Hubungan Penerapan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berguling ke Depan Siswa SDN 02 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

fadil fernanda
srigusti handayani

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah hasil belajar yang dicapai oleh siswa di SDN 02 Koto Balingka ini masih tergolong rendah. Dari 350 orang siswa, hanya sebanyak 40.85% yang berhasil mencapai batas KKM tanpa mengikuti remedial. Sisanya sebanyak 59.14% siswa lainya harus mengikuti remdial terlebih dahulu untuk mencapai batas KKM yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penerapan media audio visual terhadap kemampuan berguling ke depan. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas I sampai VI SDN 02 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 350 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel dalam penelitian ini ditetapkan semua peserta didik kelas IV  yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 48 orang peserta didik. Instrumen dalam penelitian adalah penerapan media audio visual  menggunakan kuesioner atau angket penelitian dan tes kemampuan berguling ke depan. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis korelasi dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian : Terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan media audio visual memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan berguling ke depan siswa SDN 02 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat diperolah rhit 0,427 > rtab 0,264 dengan sumbangan kontribusi 18,23%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
fernanda, fadil, & handayani, srigusti. (2025). Hubungan Penerapan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berguling ke Depan Siswa SDN 02 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal JPDO, 8(1), 1- 11. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.1.2025.01

References

Afrengty, R., Eldawaty, E., & Putra, A. N. (2020). Hubungan Aktivitas Bermain Dengan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri 11 Padang Barat. Sport Science, 20(1), 1-9

Arifin, Z. 2018. Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) Terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Kelas V di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Al-Mudarris: Journal Of Education, 1(1), 22-29

Arsil & Anthony. 2018. Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Padang: FIK UNP. Arsil. 2019. Pembinaan kondisi fisik. Padang: FIK UNP.

Asnaldi, A. (2016). Hubungan Pendekatan Latihan Massed Practice Dan Distributed Practice Terhadap Ketepatan Pukulan Lob Pemain Bulutangkis. Jurnal MensSana, 1(2), 20. https://doi.org/10.24036/jm.v1i2.51

Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 17. https://doi.org/10.24036/jm.v4i1.30

Bagja, W. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia , 4(1), 13–19.

Darni, D., & Welis, W. (2018). Peningkatan Keterampilan Masase Cedera Olahraga Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Padang Utara. Jurnal Stamina, 1(1), 415-424.

Dessi Novita sari. (2020), tinjauan kebugaran jasmani. Jurnal saind olahraga dan pendidikan jasmani. 5(2),133-138.

Fridayanti, Y. Y. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial , 1(3), 49–63.

Hawa, S., & Zulbahri, Z. (2024). Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Kelentukan Dengan Kemampuan Meroda Pada Mahasiswa Senam Semster Juli-Desember 2023 PO FIK UNP. Jurnal JPDO, 7(6), press-press.

Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2022). Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar Dan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 7-11.

Holisoh, A., & Halimah, N. (2020). Kedisiplinan siswa dan motivasi belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran akuntansi di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Tangerang.

Ikhsan, N. 2017. Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal MensSana, 2(1), 55-64

Kiawa, Y., Syampurma, H., Amra, F., & Wulandari, I. (2023). Tingkat Kecanduan Game Online Dan Dampak Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMAN 10 Sijunjung. Jurnal JPDO, 6(2), 31-37.

Mahmudah, I. D. A. (2022). Faktor Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan (Vol. 2, Issue 2).


Nur, N. Nirwandi, and A. Asmi, 2018. “Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar”, jm, vol. 3, no. 2, pp. 93-101.

Rajagukguk, B. P., & Putra, A. J. (2022). Tinjauan Kondisi Fisik Pada Atlet Karate Putra Remaja Kota Jambi. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(2), 154-165.

Sabillah, M. I. (2017). Pengaruh Latihan Pliometrik dan Kekuatan Otot Tungkai terhadap Power Tungkai Atlet Gulat Pesisir Selatan. Journal of Physical Education and Sport, 22(6).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumilat, M. O., & Siwij, D. S. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Kelas Bagi Guru-Guru Pendidikan Anak Usia Dini Se Kecamatan Pineleng. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(7), 1337-1346.