Studi Kemampuan Koordinasi Gerak Dasar Siswa Usia 9-12 Tahun di SD Negeri 13 Sitiung Dharmasraya

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rahmat Aditya
Sri Gusti Handayani
Pitnawati Pitnawati
Indri Wulandari

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui kemampuan koordinasi gerak dasar siswa usia 9-12 tahun di SD Negeri 13 Sitiung Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 13 Sitiung Dharmasraya yang berjumlah 50 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan Instrumen TGMD-2 selanjutnya diolah dengan menggunakan rumus persentase.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan lokomotor siswa usia 9-12 tahun di SD Negeri 13 Sitiung Dharmasraya dengan rata-rata “Sedang” sebesar 40%, kemampuan objek kontrol siswa usia 9-12 tahun di SD Negeri 13 Sitiung Dharmasraya dengan rata-rata “sedang” sebesar 42%, kemampuan gerak dasar siswa usia 9-12 tahun di SD Negeri 13 Sitiung Dharmasraya dengan rata-rata “Rendah” sebesar 34%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Aditya, R., Handayani, S., Pitnawati, P., & Wulandari, I. (2024). Studi Kemampuan Koordinasi Gerak Dasar Siswa Usia 9-12 Tahun di SD Negeri 13 Sitiung Dharmasraya. Jurnal JPDO, 7(12), 27170-27178. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.12.2024.1051

References

Alfarisi, M. F., Bakhtiar, S., Asnaldi, A., & Wulandari, I. (2023). Profil Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Dan Objek Kontrol Siswa Sekolah Dasar Negeri 03 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Jurnal JPDO, 6(2), 67-73.
Asnaldi, A. (2013). Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik Motorik.
Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman.
Bakhtiar, S. (2014). Strategi Pembelajaran, Lokasi Sekolah, Dan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 127-133.
Budiono, A., Simanjuntak, V., & Yunitaningrum, W. (2013). Survey Kemampuan Gerak Dasar Pada Siswa-siswi Kelas V Sekolah Dasar Negeri 7 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(6).
Damrah, D., Pitnawati, P., & Erianti, E. (2019). Pelatihan Tenis Terhadap Guru Pendidikan Jasmani sekolah Dasar Negeri di Kota Padang. Widya Laksana, 8(2), 202-207.
Dessi Novita Sari. (2020). Tinjauan Kebugaran Jasmani. Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani, 5(2), 133-138
Engel, A., Broderick, C., Ward, R., & Parmenter, B. (2018). Study protocol: the effect of a fundamental motor skills intervention in a preschool setting on fundamental motor skills and physical activity: a cluster randomised controlled trial. Clin Pediatr OA, 3(129), 2572-0775.
Handayani, S. G. (2024). Profil Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Siswa Sekolah Dasar 01 Lubuk Pinang Kecamatan Lubuk Pinang Kabupaten Muko-Muko Provinsi Bengkulu. Jurnal JPDO, 7(9), 1904-1917.
Husman, A., Bakhtiar, S., Asnaldi, A., & Sari, D. N. (2023). Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa/Siswi Kelas IXSekolah Menengah Pertama Negeri 24 Padang. Jurnal JPDO, 6(12), 108-117.
Maulana, R. F., Nuryadi, N., & Komariyah, L. (2023). Profil Gerak Non-Lokomotor Siswa Kelas Rendah Di sekolah Menengah Pertama Di Masa Pandemi Covid-19. JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2), 127-135.
Kusumawati, K. D. (2017). Pengaruh Permainan Lempar Shuttlecock terhadap Peningkatan Kemampuan Pukulan Lob Siswa Usia 10-12 Tahun di Sekolah Bulutangkis Jaya Raya Satria Yogyakarta Tahun 2016. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 6(3).
Li, L. (2009). Children gross motor development from ages 3 to 10 in Shandong. Journal of Shandong Institute of Physical Education and Sports, 25(4), 47-50.
Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan motorik pada pendidikan jasmani meningkatkan pembelajaran gerak seumur hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199-218.
Ningsih, A., & Munzir, M. (2020). Survei Penguasaan Gerak Dasar Motorik pada Siswa Kelas V di SD Negeri 3 Ketol. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).
Oktarifaldi,O., Syahputra, R., & Putri, L. P. (2019). The Effect Of Agility, Coordination and Balance On The Locomotor Ability Of Students Aged 7 To 10 Years.Jurnal Menssana,4(2), 190-200.
P. Pangrazi, R., & Beighle, A. (2019). Dynamic Physical Education for Elementary School Children. In R. P. Pangrazi & A. Beighle (Eds.), Bukel (1st ed.). Human Kinetics.
Putri, L. P., Septri, S., Zumroni, Z., Oktarifaldi, O., Syahputra, R., Marta, I. A., ... & Nata, A. D. (2020). Effect Of Nutritional Status On Object Ability Of Children's Object Controls Aged 5 To 6 Years. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(2), 25-32.
Syahputra, R., Bakhtiar, S., Marta, I. A., & Putri, L. P. 2021. The Profile of Students' Locomotor Skills Level in Elementary School. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2), 138-154.
Syahputra, R., Mardiansyah, A., Bakhtiar, S., & Jumain. (2022). Karakteristik Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa di Sekolah Dasar Kartika 1-12 Kota Padang. JPDO, Vol. 5 No. 6.
Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 8(1).
Zhang, X., Browning, M. H. E. M., Luo, Y., & Li, H.(2021). Can sports cartoon watching inchildhood promote adult physical activity andmental health? A pathway analysis in Chinese adults.