Tinjauan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMP Negeri 1 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan program kesehatan yang diselenggarakan di lingkungan sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik, sehingga dapat menunjang tercapainya tujuan pendidikan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMP Negeri 1 VII Koto Sungai Sarik, Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 VII Koto Sungai Sarik yang berjumlah 604 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 orang, terdiri dari 32 siswa dan 30 siswi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisoner. Teknik analisis data diolah menggunakan analisis statistik deskriptif persentatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelaksanaan usaha kesehatan sekolah di SMP Negeri 1 VII Koto Sungai Sarik, Kabupaten Padang Pariaman dalam indikator Pendidikan Kesehatan sebesar 71% (klasifikasi 70-79% atau kategori baik), indikator Pelayanan Kesehatan sebesar 62% (klasifikasi 60-69% atau kategori cukup), indikator Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat sebesar 77% (klasifikasi 70-79% atau kategori baik), dan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah secara menyeluruh sebesar 71% (klasifikasi 70-79%atau kategori baik).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Aminah, S., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JKFT, 6(1), 18. https://doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5214
Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16-27.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinea Cipta.
Depkes RI. 2009. Undang-Undamg No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Depkes (Placeholder1) (Placeholder1) RI
Eldawaty, E., Sepriani, R., & Hasan, A. (2019). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bungo Dani. Jurnal MensSana, 4(2), 124. https://doi.org/10.24036/jm.v4i2.95
Gusmayeni, N., Sepriani, R., Resmana, R., & Kunci, K. (2025). Tinjauan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 41 Padang Gunung Sarik. 6(1).
Hasan, A., & Eldawaty, E. (2019). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bungo Dani. Jurnal MensSana, 4(2), 124-131.
Irmayanti, H. N. (2023). Manajemen Program Uks Dalam Pendidikan Kesehatan Di Smp Negeri 4 Tanjung. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 3(1), 2808–5418.
Kemendikbud. (2021). Pedoman Program Kesehatan Reproduksi Jenjang SMP (Vol. 1). 978-623-97764-3-5
Parma, R., Hudayani, F., & Asnaldi, A. (2022). Evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada masa pandemi. Jurnal MensSana, 7(1), 31-38.Purbasari, C., Khalid, F., Fadla, M., & Nurwati, B. (2023). Pendidikan Kesehatan Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Pencegahan Karies Pada Anak Anak. EduCurio: Education Curiosity, 1(2), 414-419.
Rosmanelli, Yaslindo, & Kibadra. (2019). Penilaian Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah Dasar Di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal MensSana, 4(1), 39. https://doi.org/10.24036/jm.v4i1.32
Sepriani, R. (2019). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Mensana, 4, 34-39.
Sugiyono. (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulastri, E., & Astuti, D. P. (2020). Pendidikan Kesehatan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Daan Sikap Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Dan Penyakit Menular Sekual. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 16(1), 93. https://doi.org/10.26753/jikk.v16i1.427
Tim Esensi Munawaroh, I. (2019). Esensi "Menghidupkan" Ruang Kelas Bagi Penyelenggaraan Pembelajaran Efektif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.
Tim Pembina UKS. (2019). Pedoman Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Umakaapa, M., & Suradji, F. R. (2024). Pengaruh Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Merauke Papua Selatan. Jurnal Diskursus Ilmiah Kesehatan, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.56303/jdik.v2i1.243