STATUS GIZI DAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

genta genta
Hilmainur Syampurma

Abstract

 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memaparkan dan menggambarkan segala hal, misalnya keadaan, kegiatan dan situasi. Metode menggambarkan data yang ada di lapangan untuk mengetahui Status Gizi dan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IX SMP N 4 Padang . Jenis penelitian ini deskriptif, Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas IX SMP N 4 Padang berjumlah 180 siswa. sampel dalam penelitian ini 36 Siswa, terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan. Jenis data terbagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Data primer data yang diperoleh secara Iangsung oleh penulis melalui tes dan pengukuran variabel yang terdapat dalam penelaitian yaitu: tes anthropometri dan tes kebugaran siswa indonesia (TKSI) yang meliputi: 1) Koordinasi mata-tangan, 2) Sit Up, 3) Standing Board Jump, 4) T test, 5) Beep Test. sedangkan data sekunder merupakan data yang berupa nama-nama siswa dan identitas lain yang berasal dan sekolah. Hasil analisis data dan pembahasan Status Gizi dan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IX SMP N 4 Padang yang telah dipaparkan terdahulu maka dapat disimpulkan. status gizi dan tingkat kebugaran jasmani memiliki status gizi dengan kategori “kurang” yang diperoleh dari 20 siswa atau (55,56%) dan yang memiliki kebugaran jasmani atau berada pada klasifikasi “Sedang” 14 siswa (38,89%).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
genta, genta, & Syampurma, H. (2025). STATUS GIZI DAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 PADANG. Jurnal JPDO, 8(3), 535-544. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.1.2025.64

References

Agus, A, & Sepriadi. 2013. Manajemen kebugaran. Padang: SUKABINA Press.
Asnaldi, A. (2016). Hubungan Pendekatan Latihan Massed Practice Dan Distributed Practice Terhadap Ketepatan Pukulan Lob Pemain Bulutangkis. Jurnal MensSana, 1(2), 20.
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 17.
Darni, D., & Welis, W. (2018). Peningkatan Keterampilan Masase Cedera Olahraga Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Padang Utara. Jurnal Stamina, 1(1), 415-424.
Guspa, F., Edwarsyah, E., & Syampurma, H. (2019). Tinjauan Status Gizi Siswa-Siswi Kelas VII MTsN 2 Pessel Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal JPDO, 2(1), 63-67.
H. Nur, N. Nirwandi, and A. Asmi, “Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar”, jm, vol. 3, no. 2, pp. 93-101, Dec. 2018
Hermawan, I. 2019. “Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method)”. Hidayatul Quran
Ikhsan, N. 2017. Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal MensSana, 2(1), 55-64
Komaini, A. (2017). Profil Tingkat Kesegaran Jasmani Karyawan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Sporta Saintika, 199-207.
Miftahul, L.R & Junaidi, B.P. 2016. Hubungan Antara Status Gizi Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Di SMA Negeri Plandaan Jombang. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 04 Nomor 02 Tahun 2016, 467 – 471.
Nahda, S. A., & Deswandi, D. (2022). Tinjauan Tingkat Jasmani Pada Anggota Senam Porpi di Gor Haji Agus Salim Padang. Jurnal JPDO, 5(2), 68-73.
Pitnawati, P., & Damrah, D. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Latihan Senam di Klub Senam Semen Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 9-16.
Pratiwi, R.A. 2019. Pengaruh Latihan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Putri Kelas V SD Negeri 7 Merak Batin Lampung Selatan. Jurnal FKIP UNILA 19.
Raffly Henjilito. 2019. Hubungan Status Gizi dengan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa di SMAN 1 Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PENJAKORA Volume 6 Nomor 1 Tahun 2019.
Rifki, M. S. (2019). Tinjauan Tentang Tingkat Jasmani Mahasiswa di Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Padang. JURNAL STAMINA, 2(6), 127-132.
Sepriadi, S., Hardiansyah, S., & Syampurma, H. (2017). Perbedaan tingkat kesegaran jasmani berdasarkan status gizi. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 24-34.
Sepriani, R., & Eldawaty, E. (2018). Kebugaran Jasmani Ibu-ibu di Jorong Kp. Alai Nagari Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Jurnal MensSana, 3(2), 47-52.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2003. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suharjana. 2013. Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Jogja Global Media.
Syafruddin, Darni., and N. Ihsan, “Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SDN 16 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang”, jm, vol. 3, no. 1, pp. 48-66, Jun. 2018
Syampurma, Hilmainur. 2018. Studi tentang Tingkat Pengetahuan Ilmu Gizi Siswa-Siswa SMP Negeri 32 Padang. Jurnal Menssana, Volume 3, Nomor 1, Mei, 2018.
Utama, B. N., Neldi, H., Yaslindo, & Eldawaty. 2022. Hubungan Kebugaran Jasmani dan Dukungan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa SDN 07 Sintuk. Jurnal JPDO, Volume 5 Nomor 11.
Yusuf, A.M. 2014. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.