Motivasi Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Anambas Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aldiansyah Aldiansyah
Kamal Firdaus

Abstract

Masalah penelitian ini diduga masih kurangnya kesungguhan peserta didik sekolah menengah kejuruan negeri 1 anambas dalam mengikuti pembelajaran pendidikan Jasmani olahraga kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi pesrta didik sekolah menengah kejuruan negeri 1 anambas dalam pembelajaran pendidikan Jasmani olahraga kesehatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2024. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Manajemen Perkantoran dan kelas XI Manajemen Perkantoran di SMK Negeri 1 Anambas yang berjumlah 44 peserta didik yang terdiri dari 2 kelas perwakilan dari semua jurusan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik sekolah menengah kejuruan negeri 1 anambas yang berjumlah 300 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling purposive. Purposive sampling adalah teknik penentuan sumber data berdasarkan pertimbangan tertentu, maka dari itu jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 44 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuisioner (angket) tertutup. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh hasil : Dalam kategori “Sangat Setuju” 25% (3 orang), “Setuju” 20% (10 orang), “Ragu-ragu” 36% (22orang), “Tidak Setuju” 14% (6 orang), dan “Sangat Tidak Setuju” 5% (5 orang). Dapat disimpulkan bahwa Motivasi Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Anambas Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dalam kategori “Sedang”

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Aldiansyah, A., & Firdaus, K. (2025). Motivasi Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Anambas Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal JPDO, 8(4), 331-339. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/2155

References

Azwar, A. (2016). Peran alokatif pemerintah melalui pengadaan barang/jasa dan pengaruhnya terhadap perekonomian Indonesia. Kajian Ekonomi dan Keuangan, 20(2), 149-167.
Dewandaru, A. Hakim, A, R. & Muryadi, A, D. 2022. Motovasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurukuler Sepakbola Di SMP Pemmdes Toroh Grobongan Tahun 2022. Padang. urnal Ilmiah Penjas. (9.1) (92-105).
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2016). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui.
Sugiarto, B. . (2019). Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 8(5), 55.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta. Hal 105.
Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.
Sugiono, S., Noerdjanah, N., & Wahyu, A. (2020). Uji validitas dan reliabilitas alat ukur SG posture evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55-61.
Suharsimi Arikunto, (1993). Prosedur Penelitian. Jakarta :P T. Rineka Cipta .
Sudijono, A. (2009). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Frafinbdo Persada. 2009, hal 40.