Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 04 Lima Puluh Kota

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

M. Hafis Dzakwan
Arie Asnaldi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini diduga dari rendahnya tingkat kebugaran jasmani siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri o4 Lima Puluh Kota. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kebugaran jasmani siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 04 Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 04 Lima puluh Kota yang berjumlah 346 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purpotional Sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes Kebugaran Siswa Indonesia fase D. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif persentatif.  Dari analisis data. Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata secara keseluruhan tingkat tingkat kebugaran jasmani siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 04 Lima puluh Kota sebesar 12,97 (klasifikasi nilai 10-13 pada kategori kurang). Selanjutnya, secara lebih rinci tingkat kebugaran jasmani siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 04 Lima puluh Kota berdasarkan kelompok siswa laki-laki dan siswa perempuan, diperoleh  rata-rata tingkat kebugaran jasmani siswa laki-laki sebesar 14,8 (klasifikasi  rentang nilai 14-17 atau pada kategori sedang), sedangkan rata-rata tingkat kebugaran jasmani siswa perempuan sebesar 11,13 (klasifikasi rentang nilai 10-13 atau pada kategori kurang).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dzakwan, M. H., & Asnaldi, A. (2025). Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 04 Lima Puluh Kota. Jurnal JPDO, 8(7), 2340-2348. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.6.2025.154

References

Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1).

Afrengty, R., Eldawaty, E., & Putra, A. N. (2020). Hubungan Aktivitas Bermain Dengan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri 11 Padang Barat. Sport Science, 20(1), 1-9.

Apri Agus. 2012. Olahraga Kebugaran Jasmani sebagai Suatu Pengantar. Padang: CV. Sukabina Press

Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal Menssana, 4(1), 17-29.

Barlian Eri (2016) Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.

Darni, D., & Welis, W. (2018). Peningkatan Keterampilan Masase Cedera Olahraga Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Padang Utara. Jurnal Stamina, 1(1), 415-424.

Deswandi, F. U., & Ihsan, N. (2018). Persepsi Siswa terhadap Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SDN 16 Pisang Kecamatan Pauh Kota PadanG. Jurnal MensSana, 3(1), 48-66.

Gumara, O. H., & Wahyuri, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Mata Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Materi Pokok Pola Hidup Sehat untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6185-6192.

H. Nur, N. Nirwandi, and A. Asmi, “Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar”, jm, vol. 3, no. 2, pp. 93-101, Dec. 2018

Ihsan, N. 2017. Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal MensSana, 2(1), 55-64.

Ikram, F., & Firdaus, K. (2020). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama 16 Padang. Jurnal JPDO, 3(6), 1-6.

Rosdiani, R., Khairil, K., & Nurmaliah, C. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Berbasis Praktikum Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia Di Sma Negeri 1 Sigli. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 66-71.

Sari, D. N., & Antoni, D. (2020). Analisis Kemampuan Forehand Drive Atlet Tenismeja. Edu Sportivo, 1 (1), 60–65

Sepriadi, S., Hardiansyah, S., & Syampurma, H. (2017). Perbedaan tingkat kesegaran jasmani berdasarkan status gizi. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 24-34.

Syafruddin, Darni, and Ihsan, “Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sdn 16 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang”, jm, vol. 3, no. 1, pp. 48-66, Jun. 2018.