Pengaruh Penggunaan Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran PJOK Untuk Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Murni Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024 / 2025

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Albert sandiko
Nurul Ihsan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum diketahuinya secara pasti implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK di Sekolah Menengah Pertama Murni Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas belajar siswa pada saat guru menggunakan aplikasi platfrom merdeka mengajar (PMM) pada pembelajaran PJOK untuk kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Murni padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Murni Padang yang berjumlah 32 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan total sampling,sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) adanya peningkatan kualitas belajar siswa terhadap pembelajaran PJOK untuk siswa kelas VIII SMP Murni Padang semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 dengan tingkat persentase peningkatan kualitas belajar sebesar 45,2%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
sandiko, A., & Ihsan, N. (2025). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran PJOK Untuk Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Murni Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024 / 2025. Jurnal JPDO, 8(5), 1920-1928. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.1.2025.109