Pelaksanaan Prinsip Dasar Dan Metode Kepramukaan Di Gugus Depan (09.067 - 09.068) UPTD SMP Negeri 1 Kecamatan Bukik Barisan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

firja tullah
Damrah Burhan

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah diduga peserta didik belum sepenuhnya mengaplikasikan prinsip dasar dan metode kepramukaan belum sepenuhnya dalam pengamalan isi kode kehormatan Gerakan Pramuka. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui sejauh mana Pelaksanaan Prinsip dasar kepramukaan dan Pelaksanaan metode kepramukaan di Gugus Depan (09.067 - 09.068) UPTD Negeri 1 Kecamatan Bukik Barisan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota pramuka SMPN 1, sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket yang berupa 60 pernyataan. Berdasarkan hasil verifikasi dan validasi angket, hasilnya menunjukkan dari 60 item pernyataan valid. Dari 60 item pernyataan diperoleh hasil penelitian: diperoleh skor total 1187, dengan persentase 65,9%, pada kategori Baik, dan Pada variabel metode dasar kepramukaan, diperoleh skor total 1187, dengan persentase 59,3%, pada kategori Cukup.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
tullah, firja, & Burhan, D. (2025). Pelaksanaan Prinsip Dasar Dan Metode Kepramukaan Di Gugus Depan (09.067 - 09.068) UPTD SMP Negeri 1 Kecamatan Bukik Barisan. Jurnal JPDO, 8(12), 1285-1294. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.2026.129

References

Adil, A., Liana, Y., Mayasari, R., Lamonge, A. S., Ristiyana, R., Saputri, F. R., ... & Rohman, M. M. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Get Press indonesia.
Al Azizi, N. Q. U. (2018). Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter kedisiplinan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 40-50.
Agung, K. (2022). Implementasi Metode Kepramukaan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sijunjung. 5(11), 76–81.
Agustian, H., & Nirwandi, N. (2024). Analisis Metode Kepramukaan K.H Dewantara Raden Dwi Sartika dan Implementasi pada SMK Negeri 1 Padang Panjang. Jurnal JPDO, 7(4), 94–101. https://doi.org/10.24036/jpdo.7.4.2024.90
Anisa, M. (2020). Analisis Metode Kepramukaan Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Di Sekolah Dasar. Skripsi, 1–138. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54673
Annisa, S. (2015). IMPLEMENTAS Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun Ke IV Agustus 2015, 151, 10–17.
Aziz, R. A., & Ulya, V. F. (2022). Internalisasi Nilai Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 171–187. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2705
Bomans Wadu, L., Samawati, U., & Ladamay, I. (2020). Penerapan Nilai Kerja Keras Dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 4(1), 100–106.
Candra, H. (2023). The Effect of the Project Based Learning Model with the Case Method and Nutritional Status on Physical Fitness of Learners Class Vii Smpn 21 Padang. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 06(04), 1332–1342. https://doi.org/10.47191/ijmra/v6-i4-02
Cinde Adia Diningsih. (2024). Kiasan Dasar Gerakan Pramuka Dalam Membentuk Jati Diri Bangsa Indonesia.pdf (pp. 66–77). Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Pendidikan (JAMPEDIK).
Damrah, D., Novita, S., Astuti, Y., Pitnawati, P., Erianti, E., & Zulbahri, Z. (2021). Performance Of Physical Education Teachers In The New Normal Of Covid-19. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(4), 701-713.
Fauzi, H. (2022). Motivasi Peserta Didik dalam Pengembangan Diri Pramuka. Pendidikan Dan Olahraga, 5(9), 1–7.
Friska, Okta, & Anggrayni. (2022). Analisis Nilai Karakter Kedisplinan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SDN 08 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 24–27.
Iverson, B. L., & Dervan, P. B. (2017). Buku ajar metodologi penelitian dasar bidang pendidikan (S. B. Sartika (ed.); 1st ed.).
Kusumawati, I. (2012). Pembentukan karakter siswa melalui pendidikan kepramukaan. Academy of Education Journal, 3(1).\
Muchson, M., & MM, S. (2017). Statistik Deskriptif. Spasi Media.
Nahdiya, H. S., & Susilo, H. (2021). Pengaruh Pendidikan Pramuka Penegak-Pandega Terhadap Penumbuhan Karakter Mandiri, Integritas, Dan Kepemimpinan Pada Anggota Dewan Kerja Cabang Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 10(1), 369-376.
Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Pramuka, K. N. G. (2005). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Jakarta: Kwarnas.
Putro, R. W. S. (2017). Kiasan Dasar Gerakan Pramuka sebagai Penguat Jati Diri Bangsa Indonesia. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 7(16), 1068–1080.
Saputra, M., & Okilanda, A. (2022). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Pariaman. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(3), 446–457. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i3.10552
Sari, D. N. (2020). Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Sporta Saintika, 5(2), 133–138. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.149
Sepriani, R. (2023). Web-based anti-doping education: A needs analysis for achievement sport athletes. Journal Sport Area, 8(1), 34-42.
Wahyuri, A. S. Sari, M. M., Rasyid, W. R. W., & Igoreski, A. (2024). Hubungan tingkat kebugaran jasmani dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas VII dan VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Payakumbuh. Jurnal JPDO.