Hubungan Disiplin Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Pada Siswa SMP Negeri 32 Kecamatan Koto Tangah Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan disiplin terhadap hasil belajar senam lantai pada siswa SMP Negeri 32 Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 181 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang siswa kelas VII B.. Instrumen dan teknik pengumpulan data adalah : 1) Data disiplin diambil dengan angket, 2) Data hasil belajar senam lantai dari nilai MID Praktek senam lantai semester siswa tahun ajaran 2024-2025. Data dianalisis dengan korelasi product moment dengan taraf signifikan α = 0.05 Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut : Terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin terhadap hasil belajar senam lantai siswa SMP Negeri 32 Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, yang dibuktikan oleh nilai rhitung = 0,591 > rtabel = 0,355 dan thitung 3,926 > ttabel 1,699
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Darni, D., & Welis, W. (2018). Peningkatan Keterampilan Masase Cedera Olahraga Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Padang Utara. Jurnal Stamina, 1(1), 415-424.
Derajad J.(2012). Statistika dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI Bandung
Deswandi, F. U., & Ihsan, N. (2018). Persepsi Siswa terhadap Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SDN 16 Pisang Kecamatan Pauh Kota PadanG. Jurnal MensSana, 3(1), 48-66.
Dimyati, Mujiono. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
Dini, Rosdiani, F. d. 2017. The Outcomes Of Round Off Artistic Gymnastics Learning Skill. Journal of Indonesian Physical Education and Sport, 3(2), 44-56.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
H. Nur, N. Nirwandi, and A. Asmi, “Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar”, jm, vol. 3, no. 2, pp. 93-101, Dec. 2018
Handayani, S, G. 2017. Tinjauan Keterampilan Front Handspring Atlet Senam Lantai PT. Semen Padang. Sporta Saintika, 2 (2), 310-316
Handayani, S,G. 2019. Peranan Psikologi Olahraga Dalam Pemcapaian Prestasi Atlet Senam Artistik Kabupaten Sijunjung . Gelanggang Olahraga : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2 (2), 1-12
Hurlock, Elizabeth B. 2013. Perkembangan Anak (Jilid 2). Edisi ke 6. Diterjemahkan oleh: dr.Med Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga
Ikhsan, N. 2017. Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal MensSana, 2(1), 55-64.
Khalsa, Siri Nam S. 2008. Pengajaran Disiplin dan Harga Diri: Strategi, Anekdot, dan Pelajaran Efektif untuk Pengelolaan Yang Kelas. Jakarta: Indeks
Mulyasa. 2004. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan pembelajaran KBK
Pitriamaryani, T., & Syahrastani, S. (2019). Perbandingan Kapasitas Vital Paru-Paru Siswa Perokok Dan Tidak Perokok di SMP Negeri 23 Padang. Jurnal JPDO, 2(9), 10-14.
Purwanto. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rusda Karya
Suwirman, S. (2019). Peningkatan kualitas pelatih pencak silat di kabupaten dharmasraya. Jurnal berkarya pengabdian masyarakat, 1(1), 1-12.
Syafruddin, Darni, and Ihsan, “Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sdn 16 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang”, jm, vol. 3, no. 1, pp. 48-66, Jun. 2018
Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Gramedia
Ulango, A. P., Bakhtiar, S., Jonni, J., & Wulandari, I. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Peserta Didik Ekstrakurikuler Olahraga SMP Negeri 30 Padang. Jurnal JPDO, 6(9), 172-180
Undang-Undang Negara Republik Indonesia No. 1 Tahun 2003