PERANAN MODIFIKASI PERMAINAN KECIL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI MTsN 1 KOTA PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Alhayu Muhammad Ridho
WILLADI RASYID
PITNAWATI PITNAWATI
DESI NOVITA SARI
DESI NOVITA SARI

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah diduga masih rendahnya peranan modifikasi permainan kecil dalam proses belajar mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di MTsN 1 Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan modifikasi permainan kecil dalam proses belajar mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di MTsN 1 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2024 di MTsN 1 Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 1 Kota Padang yang berjumlah 936 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik Purposive sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 94 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deksriptif persentatif.Hasil penelitian ini adalah: Peranan Modifikasi Permainan Kecil Dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di MTsN 1 Kota Padang memiliki capaian responden sebesar 94%, berada pada kategori sangat baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ridho, A., RASYID, W., PITNAWATI, P., SARI, D., & SARI, D. (2025). PERANAN MODIFIKASI PERMAINAN KECIL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI MTsN 1 KOTA PADANG. Jurnal JPDO, 8(2), 155-164. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.1.2025.25

References

Afrengty, R., Eldawaty, E., & Putra, A. N. (2020). Hubungan Aktivitas Bermain Dengan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri 11 Padang Barat. Sport Science, 20(1), 1-9

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal Menssana, 4(1), 17-29.

Blegur, J., & Wasak, M. R. P. (2019). Permainan Kecil: Teori Dan Aplikasi.

Darni, D., & Welis, W. (2018). Peningkatan Keterampilan Masase Cedera Olahraga Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Padang Utara. Jurnal Stamina, 1(1), 415-424.

Derajad J.(2012). Statistika dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI Bandung

Deswandi, F. U., & Ihsan, N. (2018). Persepsi Siswa terhadap Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SDN 16 Pisang Kecamatan Pauh Kota PadanG. Jurnal MensSana, 3(1), 48-66.

Friskawati, G. F. (2015). Implementasi Pembelajaran Penjas Berbasis Masalah Gerak Pada Siswa Tunarungu. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika),3(1).
Gusril. (2008). Efektivitas Ancangan Modifikasi Olahraga Ke dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan. 3(1) 42-50.
H. Nur, N. Nirwandi, and A. Asmi, “Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar”, jm, vol. 3, no. 2, pp. 93-101, Dec. 2018

Ikhsan, N. 2017. Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal MensSana, 2(1), 55-64.

Irawan, R. J. (2022). Studi Literatur: Efektivitas Modifikasi Dalam Permainan Tradisional Pada Eksistensi Permainan Anak Era Generasi Z. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10 (01),129– 136.

Junianto, T., Tuasikal, A. R. S., & Siantoro, G. (2023). Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Journal of S.P.O.R.T, 7(1), 40–45.

Febrio,D.,Sepriadi,S.,Zulman,Z.,&Lawanis,H.(2023).HubunganDayaLedakOtotTungkaiDanKelentukanTerhadapKemampuanSmashAtletBolaVoliPutraPadangVolleyballClub.JurnalJPDO,6(5), 160-167

H.Nur,M.M,andzalfendiFIK-UNP,“TinjauanTingkatKesegaranJasmaniPadaSiswaPuteraYangMengikutiEkstrakurikulerGulatDiSmpNegeri30 Padang”,jm,vol.3,no.1,pp.67-76,Jun.2018

Marta,I.A.,&Neldi,H.(2023).HandEyeCoordinationandExplosivePowerofLimbMusclesforUnderRingAbilityin playingBasketball.HalamanOlahraga Nusantara:JurnalIlmuKeolahragaan,6(1),1-14.

Ningsih, W. (2023). Peranan Modifikasi Olah Raga Dalam Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal JPDO, 6(1), 68-74..

Prayogi, F. (2022). Pengembangan Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SDN Tegalrejo. Journal Unsika, 2(04), 114–120.

Rosmawati, F. U. (2016). Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai Dengan Kemampuan Shooting Pemain Club Futsal Sekolah Menengah Kejuruan Nusatama Padang. Jurnal Menssana, 1(2), 11-19.

Sari, D. N., & Antoni, D. (2020). Analisis Kemampuan Forehand Drive Atlet Tenismeja. Edu Sportivo, 1 (1), 60–65.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Supriyana, R., Yuda, A. K., & Dimyati, A. (2022). Pengaruh Permainan Kecil Dalam Pemanasan Pembelajaran penjas Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Tunagrahita. Jurnal Porkes (Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan & Rekreasi), 5(2), 659–671.
Suwirman, S. (2019). Peningkatan kualitas pelatih pencak silat di kabupaten dharmasraya. Jurnal berkarya pengabdian masyarakat, 1(1), 1-12.

Wulandari, M. A., Hidayat, A. S., & Nugroho, S. (2022). Pengaruh Permainan Kecil dalam Pemanasan Terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Porkes (Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan & Rekreasi), 5(2), 672–683.