Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Kaki terhadap Kemampuan Long Passing Sepak Bola Pemain SSB Taruna Sumber Agung Pasaman Barat
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah dalam penelitian ini rendahnya kemampuan long passing pemain Sekolah Sepakbola (SSB) Taruna Sumber Agung Kabupaten Pasaman Barat yang diduga disebabkan oleh faktor daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata kaki. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Instrumen dalam penelitian ini adalah 1) standing broad jump (X1), 2) Soccer Wall Volley Test (X2) , dan 3) tes kemampuang long passing (Y). Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat hubungan yang siginifikan antara daya ledak otot tungkai dengan kemampuan long passing pemain Sekolah Sepakbola (SSB) Taruna Sumber Agung Kabupaten Pasaman Barat dengan kontribusi 58%, 2) terdapat hubungan yang siginifikan antara koordinasi mata kaki dengan kemampuan long passing pemain Sekolah Sepakbola (SSB) Taruna Sumber Agung Kabupaten Pasaman Barat dengan kontribusi 53%, 3) dan terdapat hubungan yang siginifikan antara daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata kaki secara bersama-sama dengan kemampuan long passing pemain Sekolah Sepakbola (SSB) Taruna Sumber Agung Kabupaten Pasaman Barat dengan kontribusi 63%.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Aldo Naza Putra, (2018). Development of skill training model football basic techniques through approach global analytical global. Jipesjournal of indonesian physical education and sport, 4(2), 26-31.
Aldo Naza Putra, (2022). Efektivitas Latihan Small Side Games Terhadap Keterampilan Shooting Siswa SSB Usia 12 Tahun. Jurnal Sporta Saintika, Vol. 7, No. 1, hal 111-120.
Alfian, M. (2012). Kontribusi power tungkai, panjang tungkai dan flexibilitas sendi panggul terhadap hasil tendangan jarak jauh pada pemain ukm sepak bola UNNES Semarang. (Skripsi). Sekolah Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Alnedral, Bakhtiar & Umar. 2018. Strategis to Improve Intelligent Characters and Fighting Ability of Self- Defense Athletes of Tarung Derajat. Internasional Journal of Mechanical Engineering and Technology (IJMER), Vol. 9, No 11, November 2018
Anwar, A., Widiastuti, W., & Setiakarnawijaya, Y. (2019). Football Passing and Control Skills Exercise Model Based on Small Side Games For Ages 12-14 Years. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 481–493.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsil.2018. Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga.Padang: Wineka Media
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal Menssana, 4(1), 17-29.
Asnaldi, A. (2020). Hubungan Kelentukan dan Daya Ledak Otot Lengan Terhadap Ketepatan Smash Bolavoli. Physical Activity Journal (PAJU), 1(2), 160-175.
Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16-27.
Atradinal, A. (2018). Pengaruh Model Latihan Fartlek Terhadap Daya Tahan Aerobik Atlet Sekolah Sepakbola PSTS Tabing. Sporta Saintika, 3(1), 432-441.
Erianti, Astuti, Y., Zulbahri, Damrah, &Kibadra. (2020). Studi Keterampilan Teknik Dasar Sepakbola Siswa SMPNegeri 3 Kota Padang. Jurnal IlmuKeolahragaan Undiksha, 8(02), 92–100.
Febrio, D., Sepriadi, S., Zulman, Z., & Lawanis, H. (2023). Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai Dan Kelentukan Terhadap Kemampuan Smash Atlet Bola Voli
Harsono. 2022. Kondisi fisik olahraga. Jakarta: rineka cipta
Komarudin.(2005). Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kuswanto, Ari. (2019). upaya peningkatan hasil belajar passing kaki bagian dalam pada sepak bola melalui permainan gawang segitiga siswa kelas X SMA muhamadiyah bntul tahun ajaran 2018/2019. (Skripsi) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta .126(1).
Marta, I. A., & Neldi, H. (2023). Hand Eye Coordination and Explosive Power of Limb Muscles for Under Ring Ability in playing Basketball. Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 6(1), 1-14.
Mulyadi, H. (2016). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai Dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Santriwan Mts Pondok Pesantren Iqra’barung-Barung Balantai Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan Rokania. 1(1).
Nando, M. A. (2018). Pengaruh Latihan Ledder Drill (Agility) terhadap Kemampuan Footwork Bulutangkis Mahasiswa Unit Kegiatan Olahraga Universitas Negri Padang. Jurnal Performa Olahraga, 3(02), 109-109
Nur, M. M, and zalfendi FIK-UNP, “Tinjauan Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa Putera Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Gulat Di Smp Negeri 30 Padang”, jm, vol. 3, no. 1, pp. 67-76, Jun. 2018
R. Sepriani and E. Eldawaty, “kebugaran jasmani ibu-ibu di jorong kp. Alai nagari jambak kecamatan lubuk sikaping kabupaten pasaman”, jm, vol. 3, no. 2, pp. 47-52, Dec. 2018
Rosmawati, F. U. (2016). Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai Dengan Kemampuan Shooting Pemain Club Futsal Sekolah Menengah Kejuruan Nusatama Padang. Jurnal Menssana, 1(2), 11-19
Sajoto, M, (1998). Peningkatan & Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam. Olahraga,Semarang: Dahara Prize,
Sepriadi, S., Hardiansyah, S., & Syampurma, H. (2017). Perbedaan tingkat kesegaran jasmani berdasarkan status gizi. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 24-34.
Setiawan, I., & Allsabah, M. A. H. (2018). Profil tingkat kondisi fisik atlet tarung derajat Kota Kediri dalam mempersiapkan kejuaraan Porprov tahun 2018. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 112-121.
Sukadiyanto. (2002). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik Fakultas Ilmu. Keolahragaan. Universitas. Negeri. Yogyakarta
Tangkudung, J. (2012). Kepelatihan Olahraga. Cerdas Jaya.
Zikri, inzani. (2024). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Hasil Shooting Sepakbola Pada SSB Indonesia Muda Empat Balai. Indonesian research Journal on Education. 4(2).