Hubungan Sarana Prasarana Pembelajaran PJOK Dengan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa SMPN 2 Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

mutiara mutiara
damrah damrah

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang diduga disebabkan oleh faktor sarana prasarana dan motivasi siswa di SMPN 2 Kecamatan Lareh Sago halaban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara sarana prasarana pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 363 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, maka jumlah sampel adalah 111 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner penelitian yang dibagikan kepada responden yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat hubungan yang siginifikan antara sarana dan prasarana pembelajaran terhadap hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Menengah Negeri 2 Kecamatan Lareh Sago halaban Kabupaten Lima Puluh Kota, 2) Terdapat hubungan yang siginifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Menengah Negeri 2 Kecamatan Lareh Sago halaban Kabupaten Lima Puluh Kota, 3) Terdapat hubungan yang siginifikan antara sarana dan prasarana pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Menengah Negeri 2 Kecamatan Lareh Sago halaban Kabupaten Lima Puluh Kota

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
mutiara, mutiara, & damrah, damrah. (2024). Hubungan Sarana Prasarana Pembelajaran PJOK Dengan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa SMPN 2 Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal JPDO, 7(11), 2508-2517. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.11.2024.1014

References

Afif Lailatil Fitriyah. 2020. “Desain Manajemen Pendidikan Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 6(4):2.
Ali umar, Abbas Syamsuar, Syahrastani. 2018. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Di SD Negeri 40 Sungai Lareh Kota Padang.” Journal Menssana 3(2).
Arsil. 2018. Evaluasi Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Cetakan ke. Padang: Wineka Media.
Asad, H., Mulyadi, M., & Sugiharto, W. 2020. “SURVEI SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA DI SMP NEGERI SEKECAMATAN PRABUMULIH TIMUR.” Jurnal Muara Olahraga 3(1):11–20.
asnaldi, a., m,m., &. zulman. 2018. “Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman.” Jurnal Menssana 3(2).
Fatimah Cahya Rahmi, Made pranomo. 2019. “Manajemen Pengelolaan Sarana prasarana Olahraga Gedung Serbaguna Di Gelangang Olahraga (Gor) Delta Sidoarj.” Jurnal Kesehatan Olahraga 7(2):1–6.
Febrizal, T., & Lawanis, H. 2024. “Hubungan Kecepatan Reaksi Dan Kelincahan Terhadap Kemampuan Mendribble Bola SBB Putra Painan.” 7(1):46–53.
H. Nur, N. Nirwandi, and A. Asmi. 2018. “HUBUNGAN SARANA PRASARANA OLAHRAGA TERHADAP MINAT SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA N 1 BATIPUAH KABUPATEN TANAH DATAR.” Jurnal Menssana 3(2):93–102.
Hendriadi, I. G. O. 2021. “Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan.” Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha 9(2):68–74.
Hermawati. 2019. “Survei Sarana Dan Prasarana Olaharaga Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP Negeri 1 Pujananting Kabupatn Barru, Makassar.” Jurnal Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar.
Hilmainur Syampurma. 2016. “Kontribusi Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Bagi Siswa-Siswi SMPN 10 Padang.” Journal Menssana 1(2).
Ismail Nurdin, Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. edited by M. S. Cendekia. Surabaya.
Krisnabayu. 2019. “Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMP Negeri 6 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai.” Skripsi FIK-UNM.
Kune, D. M. 2021. “Survei Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN).” Indonesia Journal Of Sport & Tourism 3(II):57–62.
Kurniawan, N. 2017. “Pengaruh Standar Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di TK Al-Firdaus.” Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(2):14–26.
Maini, A. 2022. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pelajaran Penjasorkes Di SMP Negeri 4 Bukittinggi.” 5(2):1–6.
Masni, Harbeng. 2015. “STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA.” Jurna Ilmiah Dikdaya 5:1.
Natal, Y. .. 2020. “Kebijakan Pemerintah Tentang Penyediaan Sarana Dan Prasarana Olahraga Pendidikan Di SMP Negeri Se-Kecamatan Bajawa.” Jurnal Imedtech-Instructional Media, Design and Technology 4(1):22–61.
Prijodarminto, Soegeng. 2020. “Disiplin Kiat Menuju Sukses.” Digithal Library UINKHAS Jember.
Republik Indonesia. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengan Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah A. Vol. вы12у.
Rohmawati. 2018. “HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V.” Basic Educationn 7(12).
Rusmiati. 2017. “PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI SISWA MA AL FATTAH SUMBERMULYO.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi 1(1).
Saputra, Enrico. 2022. “Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Di SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota.” Skripsi Thesis.
Sesmiarni, Z. 2017. “Membendung Radikalisme Dalam Dunia Pendidikan Melalui Pendekatan Brain Based Learning.” Kalam 9(2).
Singgih D. Gunarsa. 2004. “Psikologi Olahraga.” PT Raja Grafinda Persada.
Sugihartono. 2007. “Psikologi Pendidikan.” Uny Press 151.
Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.” Alfabeta 81.
Suharsimi Arikunto. 2013. “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.” Bumi Aksara 194.
surahni. 2017. “Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN) Sebagai Sarana Pendidikan Moral.” Jurnal Unimma.
Syah, Muhibbin. 2012. “Psikologi Belajar.” PT Raja Grafindo Persada 153.
Syahril. 2018. Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Padang: Sukabina Press.
Z Atwi, K. Firdaus. 2020. “Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan.” Jurnal JPDO 3(1):24–29.