Analisis Keterampilan Guling Depan dan Guling Belakang Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat keterampilan guling depan dan guling belakang peserta didik kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping yang berjumlah 325 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel dalam penelitian ini ditetapkan semua peserta didik kelas VIII yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 33 orang peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah data deskriptif dengan presentase. Analisis keterampilan guling depan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping berada pada kategori “baik sekali” 9% (3 peserta didik), kategori “baik” 18% (6 peserta didik), kategori “cukup” sebesar 45% (15 peserta didik), kategori “kurang baik” 18% (6 peserta didik), dan kategori “sangat kurang baik” 9% (3 peserta didik). Nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 77, maka dapat disimpulkan keterampilan guling depan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping dalam kategori “cukup”.Analisis keterampilan guling belakang peserta didik kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping berada pada kategori “baik sekali” 6% (2 peserta didik), kategori “baik” 15% (5 peserta didik),kategori “cukup” sebesar 42% (14 peserta didik), kategori “kurang baik” 21% (7 peserta didik), dan kategori “sangat kurang baik” 15% (5 peserta didik). Nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 53, maka keterampilan guling depan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping dalam kategori “cukup”.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Handayani, 2022. Peningkatan Program. Padang: FIK
Hidayat, R., Yulifri, Zulbahri, & Handayan, S. G. (2023). Analisis Tingkat Keterampilan Senam Lantai Siswa Di Smp Negeri 4 Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 6(5), 33–39.
Junaidi. (2017). Pengaruh Pendekatan Bermain pada Pembelajaran Guling Depan Senam Lantai Siswa Kelas VIII SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh. Journal Penjaskesrek, 4(2), 209–217
Mabrur, Anang, S., & Mochamad, Zakky, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. 2(April).
Pitnawati, 2019. Evaluasi Pelaksanaan Program Latihan Senam. Padang: FIK
Saputra, R., Herman, & Sahabuddin. (2021). Pengaruh Kelentukan Dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Roll Depan Pada Atlet Persani Sulsel 2019. Journal of Sport Education, Coaching, and Health, 2(2), 56–65. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/jc/article/download/1237/622
Taqwa, M. Q. D. (2020). Kepercayaan Diri Peserta Didik Dalam Pembelajaran Guling Belakang Di Sd Negeri Karangjati Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman.
Zulbahri, 2020. Pengembangan Media Belajar PJOK Pada Materi Senam Lantai (Artistik). Padang: FIK
Zulbahri, Astuti, Y., Erianti, Pitnawati, & Damrah. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR PJOK PADA MATERI SENAM LANTAI (ARTISTIK). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(4), 86–91.