Survei Status Gizi dan Kebugaran Jasmani Siswa kelas X RPL 1 dan X RPL 2 SMK Negeri 2 Padang Panjang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih belum diketahuinya tingkat kebugaran dan status gizi siswa kelas X RPL 1 dan X RPL 2 di SMK Negeri 2 Padang Panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani dan status gizi siswa kelas X RPL 1 dan X RPL 2 di SMK Negeri 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2024 di SMK Negeri 2 Padang Panjang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X RPL 1 dan X RPL 2 yang berjumlah 52 orang siswa yang terdiri dari 43 orang siswa putra dan 9 orang siswa putri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 52 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes kebugaran jasmani indonesia (TKJI) dan tes pengukuran berat dan tinggi badan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripti persentatif. Hasil penelitian ini adalah 1) Kebugaran Jasmani Siswa menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani Siswa kelas X RPL 1 dan X RPL 2 di SMK Negeri 2 Padang Panjang dikategorikan sedang, 2) Status Gizi Siswa Sebagian besar siswa memiliki status gizi yang sesuai dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) gizi baik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Agus, Apri. 2013. Manajemen Kebugaran Jasmani. Padang: Sukabina Press.
Anas Sudijono. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Arsil. (2019:9). Pembinaan Kebugaran Jasmani. Padanje PT. Rajagrafindo Persada.
Asnaldi, A., & Syampurma, H. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Sport Science: Jurnal Sain Olahraga Dan Pendidikan Jasmani, 20(2), 97-106.
Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16–27.
Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. A. (2019). Periodization: Theory and Methodology of Training (6th ed.). Human Kinetics.
Darmawan, I. (2014). Pendidikan Jasmani dan Olahraga: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Bandung: Alfabeta.
Deswandi, dkk. (2013). Bahan Ajar Teori Dan Praktek Kesegaran Jasmani. Padang: FIK UNP
Fahey, T. D., Insel, P. M., & Roth, W. T. (2020). Fit & Well: Core Concepts and Labs in Physical Fitness and Wellness (13th ed.). McGraw-Hill Education.
Gibney, M. J., Margetts, B. M., Kearney, J. M., & Arab, L. (2015). Introduction to Human Nutrition. John Wiley & Sons.
Hardiansyah, S. (2018). Pengaruh Metode Interval Training Terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga. Jurnal Penjakora, 4(2).
Joyce and Weil. (2012). Model-model pembelajaran: menggembangkan propesional guru. Edisi kedua. Terjemahan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Krik, David. (2021). Physical Education Futures: New Perspectives on the Role of Sport in Education Routledge.
Marta, I. A., & Oktarifaldi, O. (2020). Koordinasi mata-kaki dan kelincahan terhadap kemampuan dribbling sepakbola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 1-14.
Muhajir. (2016). Pendidikan Jasmani. Olahraga dan Kesehatan Kelas VII. Jakarta: CV Putra Nugraha.
Mutohir, T.C., & Mukhlis. (2018). Pendidikan Jasmani Adaptif: Teori dan Praktek. Surabaya: Unesa University Press
Nasrullah, A. (2021). Konsep Kebugaran Jasmani dalam Konteks Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Nurhasan. (2015). Pengertian Kebugaran Jasmani. Dalam Damar Prawira dan Taufiq Hidayat (Eds.), Kebugaran Jasmani (hlm. 604).
Kesegaran jasmani berdasarkan status gizi. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 24-34.
Setyawan, A. W. (2018). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa SMP Negeri 1 Sampang (Studi pada siswa kelas VII). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 6(2).
Utami, S. R. (2013). Gizi dan Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wiarto, Giri. (2015). Panduan Berolahraga untuk Kesehatan dan Kebugaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widodo, J. (2018). Metodologi Penelitian: Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methods. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.