Tinjauan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran PJOK di SMP Negeri 6 Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi 25 siswa kelas VIII dan 2 guru PJOK. Sampel diambil menggunakan teknik Stratified Random Sampling, terdiri dari 11 siswi, 14 siswa, dan 2 guru PJOK. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PJOK di SMP Negeri 6 Padang telah sesuai dengan instrumen pengamatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam Kurikulum Merdeka. Faktor utama yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran meliputi kesiapan guru dan siswa. Berdasarkan data, perencanaan pembelajaran dinilai positif oleh 48,8% siswa dan 81,2% guru. Pelaksanaan pembelajaran memperoleh penilaian 54,6% dari siswa dan 75,0% dari guru. Evaluasi pembelajaran mendapat penilaian 58,0% dari siswa dan 90,0% dari guru.
Kesimpulannya, pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri 6 Padang telah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan baik. Guru telah menyusun capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan modul terbuka. Dalam pelaksanaannya, guru memberikan umpan balik, memotivasi siswa, serta menggunakan metode bervariasi. Evaluasi dilakukan dengan asesmen yang dirancang secara sistematis untuk meningkatkan kompetensi siswa.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Database Peraturan: https://peraturan.bpk.go.id/Details/40 234/uu-no-3-tahun-2005
Aldo Naza Putra, dalam Ardi Jonni (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri 15 Ampalu Kecamatan pariaman utara Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 92-96
Ananta Bella Lacksana, A. P. (2024:160). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Dalam Kurikulum Merdeka Di SD Negeri Se–Kecamatan Sumowono . Indonesian Journal For Physical Education And Sport, 160-162.
Andre, I. (2022:2). Tinjauan Pembelajaran Senam Lantai Rolling Belakang Dalam Mata Pelajaran PJOK Di SMP N 29 Padang. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 1-5.
Anas, S. (2019:453). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsil, A. (2018:192). Evaluasi Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Padang: Wineka Media.
Asnaldi, A., & Richi, A. P. (2017). Studi Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Sport Science: Jurnal Sains Olahraga Dan Pendidikan Jasmani, 17(1), 93– 98.
Asnaldi, A., & Richi, A. P. (2017). Studi Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Sport Science, 17(2), 92–
100.
Cardi Fadriana, A. S. (2024:5324). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Negeri Cisondari 01 Kecamatan Pasirjambu). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5324-5325
Darni. (2018:417). Peningkatan Keterampilan Masase Cedera Olahraga Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Kecamatan Padang Utara. Jurnal Stamina, 417-418.
Deswandi. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SDN 16 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang. Jurnal Menssana, 48-49.
Jannah, M. S. (2024). Implementation Of The Independent Learning Curriculum In Increasing The Learning Spirit Of Students At SMP N 3 Ingin Jaya. Arfannur, 143-152.
Hamalik. (2003:75). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksa.
Kemendikbud, R. (2022:9). Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemendikbud RI: Buku Saku.
Nathasia, H. D. (2022). Analisis Strategi Guru Bahasa Indonesia Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMK 11 Malang. Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 11, No. 3, 2022,227-245.
Pratama, E. Y. (2022:194). MODIFIKASI PERMAINAN KECIL PADA
Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 194-195.
Rasyid, W. (2011:34). Strategi Model Pembelajaran PENJASKESREK. Padang: SUKABINA PRESS.
Sanjaya. (2006:27). Strategi Pembelajaran.
Jakarta: Kencana.
Yulifri. (2022:13). Proses Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi di SMP Negeri 2 Kerinci. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 12-18.
Zulbahri. (2020:88). Pengembangan Media Belajar Pjok Pada Materi Senam Lantai (Artistik). Jurnal Pendidikan