Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Senam Lantai Materi Rolling Belakang Pada Pembelajaran PJOK di Kelas VIII SMP Negeri 4 Merangin

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Qori Prajungga Cakra
Sri Gusti Handayani
Syahrastani Syahrastani
Zulbahri Zulbahri

Abstract

            Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Merangin khususnya perempuan belum menguasai cara melakukan gerakan rolling belakang. Hal ini disebabkan oleh kurangnya keberanian serta motivasi untuk melakukan gerakan rolling belakang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran senam lantai rolling belakang di SMP Negeri 4 Merangin. Jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan Non-probability Sampling dengan metode purposive sampling dimana teknik dalam pengambilan sampel ini memiliki pertimbangan-pertimbangan yang sudah ditentukan kepada responden. Instrumen yang digunakan uuntuk penelitian ini yaitu angket.  Berdasarkan beberapa keterangan dari hasil penelitian diperoleh analisis pelaksanaan pembelajaran senam lantai dengan materi rolling belakang pada pembelajaran PJOK di kelas VIII SMPN 4 Merangin secara umum bahwa pelaksanaan pembelajaran senam lantai dengan materi rolling belakang pada pembelajaran PJOK dari 55 orang siswa VIII SMPN 4 Merangin pada pelaksanaan pembelajaran senam lantai dengan materi rolling belakang PJOK, berada pada kategori kurang. Dengan hasil penelitian yang menunjukkan pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran senam lantai dengan materi rolling belakang pada pembelajaran PJOK di kelas VIII SMPN 4 Merangin maka perlu memperhatikan persiapan, pelaksanaan serta penutup pembelajaran serta sarana dan prasarana yang akan digunakan selama pembelajaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Cakra, Q., Handayani, S., Syahrastani, S., & Zulbahri, Z. (2024). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Senam Lantai Materi Rolling Belakang Pada Pembelajaran PJOK di Kelas VIII SMP Negeri 4 Merangin. Jurnal JPDO, 7(12), 2784-2792. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.12.2024.1042

References

Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal Menssana, 4(1), 17.
Arikunto, S., 2016, Prosedur Penelitian: Suatu Pengantar Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Dessi. N. S., Indri W., & Sefri H. 2020. Contributions of Arm Muscle Strength Against Forehand Drive Skills for Table Tennis Athletes. In 1st International Conference of Physical Education (ICPE 2019) (pp. 120-123). Atlantis Press.
Febriyanti, M. A. I. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Alat Bantu Bidang Miring Terhadap Hasil Belajar Roll Belakang Kaki Tekuk (Studi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Wonoayu Kabupaten Sidoarjo) Muhammad Andri Arfianto Irma Febriyanti Abstrak. 03, 54–58.
Handayani, S. G, & Komaini, A. 2022. Program Peningkatan Pengembangan Kewirausahaan (Ppk) Pengusaha Muda Fakultas Ilmu Keolahragaan Melalui Pembinaan, Pelatihan, dan Fasilitas Menjadi Pengelola Sanggar Senam Aerobik, Senam Lansia dan Senam Hamil. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 4 (1), 6-14.
Hermansah, B. (2021). Identifikasi Faktor-Faktor Kesulitan. Wahana Didaktika, 19, 131–139.
Jonni (2019). Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di KecamatanLuhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan dan Olahraga. Vol 2(4).
Kurniawan, A. W., & Sugiarto, T. (2019). Pembelajaran Senam Lantai. In Book.
Kristiyandaru, Advendi. 2010. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surabaya: Unesa University Press
Muhajir, 2010. Buku guru pendidikan jasman olahraga, dan ksehatan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: PNMJ

Purba, R. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Yayasan kita menulis.
Pangkey, F.R, & Mahfud, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Roll Belakang Pada Anak Sekolah Dasar. Journal of Physical Education (JouPE). 1(1). 33-40.
Rahayu, Ega Trisna. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Ruslan, R., & Huda, M. S. (2019). Penerapan Metode Bermain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan (Forward Roll). Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(1), 10.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sudjiono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugihartono. 2012. Kemampuan Guling Depan Senam Lantai pada Siswa Kelas V ASDN 1 Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu. http://repository.unib.ac.id/9030/1/1%2CIII%2CII-14-don.FK.pdf
Suprihatiningrum, Jamil (2013). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Umar, A., Abbas, S., & Syahrastani, S. (2018). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes di SD Negeri 40 Sungai Lareh Kota Padang. Jurnal Menssana,3(2), 64-80
Zulbahri, 2020. Pengembangan Media Belajar PJOK Pada Materi Senam Lantai (Artistik). Padang: FIK