The NALISIS TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA PUTRI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 KOTA PARIAMAN : Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah terlihat masih adanya siswa yang kurang aktif dan tampak lesu saat belajar, banyak siswa kurang beristirahat sehingga mudah mengantuk dalam proses pembelajaran, siswa mengalami kelelahan yang berlebihan usai melakukan aktivitas pembelajaran, serta daya tahan fisiknya yang lemah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Putri Kelas XI Menengah Atas Negeri 3 Kota Pariaman. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli s.d Agustus 2024 di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Pariaman. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Putri kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Pariaman berjumlah 191 siswa putri. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik (random sampling), maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 28 siswa putri. Pengambilan data didapatkan melalui Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Fase E F SMA yang meliputi: hand eye coordination, hand touch reaction, T-Test, Vertical Jump, Dipping Test, dan Multi Stage Fitness. Teknik analisa data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Berdasarkan hasil tes didapatkan, rata-rata tingkat kebugaran jasmani siswa putri kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Pariaman dikategorikan kurang dengan nilai rata-rata sebesar 16,43.
The problem in this study is that there are still students who are less active and appear lethargic while studying, many students do not get enough rest so they easily fall asleep during the learning process, students experience excessive fatigue after doing learning activities, and their physical endurance is weak. The purpose of this study was to determine the Physical Fitness Level of Female Students of Class XI of Senior High School 3, Pariaman City. This research is classified as a quantitative research type using descriptive analysis techniques. The research was conducted in July to August 2024 at Senior High School 3, Pariaman City. The population used
in this study were all female students of class XI of Senior High School 3, Pariaman City, totaling 191 female students. In this study, sampling used the technique (random sampling), so the number of samples in this study was 28 female students. Data collection was obtained through the Indonesian Student Fitness Test (TKSI) Phase E F SMA which includes: hand eye coordination, hand touch reaction, T-Test, Vertical Jump, Dipping Test, and Multi Stage Fitness. The data analysis technique used a descriptive percentage analysis technique. The results of the study showed that, based on the test results obtained, the average level of physical fitness of female students in class XI of State Senior High School 3, Pariaman City was categorized as lacking with an average value of 16.43..
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Ananda, D, Rosmawati, Syamsuar & Amra, F (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri 29 Batang Anai. Jurnal Pendidikan dan Olahraga (JP&O). Vol: 6, No: 1. ISSN 2722-8282
Asnaldi, A. (2013). Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik Motorik.
Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman.
Badriah, D. Laelatul.(2013). Fisiologi Olahraga Edisi II. Bandung: Multazam. H, 31-60.
Elza, F.L, Fildaus, K, Darni & Wulandari, I (2023). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Kelas VIII Siswa SMP Negeri 25 Padang. Jurnal Pendidikan dan Olahraga (JP&O). Vol: 6, No: 3. ISSN 2722-8282
Hartono, dkk. 2013. Pendidikan Jasmani: Sebuah Pengantar. Surabaya: Unesa University Press.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2021). Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI). Jakarta: Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani.
Lailatur Rohmah & Heryanto Nur Muhammad (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. E Journal UNESA.Vol.9 No.1.
Mahendra, I., Nugroho, P., & Junaidi, S. (1). Kelentukan Pergelangan Tangan Dan Koordinasi Mata Tangan Dalam Pukulan Forehand Tenis Meja. Journal Of Sport Science And Fitness, 1(1). Https://Doi.Org/10.15294/Jssf.V1i1.206
Meriyati (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Lampung : Fakta Press
Mudjiyanto & Cut Medika (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal, Vol. 1 No. 2
Nugroho, S. Agung. (2015). Perbedaan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII, VIII, Dan IX SMP Negeri 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang Tahun 2014/2015. Skripsi : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Nur, Nirwandi, and Asmi. (2018). “Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar”, Vol. 3, No. 2.
Prasetwawan, R.R & Pulumgan, K.A (2022). Signifikansi Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol 18, Issue 2
Purbangkara, t., tedi, p., & febi , k. (2022). buku bahan ajar ilmu faal olahraga dan pratikum . uwais inspirsi indonesia.
Purwanto, Sugeng (2019). Nilai-Nilai Karakter Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta : UNY Press
Ramadhana, A.R (2017). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Surabaya Dan Siswa Kelas VII SMP Negeri 36 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol. 05, Nomor 01.
Rika Sepriani, S. R. (2023). Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan dan Olahraga.
Ripto (2013). Implementasi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Terhadap Pengembangan Nilai - Nilai Karakter Siswa SMP. Journal Of Physical Education And Sports. Vol. 2, No. 1.
Rizki Jayanto, Syafruddin, Edwarsyah, Syamsuar (2022). Perbedaan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa IPA dan IPS SMA Negeri 2 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jurnal Pendidikan dan Olahraga (JP&O). Vol 5 No 8
Roga, H.S, Sepriani, R, Sepriadi & Wulandari, I (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Putra Kelas X Sekolah. Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Pendidikan dan Olahraga (JP&O). Vol: 6, No: 9. ISSN 2722-8282
Rohmah, L & Muhammad, H. N (2021) Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol. 09, No. 01.
Roji. (2016). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII-IX. Jakarta: Erlangga.
Sepriadi (2017). pengaruh motivasi berolahraga dan status gizi terhadap tingkat kebugaran jasmani. Jurnal penjakora.Vol.4. No. 1
Sepriadi, Hardiansyah, S., & Syampurma, H. 2017. Perbedaan tingkat kesegaran jasmani berdasarkan status gizi. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, Vol. 7, Nomor 1.
Sudiana, I Ketut (2014). Peran Kebugaran Jasmani Bagi Tubuh. Jurnal FMIPA UNDIKSHA IV
Sulistiyono, A. Agus (2014). Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20, No. 2
Syafruddin. (2013). Ilmu Kepelatihan Olahraga. Padang: UNP PRESS
Wahyuni, S., & Donie, D. (2020). Vo2max, Daya Ledak Otot Tungkai, Kelincahan dan Kelentukan untuk Kebutuhan Kondisi Fisik Atlet Taekwondo. Jurnal Patriot, 2(2), 640-653.
Wulandari, I., Arnando, M., Jatra, R., & Resky, A. I. (2021). The Effect Arm Muscle Explosive Power and Self Confidence to Speed of Service. Jurnal MensSana, 6(2), 109-117