Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SDN 22 Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

syaidatul husna rahma
Damrah Damrah

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) yang belum sepenuhnya memahami prinsip dan tujuan Kurikulum Merdeka, yang dapat mempengaruhi keterlibatan efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SDN 22 Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SDN 22 Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi penelitian adalah seluruh siswa di SDN 22 Lubuk Minturun , sedangkan sampelnya adalah 28 siswa kelas V dan 1 Guru PJOK. Hasil penelitian Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SDN 22 Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah adalah : 1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dilihat dari sudut pandang Perencanaan pembelajaran dengan sampel 1 guru PJOK berada pada kategori Sangat Baik dengan persentase 100%, sedangkan Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan sampel 28 siswa berada pada kategori Cukup dengan persentase 52,02%. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dilihat dari sudut Pelaksanaan Pembelajaran dengan sampel 1 guru PJOK berada pada kategori Sangat Baik dengan persentase 100%, sedangkan Pelaksanaan Pemelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan sampel 28 siswa berada pada kategori Baik dengan persentase 75,6%. 3) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dilihat dari Evaluasi Pembelajaran dengan sampel 1 guru PJOK berada pada kategori Sangat Baik dengan persentase 100%, sedangkan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dilihat dari sudut pandang Evaluasi Pembelajaran dengan sampel 28 siswa berada pada kategori Cukup dengan persentase 53, 81 %.


 



##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
rahma, syaidatul, & Damrah, D. (2025). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SDN 22 Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah. Jurnal JPDO, 8(6), 2605- 2614. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.6.2025.182

References

Abduljabar, B. (2011). Pengertian Pendidikan jasmani . Ilmu Pendidikan, 1991,36 http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/1965090919
Arikunto, S. 2013. Dasar - dasar evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asnaldi, A., & Richi, A. P. (2017). Studi Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Sport Science: Jurnal Sains Olahraga dan Pendidikan Jasmani, 17 (1), 93–98.
Asnaldi, A., & Richi, A. P. (2017). Studi Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Sport Science, 17(2), 92–100
Damrah,D., & Pitnawati, P (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Latihan Senam di Klub Senam Padang. Jurnal MensSana, 4 (10), 9 – 16
Dikdasmen. (2022). Kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Jakarta, Pusat Kurikulum dan pembelajaran, badan standar dan teknologi
Fernando, T. J. 2020. "Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Sekecamatan Air Hangat dan Air Barat Kabupaten Kerinci". Disertasi tidak Diterbitkan . Padang: Skripsi Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP.
Parma, R., Hudayani, F., & Asnaldi, A. (2022). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Masa Pandemi. Jurnal MensSana, 7(1), 31–38.
Patton, Q. M. 2019. Qualitative Research & Evaluation Methods. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Riyanto,A. (2020). Perencanaan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit XYZ.
Saiiltiata, et al. (2023). Implementasi kurikulum dalam pendidikan modern. Jurnal Pendidikan, 12 (3), 45-60
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto,A. (2021). Kementrian dalam Pembelajaran : Konsep dan Implementasi. Jakarta: Penerbit ABC
Yusuf, M. (2017).Metode Penelitain Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.