PENGARUH METODE PART AND W HOLE TERHADAP HASIL BELAJAR ROLL DEPAN PADA SISWA SMPN 1 LUBUK SIKAPING
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang nya minat siswa dalam melakukan roll depan dalam pelaksanaan senam lantai di SMPN 1 Lubuk Sikaping. Penelitian ini menggunakan sampel purposive sampling yaitu teknikpenentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dalam sugiyono (2016) . Alasan penggunaan teknik purposive sampling karena sesuai dengan kegunaan penelitian kuantitatif,atas penelitian-penelitian yang tidak melakukan generalisasi menutur suguono (2016). Pada penelitian ini saya menggunakan sampel pada kelas VIII.10 yang berjumlah, 15 siswa Laki-laki dan 14 siswa Perempuan.Pada penelitian ini instrumen yang digunakan adalah lembar penelitian tes senam lantai roll depan. Peneliti menggunakan lembar penelitian untuk mencatat hasil pre – test dan post – test yang dilakukan dalam penelitian. Hasil yang didapat dari hasil lembar penelitian tersebut akan menjadi acuan dalam pengolahan data dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan senam lantai roll depan. Hasil penelitian; ”Secara keseluruhan rata-rata hasil belajar roll depan siswa SMPN 1 Lubuk Sikaping dikategorikan Kurang.”
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asnaldi,A.(2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 17. https://doi.org/10.24036/jm.v4i1.30
Deswandi, Damrah & Eldawaty (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Viii Madrasah Tsnawiyah Negeri 4 Kota Padang. Jurnal Pendidikan dan Olahraga (JP&O). Vol: 6 No: 4. ISSN 2722-8282
Elza, F.L, Fildaus, K, Darni & Wulandari, I (2023).Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Kelas VIII Siswa SMP Negeri 25 Padang.Jurnal Pendidikan dan Olahraga(JP&O). Vol: 6, No: 3. ISSN 2722-8282
Fikri, M. Haikal. 2015. Efektivitas Metode Part-Whole Terhadap Penguasaan Pembelajaran.
Firdaus, Hidir Dan Taufiq Hidayat. 2014. Perbandingan Metode Pembelajaran Bagian (Part Method) Dan Metode Pembelajaran Keseluruhan (Whole-Method) Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Smash Bolavoli (Studi Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Di SMA Negeri 1 Kamal).
Handayani, S. G, & Komaini, A. 2022. Program Peningkatan Pengembangan Kewirausahaan (Ppk) Pengusaha Muda Fakultas Ilmu Keolahragaan Melalui Pembinaan, Pelatihan, dan Fasilitas Menjadi Pengelola Sanggar Senam Aerobik, Senam Lansia dan Senam Hamil. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat,4(1), 6-14.
Jahari, Jaja (2018). Manajaemen Peserta Didik.Jurnal Islamic Education Manajemen.Vol.2, Nomor 1.
Kurniawan, R., & Wahyuri, A. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PJOK Pada Materi Sepakbola Untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Berbasis Multimedia. Jurnal JPDO, 5(4),1–7. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/744%0Ahttp://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/download/744/28
Maksum, A. 2018. “Metode Penelitian dalam Olahraga (edisi kedua)”. Surabaya Unesa University Press..
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
UNESA: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 02 Nomor 02 Tahun 2014,363–369.
Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Margono, Agus. 2009. Senam. Surakarta: UNS Press.
Muhajir, dan Budi Sutrisno. 2014. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.Jakarta: Kemendikbud.
Pitnawati, P., & Damrah, D. 2019. Evaluasi
Pelaksanaan Program Latihan Senam di Klub Senam Semen Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 9-16
Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA / MA. Jakarta: Litera.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung
SUGIYANTO. "Kaji Teoritis Material Viscoelastic pada Pemodelan Artificial Hip Joint." (2009).
Zulbahri, Z., & Astuti, Y. 2020. Pengembangan Media Belajar Pjok Pada Materi Senam Lantai (Artistik). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha,8(2), 86-91