Analisis Motivasi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mungka Dalam Pembelajaran PJOK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya indikasi bahwa motivasi belajar siswa kelas 8 di SMPN 2 Mungka dalam mata pelajaran PJOK masih belum optimal. Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat motivasi siswa kelas 8 di SMP N 2 Mungka dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses belajar-mengajar. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada pengukuran dan analisis tingkat motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 22 siswa kelas 8.2 yang dipilih secara acak. Instrumen angket yang digunakan telah diuji validitasnya. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengukur tingkat motivasi siswa menggunakan krieria dari Arikunto.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi siswa dalam pembelajaran PJOK berada dalam kategori baik, yaitu 71.3%. Sebagian besar siswa memiliki motivasi intrinsik yang kuat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Faktor-faktor seperti dukungan dari guru, lingkungan belajar yang menyenangkan, serta minat terhadap mata pelajaran PJOK turut mempengaruhi tingginya motivasi siswa.