PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SMPN 8 SIJUJUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wella Sri Mulyani
Deswandi Deswandi

Abstract

Metode problem based learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Maka tujuan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui penerapan metode problem based learning dalam pembelajaran pjok di smpn 8 Sijunjung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Deskriptif. Menggunakan metode angket dan wawancara. Sampel yang digunakan adalah kepala sekolah,guru pjok dan siswa kelas VIII.3 di Smpn 8 Sijunjung yang berjumlah 21 orang. Analisis data yang digunakan teknik Deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini terlihat bahwa  hasil distribusi data dari kegiatan metode problem based learning yang mendapat jawaban tinggi 18 (86%), jawaban sedang 3 (14,3%), jawaban rendah 0 (0%). Hal ini dapat dilihat kegiatan dalam pembelajaran Penjasorkes dengan tingkat pencapaian  86% ini dapat diklasifikasikan tinggi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mulyani, W., & Deswandi, D. (2024). PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SMPN 8 SIJUJUNG. Jurnal JPDO, 7(12), 2677-2684. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.12.2024.1031

References

Afizi, R., Deswandi, D., Damrah, D., & Eldawaty, E. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Viii Madrasah Tsnawiyah Negeri 4 Kota Padang. Jurnal JPDO, 6(4), 155–160.

Asnaldi, A. (2015). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Sport Science: Jurnal Ilmu Keolahragaan Dan Pendidikan Jasmani, 23(28), 1–15.

Asnaldi, A., & Syampurma, H. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Sport Science: Jurnal Sain Olahraga Dan Pendidikan Jasmani, 20(2), 97–106.

Azzaria, A. A., Oktafiya, A. D., Munir, M., & Adi, S. (2023). Pengukuran Latihan Push Up Dan Daya Ledak Otot Lengan Terhadap Hasil Smash Atlet Bola Volly. Citius: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 3(1), 129–135.

Damrah, D., Pitnawati, P., & Erianti, E. (2019). Pelatihan Tenis Terhadap Guru Pendidikan Jasmani sekolah Dasar Negeri di Kota Padang. Widya Laksana, 8(2), 202–207.

Deswandi, D., Syafruddin, S., & Khairuddin, K. (2018). Studi kemampuan motorik siswa sekolah dasar negeri 28 air tawar timur kecamatan padang utara kota padang. Jurnal MensSana, 3(2), 81–92.
Deswandi, F.-U., & Ihsan, N. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sdn 16 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang. Jurnal MensSana, 3(1), 48–66.

Finsania, S., Yulifri, Y., Pitnawati, P., & Zulbahri, Z. (2023). Tinjauan Pelaksanaan Pembelajaran Senam Lantai di SMP Negeri 1 Batang Anai. Jurnal JPDO, 6(8), 44–50.

Hijriyanto, A., Emral, E., Rasyid, W., & Darni, D. (2022). Tinjauan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal JPDO, 5(2), 99–102.

Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5–11.

Mustafa, P. S., & Gusdiyanto, H. (2023). Perbandingan Kurikulum Pendidikan Jasmani Antara Indonesia dengan Finlandia: Kajian Review. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 117–128.

Nirmala, R., & Suryobroto, A. S. (2020). TINGKAT PEMAHAMAN GURU PJOK DI SMK NEGERI KABUPATEN SLEMAN TENTANG RPP BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 9(2).

Pamungkas, D. E., & Sukarman, S. (2020). Transformasi Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 211–219.

Pratama, G. W., Ashadi, A., & Indriyanti, N. Y. (2017). Efektivitas penggunaan modul pembelajaran kimia berbasis problem-based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada materi koloid Sma Kelas XI kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 21, 150–156.

Rahma, V. A., Yaslindo, Y., Neldi, H., & Amra, F. (2024). Tingkat Keterampilan Dasar Pemain Bolabasket dalam Kegiatan Pengembangan Diri di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal JPDO, 7(3), 100–107.

Sari, D. N. (2020). Tinjauan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 133–138.

Sari, W. N., Handayani, S. G., Sepriadi, S., & Pitnawati, P. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Materi Rolling Depan dan Rolling Belakang Senam Lantai di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Karakter Anak Shalih Kota Padang. Jurnal JPDO, 6(3), 96–102.

Sarmila, S. (2023). ANALISIS MINAT BERMAIN DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BLOCK BRICK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B2 TK HAFIDZAN LESTARI KOTA JAMBI. UNIVERISTAS JAMBI.
Siregar, L. H. (2019). Penerapan metode pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa di institut pendidikan Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Jurnal Education and Development, 7(1), 91.

Suwirman, S., Yaslindo, Y., Edwarsyah, E., & Sasmitha, W. (2020). Bimbingan Teknis Pada Guru PJOK Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pencak Silat Di Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–67.