ANALISIS PEMBELAJARAN SENAM LANTAI ROLL DEPAN DALAM MATA PELAJARAN PJOK DI SMAN 1 LUBUK BASUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Chelvin Ramdanet
Zulbahri Zulbahri

Abstract

Sebagian besar peserta didik kelas XI menganggap aktivitas senam lantai merupakan olahraga yang sulit kemudian disamping itu ditemukan beberapa sarana dan prasarana yang belum lengkap seperti matras.Peserta didik
menyebutkan bahwa peserta didik merasa kesulitan dalam melakukan senam lantai roll depan. Peneliti meyakini bahwa penyebab kesulitan peserta didik dalam
melakukan gerakan pada senam lantai karena peserta didik melakukan gerakan yang tidak sesuai dengan teknik dasar. Pada saat melakukan gerakan senam lantai
guling depan, dagu tidak ditempelkan pada dada, mengguling dengan menggunakan kepala yang tegak, dan posisi tangan yang salah saat mempraktekkan gerakan guling depan, terutama saat menumpu badan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif . Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis survei dengan menggunakan angket sebagai
instrumennya. SMA 1 Lubuk Basung. Waktu pelaksanaan penelitian adalah pada januari-Juni tahun pelajaran 2023/2024 yaitu pada bulan Mei-Juni 2024. Teknik
penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Purposive Sampling”. Setelah Kuesioner (angket) disebarkan dan dikumpulkan, selanjutnya data analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian yang diperoleh, kegiatan pendahuluan pada pembelajaran senam lantai roll depan dalam mata pelajaran PJOK di SMAN 1 Lubuk basung
berada dikategori "sedang” dengan persentase 36%. Kegaiatan inti pada pembelajaran senam lantai roll depan dalam mata pelajaran PJOK di SMAN 1 Lubuk basung berada dikategori "sedang” dengan presentase 50%. Kegiatan penutup pada pembelajaran senam lantai roll depan dalam mata pelajaran PJOK di SMAN 1 Lubuk basung berada dikategori „sedang” dengan presentase 45%.
Dengan begitu untuk analisis pembelajaran senam lantai roll depan dalam mata pelajaran PJOK di SMAN 1 Lubuk basung pada kegiatan penutup belum maksimal dan perlu ditingkatkan lagi, baik dalam perencanaan dan pelaksanaan evaluasi, serta penilaian akhir pembelajaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ramdanet, C., & Zulbahri, Z. (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN SENAM LANTAI ROLL DEPAN DALAM MATA PELAJARAN PJOK DI SMAN 1 LUBUK BASUNG. Jurnal JPDO, 7(12), 2774-2783. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.12.2024.1041

References

Deswandi, F. U., & Ihsan, N. (2018). Persepsi Siswa terhadap Keterampila Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SDN 16 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang. Jurnal Menssana, 3(1), 48-66.
Dimyati dan Mudjiono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gunantara, A. Y., & Mawarti, S.(2018). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Meroda Pada Siswa Kelas V SD Negeri 6 Minormatani The Problem Identification Of The Carthwheel Learning in 5 Grades of SD Negeri 6 Minomartani. PGSD Penjaskes, 7(7).
Handayani, (2022). Peningkatan Program. Padang, FIK
Handayani. S. G. 2017. Tinjauan Keterampilan Front Handspring Atlet Senam Lantai PT Semen Padang. Sporta Saintika. 2(20), 310-316.
Mendikbud (2016). Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Penilaian Pendidikan. Jakarta : Kemendikbud.
Milcic, L., Markovic, K. Z., & Aleksic-Veljkovic, A. (2017). One Way Proceeding Of Learning Basic Gymnastic Elements.
Mkaouer, B., Hammoudi-Nassib, S., Amara, S., & Chaabène, H. (2018). Evaluating the physical and basic gymnastics skills assessment for talent identification in men’s artistic gymnastics proposed by the International Gymnastics Federation.
Munkácsi, I., Kalmár, Z., Hamar, P., Katona, Z., & Dancs, H. (2012). Role of motivation in artistic gymnastics by results of a questionnaire based international survey. Journal of Human Sport and Exercise
Pitnawati, (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Latihan Senam. Padang: FIK
Pitnawati. (2022). Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Kelentukan Tubuh dengan Kemampuan Rolling Depan Pada Pembelajaran Senam Lantai Kelas VII di SMP Negeri 22 Padang Jurnal JPDO, 5(8), 129-134.
Pratama, M., Handayani, S., Pitnawati, P., & Zulbahri, Z., (2023). Perbedaan Latihan Individu dan Latihan Berpasangan terhadap Kemampuan Rooling Belakang. Jurnal JPDO, 6(4), 66-73.
Pratama, P., Yulifri, Y., Jonni, J., Syampurna, H., & Igoresky, A. (2022). Tinjauan Pembelajaran Senam Lantai Rooling Belakang dalam Mata Pelajaran PJOK di SMP 29 Padang. Jurnal JPDO, 5(8), 1-5.
Ruslan, R., & Huda, M. S. (2019). Penerapan Metode Bermain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan (Forward Roll). Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(1), 10.
Saputra, A.R., Handayani, S.G., Jonni, J., & Zulbahri, Z. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Kinemaster Pada Materi Rolling Belakang Bulat di SMP Negeri 1 Batang Anai. Jurnal JPDO, 6(3), 8-13.

Suyadi. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Roll Depan dengan Modifikasi Media Pembelajaran pada Murid Kelas IV SD Negeri 1 Krandegan. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.
Yulifri. 2022. Tinjauan Kemampuan Kondisi Fisik Pemain Sepakbola SMA Negeri 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal JPDO, 5(2), 74-79.
Zulbahri, (2020). Pengembangan Media Belajar PJOK Pada Materi Senam Lantai (Artistik). Padang: FIK.
Zulbahri, Z., & Astuti, Y.2020. Pengembangan Media Belajar PJOK Pada Materi Senam Lantai (Artistik), Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2), 86-91.