Tingkat Kemampuan Motorik Peserta Didik Kelas IV Di Sekolah Dasar Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Minta Harahap
Nurul Ihsan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik peserta didik kelas IV dan V Sekolah Dasar Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang tahun ajaran 2025/2026. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas IV dan V A Sekolah Dasar Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling yaitu sampel yang diacak yang berjumlah 25 dan 23 peserta didik. Instrumen yang digunakan, berupa tes shuttle run 4x10 meter, lompat jauh tanpa awalan, tes lari cepat 4 detik, lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok, dan tes stork stand positional balance. Hasil penelitian dapat diketahui, “baik sekali” 2 orang (9,1%) kelas 4A dan 1 orang (4,35%) kelas 5A, “baik” 4 orang (16%) kelas 4A dan 3 orang (13,04%) kelas 5A, “cukup” 9 orang (36%) kelas 4A dan 11 orang (47,83%) kelas 5A, “kurang” 10 orang (40%) kelas 4A dan 6 orang (26,09%) kelas 5A “sangat kurang” 0 orang (0%) kelas 4A dan 2 orang (8,70%) kelas 5A. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan motorik kasar kelas IV dan V A termasuk kategori “kurang” untuk kelas IV dan “cukup” untuk kelas V.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Harahap, M., & Ihsan, N. (2025). Tingkat Kemampuan Motorik Peserta Didik Kelas IV Di Sekolah Dasar Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Jurnal JPDO, 8(5), 2754-2763. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.6.2025.198