Hubungan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas IX SMP Negeri 30 Padang indonesia Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Al Hadi Saputra
Sri Gusti Handayani

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IX Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan media pembelajaran berbasis teknologi terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) siswa kelas IX di SMP Negeri 30 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 30 Kota Padang yang mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang berjumlah 252 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan porpotional random sampling dan jumlah keseluruhan sampel 64 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi angket untuk mengukur penerapan media pembelajaran berbasis teknologi serta hasil belajar PJOK. Untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan instrumen ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan uji normalitas, ,dan uji korelasi dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS 22.00. Hasil penelitian yang dilakukan : Terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan media pembelajaran berbasis teknologi terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) siswa kelas IX di SMP Negeri 30 Padang. Hasil penelitian Terdapat hubungan yang signifikan dari penerapan media pembelajaran berbasis teknologi terhadap hasil belajar PJOK siswa kelas IX SMP Negeri 30 Padang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Saputra, A., & Handayani, S. (2025). Hubungan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas IX SMP Negeri 30 Padang. Jurnal JPDO, 8(7), 2322-2330. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.6.2025.151

References

Adrian, M. R., Arsil, A., Damrah, D., Sari, D. N., & Zalindro, A. (2023). Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa SMP N 2 Kecamatan Payakumbuh. Jurnal JPDO, 6(11), 143-150.
Ali umar, Abbas Syamsuar, Syahrastani. 2018. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Di SD Negeri 40 Sungai Lareh Kota Padang.” Journal Menssana 3(2).
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 17. https://doi.org/10.24036/jm.v4i1.30
Asnaldi, A. (2016). Hubungan Pendekatan Latihan Massed Practice Dan Distributed Practice Terhadap Ketepatan Pukulan Lob Pemain Bulutangkis. Jurnal MensSana, 1(2), 20.https://doi.org/10.24036/jm.v1i2.51
Asmita, Rahman, & Nasir. (2019). Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmu Pemerintahan Vol. 1 No.1, 44-57.
Febrizal, T., & Lawanis, H. 2024. “Hubungan Kecepatan Reaksi Dan Kelincahan Terhadap Kemampuan Mendribble Bola SBB Putra Painan.” 7(1):46–53.
Firmadni, F. (2020). Media Pembelajaran berbasis Teknologi sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeNKonferensi Pendidikan Nasional, volume 2(1), 93 – 97.
Gafar, A. (2017). Penggunaan Internet sebagai media baru dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 8(2), 36-43.
Ginting, E. (2015). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis T Erhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek “Asus”(Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Budi Luhur) Periode September–Desember 2014. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 4(2).
Hilmainur Syampurma. 2016. “Kontribusi Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Bagi Siswa-Siswi SMPN 10 Padang.” Journal Menssana 1(2).
Maryono, M., Susanto, H., & Syam, A. R. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD proyektor terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak di sekolah. Journal of Islamic Education and Innovation, 106-115.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422-438.
Maharani, D., Helmiah, F., & Rahmadani, N. (2021). Penyuluhan manfaat menggunakan internet dan website pada masa pandemi Covid-19. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 1-7.
Muslim, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Keberhasilan Mapel PJOK pada Kelas IV SD Negeri 01 Banjarsari. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(3), 187-191.
Pahliwandari, R. (2020). Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Kelas VIII SMP 04 Kecamatan Sungai Kakap. Jurnal Keolahragaan, 6(2), 87-95.
Poerwanti, J. I. S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi penggunaan media pembelajaran interaktif dengan microsoft power point pada guru-guru sekolah dasar. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 265-271.
Putri Ayu Maharani, E. N. (2021). Pengaruh Video Animasi Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini. Jce (Journal Of Childhood Education), 5(1), 159-173.
Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.” Alfabeta 81.
Susilawati, E. (2020). Upaya meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam menganalisis video pembelajaran melalui strategi pembelajaran webinar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 146-154.
Swara, G. Y., Kom, M., & Pebriadi, Y. (2016). Rekayasa perangkat lunak pemesanan tiket bioskop berbasis web. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 4(2), 27-39.
Syarif, A., Juwita, D. R., & Wisman, Y. (2023). Kreativitas Guru Dalam Mengatasi Keterbatasan Prasarana Sarana Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 338-347.
Tarigan, P. P. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Spinning Wheel Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas Iii Sd Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/2024 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality Berastagi).
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.