAM: JOURNAL OF ISLAMIC EDUCATION MANAGEMENT, 2(01).

Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147.

Nadim, A. M. (2020). Pemaparan Program Guru Dalam Peluncuran Merdeka Belajar Episode 5 Tentang “Guru Penggerak.” Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Parwata, I. M. Y. (2021). Pembelajaran Gerak Dalam Pendidikan Jasmani Dari Perspektif Merdeka Belajar. Indonesian Journal of Education Development, 2(2), 219-228. https://doi.org/10.5281/zenodo.5233331

Pitnawati, P., & Damrah, D. 2019. Evaluasi Pelaksanaan Program Latihan Senam di Klub Senam Semen Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 9-16.

Pratiwi, S. A., Marlina, R., & Kurniawan, F. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(1), 525-535. https://doi.org/10.5281/zenodo.7551222

Rithaudin, A., & Sari, I. T. P (2019). Analisis pembelajaran aspek kognitif materi Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMA/SMK. Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), 9-13.

Rosdiani , Dini. (2014). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: alfabeta.

Rusman, W. (2015). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DISKUSI KELOMPOK DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS IV SDN 1 BANJAR NEGERI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2014/2015.

Sari, D. N. (2020). Tinjauan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 133-138.

Sarmila, S. (2023). Analisis Minat Bermain Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Block Brick Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B2 TK Hafidzan Lestari Kota Jambi. Universitas Jambi.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126-136. https://doi.org/10.58258/jime.v6il.1122

Yanuarti, E. (2017). Dewantara Dan Relevansinya. Jurnal Penelitian. 11(20):66-237 , 11(2), 240.