Hubungan Keterampilan Gerak Dasar Object Control dengan Kemampuan Teknik Dasar Bolavoli pada Siswa SMPN 22 Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

aviansyah jumadil putra
syahrial bakhtiar

Abstract

Masalah penelitian ini adalah keterampilan gerak dasar object control dan kemampuan Teknik dasar bolavoli. Peneliti melihat pada saat siswa melakukan servis, passing bawah, passing atas, para siswa masih banyak yang belum menguasai kemampuan Teknik dasar tersebut, untuk menguasai hal tersebut para siswa harus memperbaiki gerak dasar mereka,agar ketika melakukan kemampuan Teknik dasar bolavoli tersebut para siswa mampu menguasai kemampuan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Hubungan Keterampilan object Control dengan Kemampuan Teknik Dasar Bolavoli pada Siswa SMPN 22 Padang.


  Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakulikuler bolavoli SMPN 22 Kota Padang yang berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu”. Dengan demikian sampel yang diambil adalah pemain bolavoli putra berjumlah 12 orang.


  Instrument dalam penelitian ini adalah 1) Keterampilan object control menggunakan tes TGMD-2 dan 2) Kemampuan teknik dasar bolavoli menggunakan tes kemampuan dasar bolavoli. Teknik analisis data menggunakan analisis produc moment. Hasil penelitian ini adalah: Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan gerak dasar object control dengan kemampuan teknik dasar bolavoli siswa SMPN 22 Kota Padang dengan nilai koefesien korelasi yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan sebesar 0,950, dan koefesien distribusi thitung 9,61>ttabel2,24


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
putra, aviansyah, & bakhtiar, syahrial. (2024). Hubungan Keterampilan Gerak Dasar Object Control dengan Kemampuan Teknik Dasar Bolavoli pada Siswa SMPN 22 Padang. Jurnal JPDO, 7(11), 2594-2602. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.11.2024.1023

References

Abdurrahman, M., Septiadi, F., & Wijaya, R.A. (2019).Hubungan Kekuatan Otot Lengan, Koordinasi Mata-Tangan terhadap Kemampuan Passing Bawah Siswi Ekstrakurikuler MTS Negeri 1 Sukabumi. Jurnal Unimed,2(2), 2655-
7770.

Amin, B. F., & Sukur, December).Implementasi A. (2022, Gerak
Manipulatif Penggerak Olahraga Pada
Anak Sd Usia 6-25 Tahun Di
Kelurahan Jatinegara Kaum. In
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian
Kepada Masyarakat (Vol. 3, pp. SNPPM2022-BRL).


Amung Ma’mun dan Yudha M Saputra. (2000).
Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdikbud

Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018).
Hubungan Motivasi Olahraga dan

Kemampuan Motorik dengan Hasil
Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga
dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16-27.

Astuti, Y. (2018). Pengaruh metode drill terhadap keterampilan bermain bolavoli mini pada siswa sekolah dasar. Jurnal Curricula, 3(1), 53-71.

Bakhtiar, S. (2018), Merancang Pembelajaran
Gerak Dasar Anak

Bakhtiar, S., Syahputra, R., Mardiansyah, A.,Hendrayana, A. A., & Pion, J. (2020) Sistem Identifikasi Bakat dalam Olahraga. In Wineka Media (Pertama). Wineka Media.

Bakhtiar, S. (2014). Strategi Pembelajaran, Lokasi Sekolah, Dan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 257-133.

Dilandes, A. A., Syahputra, R., Oktarifaldi, O., Putri, L. P., & Bakhtiar, S. (2022).Perbedaan Level Kemampuan Objek Kontrol Berdasarkan Jenis Kelamin dan Usia PAUD.Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia,18, 27-35.

Erianti, &Astuti, Y (2019), Bolavoli. Padang : SUKABINA PRESS


Hanif, A. S. (2017). Falsafah Pengukuran dan Teknik Dasar Shorinji Kempo.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Iskandar. (2016). Hubungan Antara Kekuatan
Otot Dengan Servis Atas Bola Voli

Mahasiswa Putra Penjaskes Ikip-Pgri
Pontianak. Jurnal Pendidikan Olahraga,
4–15.

Kiram, Yanuar. (1999). Fase-fase Keterampilan Motorik Olahraga. Forum Pendidikan. Nomor 02, Tahun XXIV/Edisi Juni 1999 (pp. 214-232).

Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran.
Universitas Terbuka.

Oktarifaldi, O., Syahputra, R., Putri, L. P., & Bakhtiar, S. (2019). The Ef Agility, Coordination and Balance On The Locomotor Ability Of Students Aged 7 To
10 Years.Jurnal Menssana,4(2), 190-200.

Sudadik, S., & Raharjo, H. P. (2021). Survai Tingkat Perkembangan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1),
17-25.

Sugiyono. (2025). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Supriadi Gito. 2021. Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press.

Syahputra, R., Bakhtiar, S., Oktarifaldi, O., Rasyid, W., & Putri, L. P. (2020). Assistance In Learning Basic Early Childhood Motion Skills For Early Childhood Teachers In Pesisir Selatan Regency.Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat,1(1), 1-13.