PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN KEGIATAN GUGUS DEPAN 01.019-01.020 SMPN 3 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

RAFIF HELDI AQSHALIM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana Kegiatan pramuka SMPN 3 BatangAnai Kabupaten Padang Pariaman. Dengan demikian, penelitian ini tergolong pada jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Gugus Depan SMPN3 BatangAnai pada 5 Mei-7 Juni 2024. Penelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif yang berdasarkan angket kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di Gugus Depan 01.019-01.020 di SMPN 03 BatangAnai pada tahun pelajaran 2023/2024. sampel penelitian ini adalah peserta didik Gugus Depan 01.019-01.020 SMP.N 3 BatangAnai yang berjumlah 68 Orang. Instrumen atau alat pengumpul data penelitian ini adalah angket yang berisi daftar pertanyaan (questionnaire) jenis tertutup. Hasil penelitian kepramukaan yang dilaksanakan di Gugus Depan 01.019 – 01.020 SMPN 3 BatangAnai, maka dapat diperoleh hasilnya Perencanaan kegiatan kepramukaan di gugus depan 01.019 – 01.020 SMPN 3 BatangAnai dengan 5 indikator (rencana kerja satuan, persiapan peserta didik, persiapan pembina, persiapan gugus depan dan persiapan sarana prasarana) memperoleh hasil dengan kategori cukup baik dengan persentase 45% pada rentangan skala 41-60%. Sedangkan, pelaksanaan kegiatan kepramukaan gugus depan 01.019 – 01.020 SMPN 3 BatangAnai. 8 indikator (kegiatan pelantikan, penerimaan anggota baru, kegiatan lomba, latihan gabungan, kegiatan kemah, musyawarah satuan, kegiatan mingguan dan kegiatan satuan)  memperoleh hasil dengan kategori cukup baik dengan persentase 42%  pada skala 41-60%


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
AQSHALIM, R. (2024). PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN KEGIATAN GUGUS DEPAN 01.019-01.020 SMPN 3 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Jurnal JPDO, 7(10), 2361-2371. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.10.2024.99

References

Ananı, dikk. (2015). Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka, Jurnal Manager Pendidikan, Vol. 9 No. 1 Maret 2015. Halaman 65-74.

Dahliyana (2017) Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Estrakurikuler di Sekolah, Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15 (1)

Damrah. (2017). Buku Ajar Kepramukaan FIK UNP. Padang: UNP Press.

Depdikbud. (2014): Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewi, N.K. & Saragih, S. (2014). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan terhadap Perilaku Prososial Remaja di SMP Santa Ursula, Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3 (03).

Djamarah, S.B. (2008). Psikologi Belajar, Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanif, dkk. (2014). Peranan Pembina Pramuka dalam Mengembangkan Karakter Kepemimpinan Siswa di SMP Negeri 3 Depok Sleman, Jurnal Citizenship. Vol. 3

Hurloc B, Elisabet. (1978). Perkembangan Anak, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Salim, Man. (2016). Pedoman Lengkap PRAMUKA Panduan Super Komplit SiagaPenggalang-Penegak-Pandega. Semarang: Syalmahat Publishing.

Sam Rizky. (2022). Buku Tunas, Mengenal Pramuka Indonesia, (Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.