Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar PJOK Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Candung Kabupaten Agam
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahui seberapa besar hubungan tingkat kebugaran jasmani terhadap hasil belajar PJOK siswa SMA Negeri 1 Candung. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani dan hasil belajar PJOK siswa SMA Negeri 1 Candung, serta hubungan antara kebugaran jasmani dan hasil belajar PJOK siswa SMA Negeri 1 Candung.
Jenis penelitian merupakan penelitian korelasional kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Candung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 35 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Siswa Indonesia (TKSI) Fase EF yang meliputi: Hand and Eye Coordination Test, Vertical Jump Test, T-Test, Hand Touch Reaction Test, Dipping Test, BeepTest. Data nilai hasil belajar PJOK diambil dari nilai rapor semester Januari-Juni tahun ajaran 2023-2024. Teknik analisis data menggunakan analisis asosiatif dengan teknik korelasi Person Product Moment.
Hasil penelitian ini yang pertama menunjukkan tingkat kebugaran jasmani siswa SMA Negeri 1 Candung, sebanyak 1 orang (2,86%) berada pada kategori baik, sebanyak 16 orang (45,70%) berada kategori sedang, dan 18 orang (51,42%) siswa memiliki tingkat kebugaran jasmani kategori kurang. Kedua, hasil belajar PJOK siswa SMA Negeri 1 Candung, diperoleh nilai rata-rata 84,75, dengan sebaran 15 orang (42,86%) kategori baik, nilai PJOK kategori cukup sebanyak 11 orang (31,43%), nilai PJOK kategori kurang sebanyak 7 orang (20%), nilai PJOK kategori sangat kurang sebanyak 2 orang (5,70%). Ketiga, Terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani (X) dengan hasil belajar PJOK (Y) siswa SMA Negeri 1 Candung dengan (rhitung = 0,921) > (rtabel = 0,325).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arifin, Z. 2018. Pengaruh Latihan SenamKebugaran Jasmani (SKJ) TerhadapTingkat Kebugaran Siswa Kelas V di MINyulifriDonomulyo Kabupaten Malang. Al-Mudarris: Journal Of Education, 1(1),22-29
Arsil, Adrian, M. R., & Sari, D. N. (2023). Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa SMP N 2 Kecamatan Payakumbuh. Jurnal JPDO, 6(11), 143–150. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1579%0Ahttp://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/download/1579/766.
Arsil, Asnaldi, Arie. 2021. Hubungan Keterampilan Motirik Kasar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal sport science volume 21 nomor 1 edisi Januari tahun 2021
Asmana, N. D., Yaslindo, Y., Wahyuri, A. S., & Resmana, R. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Padang. Jurnal JPDO, 6(6), 129-135.
Asnaldi, A. Zulman, & Madri, M.(2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 3(2), 16-27.
Apriyano, Berto. "Kontribusi Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Penjasorkes) pada Pelajar SMP Pertiwi Siteba Padang." Jurnal MensSana 2.2 (2017): 19-26.
Cania, A. A., & Alnedral, A. (2019). Tinjauan kondisi fisik atlet atletik jarak menengah unit kegiatan universitas negeri Padang. Jurnal JPDO, 2(1), 192-197.
Darmawan, I. (2017). Upaya meningkatkan kebugaran jasmani siswa melalui penjas. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 143-154.
Darmawan, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Penjas. In Jip (Vol. 7, Issue 2). http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi
Fardiansyah, Refli. Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sungai Penuh. Diss. Universitas Negeri Padang, 2023.
Hamdani, N. (2019). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Smp Negeri 1 Loceret Dengan Menggunnakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia ( Tkji ) Fahmi Fajar Nursena *, Hamdani. Jurnal Unesa, 7, 373–378.
Kushartanti, W. (2018). Kebugaran Jasmani Dan Produktivitas Kerja. Revista Brasileira de Medicina Do Esporte, 19(4), 231–235. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131405898/pengabdian/Kebugaran+Jasmani+Dan+Produktivitas+Kerja.pdf
Lukmana, A., & Handayani, S. G. (2024). Kebugaran Jasmani Kelas Fase E1 SMA. 7(2), 208–216.
Pratama, R., Wahyuri, A. S., Edwarsyah, E., Marta, I. A., & Zalindro, A. (2023). Tinjauanpra Tentang Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Unit Kegiatan Kesenian Universitas Negeri Padang. Jurnal JPDO, 6(2), 157-164.
sariSari, D. N. (2020). Tinjauan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 133-138
Rayhan, Muzhaffar, et al. "Hubungan Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa SMP Negeri 30 Kota Padang." Jurnal JPDO 6.6 (2023): 61-67..
Sepriadi, S. (2017). Kontribusi status gizi dan kemampuan motorik terhadap kesegaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 194-206.
Sepriadi. (2020). Model Permainan bagi Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Rajawali Press.
Sepriadi, Hardiansyah, S., & Syampurna, H. (2017). Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 27.
Supariyadi, T., Mahfud, I., & Marsheilla Aguss, R. (2022). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Penjas Tahun 2021. Journal of Arts and Education, 2(2), 60–71. https://doi.org/10.33365/jae.v2i2.109
Syaiful, A. (2018). Pengaruh Tingkat Kesegaran Jasmani Minat Belajar dan Tingkat Kecemasan terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa SMP Negeri 3 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Universitas Negeri Makassar.
Yulifri, Yulifri, Sepriadi Sepriadi, and Riand Resmana. "Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani siswa Kelas XI MAN 2 Kota Padang." Jurnal JPDO 6.12 (2023): 1-7.