Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas 8 SMPN 24 Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahui kebugaran jasmani siswa kelas 8 SMPN 24 Padang dan masih banyak banyaknya anak yang mengalami kelelahan yang berlebihan usai melakukan aktivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebugaran jasmani siswa kelas 8 SMPN 24 Padang. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPN 24 Padang berjumlah 68 siswa. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas A dan H SMPN 24 Padang, maka sampel dalam penelitian nantinya dipilih yaitu sebanyak 35 orang siswa dari seluruh populasi. Instrument penelitian kebugaran jasmani yaitu, daya ledak otot tungkai dengan tes standing board jump, kekuatan otot perut dengan tes sit up, daya tahan aerobic dengan tes bleep test, koordinasi mata tangan dengan tes hand and eye coordination test dan kelincahan dengan tes T test. Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekuensi dengan perhitungan persentase P = F/N x100%. Hasil penelitian bahwa (1) Kebugaran jasmani siswa putra kelas 8 SMPN 24 Padang berada pada kategori Sedang. (2) Kebugaran jasmani siswa putri kelas 8 SMPN 24 Padang berada pada kategori Sedang. (3) Kebugaran jasmani siswa kelas 8 SMPN 24 Padang berada pada kategori Sedang.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Afizi, R., Deswandi, D., Damrah, D., & Eldawaty, E. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Viii Madrasah Tsnawiyah Negeri 4 Kota Padang. Jurnal JPDO, 6(4), 155-160.
Alamsyah, D. A. N. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kebugaran jasmani pada remaja siswa kelas xi smk negeri 11 semarang, 5, 77–86.
Asmana, N., Yaslindo, Y., Wahyuri, A., & Resmana, R. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Padang. Jurnal JPDO, 6(6), 129-135.
Asnaldi, A. (2016). Hubungan Pendekatan Latihan Massed Practice Dan Distributed Practice Terhadap Ketepatan Pukulan Lob Pemain Bulutangkis. Jurnal MensSana, 1(2), 20. https://doi.org/10.24036/jm.v1i2.51
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 17. https://doi.org/10.24036/jm.v4i1.30
Elza, F., Firdaus, K., Darni, D., & Wulandari, I. (2023). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Kelas VIII Siswa SMP Negeri 25 Padang. Jurnal JPDO, 6(3), 156-162.
Igoresky, A. (2023). Tingkat Kebugaran Jasmani Kelas Atas Sd Negeri 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Jurnal JPDO, 6(12), 124-129
Natal, Y. R. (2022). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMP di Masa Pandemi. Jurnal Penjakora, 9(1), 62–70.
Pratama, D. A., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan Status Gizi dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa SMA: Literature Review. Sport Science and Health, 4(3), 238–249.
Ramadhana, M M L & Prihanto, J B. 2017. 'Hubungan Antara Status Gizi Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Di Sma Negeri Plandaan Jombang', Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, vol.4. no.2, hlm. 467–471
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujana Wahyuri, A., Syamsuar, S., & Antoni, D. (2024). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Siswa Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama Negeri 43 PADANG. Jurnal JPDO, 7(12), 27158-27169.
Yaslindo, yaslindo, & yaslindo, yaslindo. (2025). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 32 Banuaran Kecamatan Lubuk Bagalung Kota Padang. Jurnal JPDO, 8(5), 981-991.