Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Kelas X4 Sekolah Menengah Atas Negeri 16 Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yanda Yuli Asril
Damrah Damrah
Pitnawati Pitnawati
asep sujana wahyuri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kelas X4 di SMA Negeri 16 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X4 di SMA Negeri 16 Padang yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, maka sampel penelitian ini berjumlah 36 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner penelitian atau angket penelitian. Teknik analisis data diolah menggunakan analisis statistik deskriptif persentatif. Hasil penelitian ini adalah 1) Proses belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada Kelas X4 SMA Negeri 16 Padang pada indikator perencanaan pembelajaran memiliki rata-rata skor capaian sebesar 82,16%, dapat disimpulkan proses perencanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik. 2) Proses belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada Kelas X4 SMA Negeri 16 Padang pada indikator pelaksanaan pembelajaran memiliki rata-rata skor capaian sebesar 85,52%, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran berada pada kategori sangat baik. 3) Proses belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada Kelas X4 SMA Negeri 16 Padang pada indikator evaluasi pembelajaraan memiliki rata-rata skor capaian sebesar 82,88%, dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaraan berada pada kategori sangat baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yuli Asril, Y., Damrah, D., Pitnawati, P., & wahyuri, asep. (2025). Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Kelas X4 Sekolah Menengah Atas Negeri 16 Padang. Jurnal JPDO, 8(2), 252-260. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.1.2025.34