PROFIL KEMAMPUAN KOORDINASI GERAK SISWA SDN 18 AIR TAWAR SELATAN KECAMATAN PADANG UTARA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fito Herdian Reski
Syahrial Bakhtiar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Profil Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa Sekolah Dasar Negeri 18 Air Tawar Selatan Kecamatan Padang Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan koordinasi gerak siswa sekolah dasar negeri 18 Air Tawar Selatan Kecamatan Padang Utara.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Teknik penari kan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu teknik penarikan sampel dengan menggunakan pertimbangan tersebut, dalam penelitian ini yang diambil sebagai sampel adalah seluruh siswa kelas lV yang berjumlah sebanyak 36 orang.Berdasarkan perhitungan uji statistik didapatkan hasil yaitu profil kemampuan koordinasi gerak siswa sekolah dasar negeri 18 Air Tawar Selatan Kecamatan Padang Utara pada tes Balance Beam mayoritas pada kategori Baik dengan  rentang nilai 51 - 62, Sebanyak 17 orang (47,22%) , pada tes jamping sideways yaitu mayoritas pada kategori Sedang dengan rentang nilai 36 - 45, Sebanyak  14 orang (38,39%) , pada tes Moving sideways yaitu mayoritas pada kategori Sedang dengan rentang nilai 26 - 32, Sebanyak  12 orang (33,33%) , pada tes Eye Hand Coordination yaitu mayoritas pada kategori Kurang dengan Rentang nilai 1 - 6, Sebanyak 13 orang (36,11%) , pada tes Shutter Throw yaitu mayoritas pada kategori Kurang dengan Rentang nilai 1643 - 2103, Sebanyak 12 orang (33,33%) dan Pada Profil Kemampuan Koordinasi gerak siswa sekolah dasar negeri 18 Air Tawar Selatan Kecamatan Padang Utara pada Kelas lV yang rata-rata pada kategori di atas rata-rata dengan rentang nilai 60 - 74, Sebanyak  11 orang (30,55%).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Reski, F., & Bakhtiar, S. (2025). PROFIL KEMAMPUAN KOORDINASI GERAK SISWA SDN 18 AIR TAWAR SELATAN KECAMATAN PADANG UTARA. Jurnal JPDO, 8(8), 2715-2724. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.6.2025.194

References

Altinkök, M. (2016). The Effects of Coordination and Movement Education on Pre School Children's Basic Motor Skills Improvement. Universal Journal of Educational Research, 4(5), 1050-1058.
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal Menssana, 4(1), 17-29.
Asnaldi, A., & Richi, A. P. (2017). Studi Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Sport Science: Jurnal Sains Olahraga dan Pendidikan Jasmani, 17(2), 92–100.
Bakhtiar, S., Syahputra, R., Putri, L. P., Mardiansyah, A., Hendrayana, A. A., Afrian, H., ... & Pion, J. (2023). Sports talent profile of 7-12 years old: Preliminary study of talent identification in Indonesia. Journal Of Physical Education & Sport, 23(12).
Bakhtiar, S., Syahputra, R., Mardiansyah, A., Hendrayana, A. A., & Pion, J. (2020). Sistem Identifikasi Bakat dalam Olahraga (Edisi Pert). Wineka Media.
Bete, D. T., & Saidjuna, M. K. (2022). Implementasi permainan tradisional benteng dalam pembelajaran penjas terhadap pembentukan perilaku sosial siswa Sekolah Dasar. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 70-79.
Bayuaji, Y. M. (2018). Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kemampuan Gerak Dasar Manipulatif pada Siswa Kelas III H SD Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.
Getchell, N., & Cleland, J. A. (2021). Clinical Biomechanics of the Lower Extremities. Elsevier.
Hamzah, A. R. (2017). Konsep Pendidikan Dalam Islam Perspektif Ahmad Tafsir. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(01).
Huerta Ojeda, Á., Lizama Tapia, P., Pulgar Álvarez, J., González-Cruz, C., Yeomans-Cabrera, M. M., & Contreras Vera, J. (2022). Relationship between attention capacity and hand–eye reaction time in adolescents between 15 and 18 years of age. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(17), 10888.
Hsiao, H. S., & Chen, J. C. (2016). Using a gesture interactive game-based learning approach to improve preschool children's learning performance and motor skills. Computers &
Iorga, A., Jianu, A., Gheorghiu, M., Crețu, B. D., & Eremia, I. A. (2023). Motor Coordination and Its Importance in Practicing Performance Movement. Sustainability, 15(7), 5812.
Faber, I. R., Koopmann, T., Schipper-van Veldhoven, N., Twisk, J., & Pion, J. (2023). Can perceptuo-motor skills outcomes predict future competition participation/drop-out and competition performance in youth table tennis players? A 9-year follow-up study. Plos one, 18(2), e0281731.
Johnson, A., & Smith, B. (2022). Assessment of Fundamental Motor Skills in Elementary School Children. Journal of Physical Education and Sport, 22(3), 456-467.
Lee, T. D., & Schmidt, R. A. (2025). Motor Learning and Performance: from Principles to Application. Human Kinetics.
Koryahin, V. M., Mukan, N. V., Blavt, O. Z., & Virt, V. V. (2019). Students’ coordination skills testing in physical education: ICT application. Інформаційні технології і засоби навчання, (70,№ 2), 216-226.
Magill, R. A., & Anderson, D. I. (2021). Motor learning and control: Concepts and applications (12th ed.). McGraw-Hill Education.
Mardiansyah, A., Bakhtiar, S., Syahruddin, S., Syahputra, R., Putri, L. P., Atradinal, A., ... & Pion, J. (2024). Motor coordination in relation to weight status and age in primary school children in Indonesia. Retos: nuevas tendencias en educación física, deporte y recreación, (57), 72-79.
Nelson, L. K. (2021). Cycles of conflict, a century of continuity: the impact of persistent place-based political logics on social movement strategy. American Journal of Sociology, 127(1), 1-59.
Nugraha, P. A., Wahyudi, A. T., & Vitalistyawati, L. P. A. (2022). Pemberian Balance Training Dapat Meningkatkan Keseimbangan Dinamis Lanisa Di Banjar Peneng, Desa Mekarsari, Tabanan. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(5), 2375-2384.
Nur, H., Jonni, J., & Syampurna, H. (2019). The effect of direct learning models in improving mastery of sepaktakraw basic techniques. Jurnal Performa Olahraga, 4(01), 29-39.
Permana, R. (2020). Teori dan Praktik: Pendidikan Jasmani di Perguruan Tinggi. Edu Publisher.
Radnor, J. M., Kerin, F., & Thewlis, D. (2022). Lower limb muscle power assessment in athletic populations: A systematic review. Journal of Strength and Conditioning Research, 36(2), 575-586
Rahman, F., & Putra, G. (2023). The Effect of Specific Training on Shuttlecock Throw Performance in Young Athletes. Sport Science Review, 32(1), 78-91.
Ramdani, L. A., & Mulyaningsih, I. (2024). Structured Games: Physical Activities to Develop Children's Balance Abilities. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(2), 55-59.
Rinto Alexandro, M. M., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional). Gue.
Sasmitha, W. (2022). Desain Video Pembelajaran Blended Learning Mata Kuliah. Jurnal Patriot, 4(2), 170-181.
Shimokochi, Y., Ambegaonkar, J. P., Ciccotti, M. G., & Sell, T. C. (2023). Landing biomechanics and anterior cruciate ligament injury risk factors in male and female athletes: A systematic review and meta-analysis. Sports Health, 15(1), 3-13
Stanković, D., Horvatin, M., Vlašić, J., Pekas, D., & Trajković, N. (2023). Motor coordination in children: A comparison between children engaged in multisport activities and swimming. Sports, 11(8), 139.
Syahputra, R., Sugiyanto, F. S., Tomoliyus, T., Bakhtiar, S., Ockta, Y., Putri, L. P., ... & Jeprinaldi, J. (2025). The impact of talent detection on increasing the number of children participating in sports. Retos, 62, 1126-1136.
Syahputra, R., Bakhtiar, S., Mardiansyah, A., Hendrayana, A. A., & Pion, J. (2022). Sistem Identifikasi Bakat dalam Olahraga (Edisi Pert). Wineka Media.
Williams, S. R., Robertson, F. C., Wedderburn, C. J., Ringshaw, J. E., Bradford, L., Nyakonda, C. N., ... & Donald, K. A. (2023). 1H-MRS neurometabolite profiles and motor development in school-aged children who are HIV-exposed uninfected: a birth cohort study. Frontiers in Neuroscience, 17, 1251575.
Williams, C., et al. (2021). Standardized Instruments for Measuring Throwing Ability: A Systematic Review. Measurement in Physical Education and Exercise Science, 25(4), 301-315.