Hubungan Kedisiplinan dengan Hasil Belajar PJOK di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Dharmabakti Nusantara Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat beberapa siswa memiliki hasil belajar PJOK yang rendah, diduga disebabkan oleh kedisiplinan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kedisiplinan siswa SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara Padang dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Tempat penelitian di SMK Dharmabakti Nusantara Padang dan waktu pelaksanaan penelitian pada bulan Januari 2025. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang berjumlah 100 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 50 orang. Instrumen penelitian ini mengunakan angker penelitan skala likert dan nilai hasil belajar PJOK. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasional kuantitatif dengan product moment dan aplikasi SPSS v.22.
Hasil dari penelitian korelasi antara variabel X dengan Y, diperoleh nilai pearson correlatian sebesar 0,473 lebih besar dari r tabel 0,279 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Pengambilan keputusan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan denan hasil belajar PJOK di SMK DBN Padang. Hal ini menandakan hipotesis penelitian diterima, atau Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga semakin baik kedisiplinan siswa, maka semakin baik pula hasil belajar PJOK siswa SMK Kesehatan DBN Padang.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Sari, D. N., Wulandari, I., Hardiansyah, S., & Zulbahri. (2020). Contributions of Arm Muscle Strength Against Forehand Drive Skills for Table Tennis Athletes. 460(Icpe 2019),120–123. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200805.
34
Afni, N., Wahid, A., Hastati, S., Jumrah, A. M., & Mursidin, M. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 Di Sd Negeri 126 Borong Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Madaniya, 2(2), 137-142.
Agustin, Y. T., Gunanto, Y. E., & Listiani, T. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Siswa Kelas Ix Pada Pembelajaran Matematika Di Suatu Sekolah Kristen [The Relationship Between Learning Motivation And Learning Discipline Of Grade 9 Mathematics Students At A Christian School]. Johme: Journal Of Holistic Mathematics Education, 1(1), 32-40.
Arsyam, M., & Tahir, M. Y. (2021). Ragam Jenis Penelitian Dan Perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37-47.
Azmi, B., Fatmasari, R., & Jacobs, H. (2024). Motivasi, disiplin, lingkungan sekolah: Kunci prestasi belajar. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 323-333.
Cahyani, N., & Winata, H. (2020). Peran Efikasi Dan Disiplin Diri Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2), 234-249.
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307-313.
Halim, M. F., & Mardison, S. (2021). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Di Smpn 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 7(2), 142-148.
Khoiruman, M. A., Satriyo, G., Rohamn, S., Ahmad, F., Istiari, N. R., Pratiwi, Y. M., ... & Nurdian, Y. H. (2025). Pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) oleh Dosen, Pembina dan Taruna Akademi Kelautan Banyuwangi di SMK NU Sudirman Rogojampi Banyuwangi. Journal Of Human And Education (JAHE). 4(6), 1216-1221
Kuswoyo, H., Gulo, I., Putri, A. D., Erliani, A. D., & Darmawan, Y. F. (2023). Peningkatan Keterampilan Test Toeic Bagi Siswa/Siswi Berbasis Teknologi Di Smkn 1 Labuhan Maringgai, Lampung Timur. Journal Of Community Service (Jcos), 1(2), 44-50.
Mabuka, O. (2021). Tata Tertib Sekolah Berperan Sebagai Pengendali Perilaku Siswa di SD Inpres Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Jurnal ilmiah wahana pendidikan, 7(2), 360-372.
Nugroho, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Menerapkan Pendidikan Moral Untuk Membangun Sikap Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 13-21.
Raihan, M., Pitnawati, P., Neldi, H., & Syampurma, H. (2024). Hubungan Status Gizi dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Kota Sawahlunto. Jurnal JPDO, 7(2), 111-118.
Sari, D. N., Nelson, S., & Haris, F. (2023). Pembinaan kebugaran jasmani dan pelatihan keterampilan kreativitas sebagai upaya mencegah demensia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Olahraga Dan Kesehatan (Jaso), 3(1), 15-24.
Setiawan, A. A., Maskun, M., & Imanita, M. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Pembelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas. Pesagi (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah), 9(2).
Suciyati, S., & Mukhlishina, I. (2022). Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Landungdari 1 Kota Malang. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 110-118.
Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184.
Sholichatin, E. (2020). Peran Punishment Dalam Menumbuhkan Disiplin Dan Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan Di Smp Negeri 1 Siman Ponorogo (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).
Shofwani, S. A., & Hariyadi, A. (2019). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Universitas Muria Kudus. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 11(1), 52-65.
Siregar, D. M., & Syaputra, E. (2022). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 119-124.
Syampurma, H. (2018). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kesegaran Jasmani pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Bertaraf Internasional Kota Padang. Sport Science, 18(1), 55-65.
Syampurma, H. (2016). Kontribusi Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Bagi Siswa-Siswi Smpn 10 Padang. Jurnal Menssana, 1(2), 71-79
Fernanda, M. A., Arsil, A., Syamsuar, S., & Sari, D. N. (2023). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PJOK Siswa SMP Negeri 1 Bukitinggi. Jurnal JPDO, 6(5), 178-184.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 2
Undang-Undang No. 3 Tahun 2005 Pasal 1 Ayat 11