Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas V Peserta Didik Sekolah Dasar Islam Terpadu Adzkia II Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini berawal dari belum diketahui kebugaran jasmani peserta didik kelas V SD IT Adzkia II Kota Padang dan juga penulis melihat bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengkoordinasikan gerakan, bergerak lambat, tidak lincah, mudah kelelahan dan sering mengantuk saat jam pelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Adzkia II Kota Padang.
Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Adzkia II Kota Padang yang berjumlah 59 . Pengambilan Sampel pada penelitian ini dilakukan secara Proportional Random Sampling yaitu peserta didik kelas berjumlah 30 peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kebugaran jasmani peserta didik Sekolah Dasar Islam Terpadu Adzkia II Kota Padang. Padang rentang nilai 18-21 terdapat 2 orang kategori baik, pada rentang nilai 14-17 terdapat 6 orang dengan kategori sedang pada rentang 10-13 terdapt 6 orang dengan kategori kurang dan tidak ada kategori kurang sekali
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asnaldi, A (2019). Kontribusi Motor Ability dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang Jurnal Mensana, 4(1) 17.Arsil. (2018). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.
Asnaldi, A. (2020). Meningkatkan keterampilan passing atas bola voli melalui media pembelajaran menggunakan alat bantu. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(1), 23-35.
Arsil. (2017). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Padang : Wineka Media.
Arsil. (2018). Buku Ajar: Pembina kebugaran jasmani. Padang: FIK UNP.
Asnaldi, A. Zulman, & Madri, M.(2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 3(2), 16-27.
Bafirman, B., & Wahyuri, A. S. (2019). Pembentukan Kondisi Fisik. Depok: Rajawali Pers.
Fikri, A. (2018). Studi Tentang Tingkat Kesegaran Jasmani Mahasiswa Penjaskes STKIP PGRI Lubuklinggau. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 74-83
Hilmainur. S, dkk. (2017) . Perbedaam Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi. Jurnal media Ilmu Keolahragaan Nasional.
Sepriadi. (2017). Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Bedasarkan Status Gizi. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia.
Sepriadi. (2019). Pembinaan Kebugaran jasmani: Sebagai suatu Pengantar. Depok: Rajawali Pers.
Sutarman., Bafirman, B. & Wahyuri, A. S. (2019). Pembentukan Konsisi Fisik. Depok: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cv.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv.
Suryabrata, S. (2018). Metode Penelitian. Depok: Rajawali Pers
Wahyuri, A. S. (2017). Pengembangan model latihan kebugaran jasmani berbasis aktivitas bermain. Jurnal MensSana, 2(2), 14.
Rosmawati, R. 2019. Tingkat Kesegaran Jasmani dan Status Gizi Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Pangkalan Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Jurnal JPDO, 2(3), 21-25.
Rosmawati, F. U., Darni, F. U., & Syampurma,H. (2019). Hubungan kelincahan dan daya ledak otot tungkai terhadap kecepatan tendangan sabit atlet pencak silat silaturahmi kalumbuk kecamatan kuranji kota padang. Jurnal Menssana, 4(1), 44-52.
Sovia Wahyuni & Donie. (2020). Buku Ajar Penjasorkes: Permainan Bola Voli. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. A. (2019). Periodization: Theory and Methodology of Training (6th ed.). Human Kinetics.