Pengaruh Metode Bermain Terhadap Peningkatan Kemampuan Passing Futsal Siswa SMPN 40 Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan passing pemain Futsal Siswa SMPN 40 Padang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain terhadap peningkatan kemampuan passing futsal siswa SMPN 40 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2024 di lapangan Jalan Patenggangan Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX yang tergabung dalam tim futsal SMPN 40 Kota Padang yang berjumlah 22 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel Sensus (sampling jenuh), maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 22 orang pemain. Instrumen dalam penelitian ini tes passing. Uji normalitas data menggunkan lillifors nilai signifikansi Sig. untuk pre test eksperimen sebesar 0,073 lebih besar dari 0,05. Dan nilai signifikasni Sig. untuk post test eksperimen sebesar 0,117 Teknik analisis data menggunakan rumus statistik analisis uji t Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 (SPSS v.22) . Hasil penelitian ini adalah pengaruh metode bermain terhadap peningkatan kemampuan passing futsal siswa SMPN 40 Padang. Berdasarkan table paired samples test diketahui nilai nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dimana dari rata-rata pre test adalah 9,86 dan post test adalah 11,68. Ada perbedaan rata-rata antara pre test dan post test sebesar 1,818 atau 17,03%