Tinjauan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 41 Padang Gunung Sarik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nela Gusmayeni
Rika Sepriani

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan usaha kesehatan sekolah di SMPN 41 Padang Gunung Sarik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 420 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling yang dimana 15% dari populasi, maka sampel penelitian ini berjumlah 68 orang diantaranya kelas VII 128 siswa, VIII 153 dan kelas IX 139 siswa. instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner penelitian, Teknik analisis data diolah menggunakan analisis statistik deskriptif persentatif. Hasil penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan trias UKS di SMPN 41 Padang Gunung Sarik pada indikator pendidikan kesehatan memiliki rata-rata skor capaian sebesar 83,48%, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan kesehatan berada pada kategori sangat baik. 2) Pelaksanaan trias pada indikator pelayanan kesehatan memiliki rata-rata skor capaian sebesar 80,04%, dapat disimpulkan bahwa pelayanan kesehatan berada pada kategori baik. 3) Pelaksanaan trias pada indikator lingkungan sekolah sehat memiliki rata-rata skor capaian sebesar 82,44%, dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah sehat berada pada kategori sangat baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Gusmayeni, N., & Sepriani, R. (2025). Tinjauan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 41 Padang Gunung Sarik. Jurnal JPDO, 8(1), 242-251. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.1.2025.33

References

Apriani dan Gazali. (2018). Pelaksanaan trias usaha kesehatan sekolah (UKS) di sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 20-28.

Depkes RI. 2009. Undang-Undamg No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Depkes (Placeholder1) (Placeholder1) RI

Depkes RI. 2009. A. 2019. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bungo Dani. Jurnal MensSana, 4(2), 124- 131.

Felina, M. (2016). Gambaran Pelaksanaan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) dalam Pemberian Informasi Kesehatan Reproduksi Terhadap Siswa MTsN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. Kesehatan STIKes Prima Nusantara Bukittinggi, 7.

Hasan, A., & Eldawaty, E. 2019. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bungo Dani. Jurnal MensSana, 4(2), 124-131.

Kasman, Thamrin. 2014. Pedoman Pelaksanaan UKS di Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar

Kurnia, R. (2017). Pedoman Usaha Kesehatan Sekolah. Jakarta: Bee Media Pustaka.

Maryumi, A. 2013. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Trans Info Media “TIM”.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta, 2017.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2011. Kesehatan Masyarakat (Ilmu dan Seni). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2011. Kesehatan Masyarakat (Ilmu dan Seni). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2011. Kesehatan Masyarakat (Ilmu dan Seni). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nugroho, R. (2016). Pelaksanaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) SeKota Yogyakarta (Vol. 147).

Rika Sepriani, Eldawaty, Arie Asnaldi, Asep Sujana Wahyuri, 5Kibadra. (2020). Producing Of Instant Powder Herbs Based On Medicinal Herbs (Toga: Tanaman Obat Keluarga) For Members Of Family Welfare Program In Tarantang Village, Lubuk Kilangan Sub-District, Padang. Jurnal Berkarya Pengabdian Kepada Masyarakat. http://jba.ppj.unp.ac.id/index.php/jba/article/view/51/30.

Rosmawati, R., & Jumaida, J. 2019. Tinjauan Kesehatan Lingkungan Sekolah di Sekolah Menengah Pertama SeKecamatan Enam Lingkung. Jurnal JPDO, 2(6), 20-22.

Sanifah, L. J. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Sikap Keluarga Tentang Perawatan Activities Daily Living (ADL) Pada Lansia.

Sepriani, Rika. 2019. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Mensana. Volume 4 Nomor 2, hal 1, hal 39-34.TIM Pembina UKS PUSAT 2010.

Sugiyono, 201.2012. Metodologi penelitian kuantiatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Lina, H. P. (2017). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa di SDN 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 4(1), 92- 103.