ANALISIS MOTIVASI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MUNGKA DALAM PEMBELAJARAN PJOK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya indikasi bahwa motivasi belajar siswa kelas 8 di SMPN 2 Mungka dalam mata pelajaran PJOK masih belum optimal. Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat motivasi siswa kelas 8 di SMP N 2 Mungka dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses belajar-mengajar. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada pengukuran dan analisis tingkat motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 22 siswa kelas 8.2 yang dipilih secara acak. Instrumen angket yang digunakan telah diuji validitasnya. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengukur tingkat motivasi siswa menggunakan krieria dari Arikunto.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi siswa dalam pembelajaran PJOK berada dalam kategori baik, yaitu 71.3%. Sebagian besar siswa memiliki motivasi intrinsik yang kuat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Faktor-faktor seperti dukungan dari guru, lingkungan belajar yang menyenangkan, serta minat terhadap mata pelajaran PJOK turut mempengaruhi tingginya motivasi siswa.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Anggraeni, Dessy dan Sutiyarsih. 2018. "Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Melempar Melalui Pendekatan Bermain".Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Vol.14. No.1.
Arikunto, S. 2021. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahri, Djamarah Syaiful. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Dewi, Ririn Purnama & Sepriadi. Minat Siswa SMP Terhadap Pembelajaran PJOK secara Daring pada Masa New Normal. Physical Activity Journal (PAJU). Vol 2.2. Hlm.205-215.
Husaini U. (2015). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Husdarta, J. S., & Saputra, Y. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Ihsan, Nurul, et al. "Hubungan Status Gizi dan Motivasi Berprestasi dengan Tingkat Kondisi Fisik Siswa Pplp Cabang Pencak Silat Sumatera Barat." Jurnal Sporta Saintika, vol. 3, no. 1, Mar. 2018, Hlm. 410-422
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Margono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan: PT Rineka Cipta. Jakarta.
Pratiwi, W. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kelurahan Sertajaya Kecamatan Cikarang Timur. Cikarang.
Purwanto, M Ngalim. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prawira, Admaja Purwa. 2014. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta : AR-RUUZ MEDIA.
Rahmawati, dkk. 2020. Motivasi Belajar Dan Kesiapan Kerja Peserta Program Di Lkp Magistra Utama Kota Kediri. J+Plus Unesa. 9(2). Hlm 77-86
Riadi, Muchlisin. (2022) Teori Motivasi - Pengertian, Fungsi, Aspek dan Jenis. Kajian Pustaka.com.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:CV. Alfabeta.
Suhardi. (2013). Pengantar linguistik umum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sukintaka. (2011). Teori Pendidikan Jasmani. Solo: Esa Grafika.
Taher, Eva Silvia, Suhardi Marli, dan Suryani. 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Menggunakan Pendekatan Saintifik Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 2 (12). Hlm 1-13.
Yosodipuro, dkk. 2021. Analisis Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk Kantor Cabang Veteran di Jakarta Pusat. Quilibrium Point Jurnal Manajemen dan Bisnis. 4 (1). Hlm 49-57.