PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK MANIPULATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ANGKASA LANUD PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurhusnul Khatimah
Hendri Neldi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh penggunaan multimedia pada mata pelajaran gerak manipulatif di kelas IV Sekolah Dasar Angkasa Lanud.


  Jenis penelitian yang diguganakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi-experimental), bertujuan untuk mengetahui pengaruh suatu perlakuan terhadap subjek penelitian. Penelitian eksperimen dapat dilakukan untuk mengetahui hubungan sebab-akibat dari dilakukannya perlakuan. Pada penelitian ini menggunakan desain jenis One-Group Pretest-Posttest Design. penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar sebelum diberikan perlakukan dan sesudah diberikan perlakuan (treatment). Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan multimedia berbasis vidio pembelajaran. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes dan dokumentasi. Data yang sudah didapat akan dianalisis melalui teknik analisis data kuantitatif.


  Setelah dilakukan penelitian mendapatkan hasil yaitu pada Pre-test kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 65,77. Setelah diberikan perlakuan atau treatmen pada kelas eksperimen yang menggunakan multimedia berbasis vidio pembelajaran terdapat perbedaan hasil rata-rata antara Pre-test dan Post-test. Kelas eksperimen yang menggunakan multimedia memiliki rata-rata Post-test 81,54. Berdasarkan perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen yang diperoleh terlihat bahwa dari kondisi pertama hingga terakhir mengalami peningkatan hasil belajar. Dengan demikian, melalui hasil analisi data tersebut rumusan masalah penelitian ini terjawab, yaitu pengaruh media belajar berbasis multimedia terhadap hasil belajar gerak manipulatif di kelas IV Sekolah Dasar Angkasa Lanud Padang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Khatimah, N., & Neldi, H. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK MANIPULATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ANGKASA LANUD PADANG. Jurnal JPDO, 7(12), 27188-27196. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.12.2024.1053

References

Ayu Desy N. Endah Lulup T P. dan Suharsono Naswan. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 4(1), 4.

ASNALDI, Arie. Meningkatkan keterampilan passing atas bola voli melalui media pembelajaran menggunakan alat bantu. Journal of Physical and Outdoor Education, 2020, 2.1: 23-35.

Malinda, F. D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Konvensional Dan Multimedia Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jembrana Tahun Pelajaran
2019/2020.

Dewi, Y. A. P. (2019). Hubungan Gaya Komunikasi Guru Terhadap Tingkat Keefektifan Proses Pembelajaran. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2),
71–78. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index. php/Purwadita

Jabril, Pitnawati, Neldi, H., & Sari, D. N. (2023).
Penggunaan Media Pembelajaran
Pendidikan Jasmani Olahraga ( PJOK ) di Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) se- Kecamatan Koto Tangah. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 6(5), 99–106

Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Pengaruh Media Belajar Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Min Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Rianto, B., Ridha, M. R., & Alsa, I. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Mata Pelajaran Pjok Di Sma N 1
Tembilahan. Jurnal Tekno Kompak, 16(1),
175. https://doi.org/10.33365/jtk.v16i1.1373

Haris, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Meteri Sepakbola Berbasis Multimedia Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal JPDO, 5(4), 8–
13. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/a rticle/view/745%0Ahttp://jpdo.ppj.unp.ac.i d/index.php/jpdo/article/download/745/28
8

Kurniawan, R., & Wahyuri, A. S. (2022).
Pengembangan Media Pembelajaran PJOK
Pada Materi Sepakbola Untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Berbasis Multimedia. Jurnal JPDO, 5(4), 1–7. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/a rticle/view/744%0Ahttp://jpdo.ppj.unp.ac.i d/index.php/jpdo/article/download/744/28
Lovita, L., Asnaldi, A., & Sepriadi, Sepriadi, R.


(2023). Hubungan Kebugaran Jasmani
Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani
Olahraga Kesehatan Siswa Putra. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(4), 34–4 Novitasari, Desi. Meningkatkan Hasil Belajar Tari Siswa dengan Menggunakan Media Audiovisual di Kelas VII A di SMPN 33 Muaro Jambi. Diss. Universitas Negeri Padang, 2022.

Novitasari, Desi, Sawitri Komarayanti, and Gatot Sugeng Purwono. "Pengaruh media pembelajaran berbasis edmodo terhadap motivasi siswa the effect of edmodo-based media learning about student motivation." (2017).

Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika),
7(2), 441–452.
https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2823 fikri, hasnul, & Madona, ade sri. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia interaktif. In Penerbit Samudera biru (Vol. 13, Issue 1).

Hanifa, I., & Astuti, F. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Seni Tari Menggunakan Multimedia Interaktif Dengan Media Konvensional Pada Siswa Di SMP N 1
Talamau Differences in Dance Learning Outcomes Using Interactive Multimedia With Conventional Media in Students in SMP N 1 Talamau. Jurnal Sendrratasik Issn : 2302-3201, 11, 391–401. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/sendra tasik/user

Pamungkas, Sultan Adi, et al. "Pengembangan
Media Pembelajaran Pjok Berbasis

Multimedia di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 2 Padang." Jurnal JPDO 5.7 (2022):
144-150.

Harahap, M. H. N. (2020). Perana Model Pembelajaran Pjok Sekolah Dasar Pjok. Seminar & Conference Nasional …, 229–
232.

Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). PENGARUH Media Belajar Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Min Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan.

Mikael, A., Ketaren, A., & Kanca, I. N. (2021).
Efektivitas Proses Pembelajaran Luring
Peserta Didik Luar Asrama Terhadap Hasil Belajar Pjok. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 29–40.

Putra, S., & wahyuri, asep. (2024).
Pengembangan Media Pembelajaran
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Negeri 01 Muko-Muko Kelas VIII. Ariyani Raharjo, A. S., Rufi’i, R.,
& Hartono, H. (2022). Penerapan Media
Pembelajaran Multimedia Interaktif

Sipayung, S., & April, Y. (2024). Sipayung, April Yesaya. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Gadjet Dan Media Audio Visual Serta Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK Peserta di dik Kelas 8
Di SMPN 4 Kandis. Diss. Pasca Sarjana,
2024.