Hubungan Kebugaran Jasmani dan Tingkat Konsentrasi terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pasaman
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa yang diduga disebabkan oleh masih kurangnya kebugaran jasmani dan tingkat konsentrasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebugaran jasmani dan tingkat konsentrasi terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII ,kelas VIII dan kelas XI di SMP N 1 Pasaman, dengan jumlah siswa sebanyak 856 orang, sedangkan sampel diambil secara simple random sampling sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini dipilih lah mewakili kelas VII satu kelas yaitu kelas VII.3 yang berjumlah 30 siswa dan siswa kelas VIII satu kelas yaitu kelas VIII.7 yang berjumlah 30 siswa. Kebugaran jasmani dengan menggunakan tes TKSI, konsentrasi dengan tes grid concentration exercise dan hasil belajar. data dianalisis dengan korelasi dan regresi dengan α=0,05. Berdasarkan dari hasil analisis data menunjukkan bahwa; 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani terhadap hasil belajar peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pasaman. 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat konsentrasi terhadap hasil belajar peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pasaman. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dan tingkat konsentrasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pasaman.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Antoni, R., & Bakhtiar, S. (2019). Hubungan Status Gizi Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor di Sekolah Dasar. Jurnal JPDO, 2(8), 21-27.
Apriyano, B., Zainuddin, Z.A., Hashim, A. H. M. (2020, August). Physical Fitness of Student at the Junior High School. In 1st International Conference of Physical Education (ICPE 2019) (pp.105-110). Atlantis Press.
Asnaldi, A. (2016). Hubungan Pendekatan Latihan Massed Practice Dan Distributed Practice Terhadap Ketepatan Pukulan Lob Pemain Bulutangkis. Jurnal MensSana, 1(2), 20. https://doi.org/10.24036/jm.v1i2.51
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 17. https://doi.org/10.24036/jm.v4i1.30
Budi, D. R. et al. (2019) ‘The Analysis of Fundamental Movement Skill in Primary School Student in Mountain Range’, 11(Icsshpe 2018), pp. 195– 198. doi: 10.2991/icsshpe18.2019.56.
Dessi Novita Sari. (2020). Tinjauan Kebugaran Jasmani. Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani. 5(2), 133-138.
Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan . Depok: PT. Raja Grafindo
Fitrianingsih, D., Priyono, B., Setiawan, I., & Sudarmono, M. (2019). The Effect of Aerobic Dance Exercise towards the Decreasing of Total Cholesterol Level on Kiyomi Dance Studio’s. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 8(3), 148–151
Husdarta. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani, Bandung:Alfabeta
Khairuddin, K., Masrun, M., Bakhtiar, S.,&., Syahruddin, S, (2023). An analysis of the learning implementantion of physical education in junior high schools. Jurnal Cakrawala Pendidikan,42(1), 241-253. doi:https://doi.org/10.21831/cp.v42i1.54605
Komarudin, (2015). Psikologi Olahraga. Bandung : Remaja Rosdakarya. Krissanthy, A., Kurniawan, F., & Resita, C. (2020). Hubungan Kebugaran
Muliardi, M. (2023). Mengembangkan kreativitas dan karakter bangsa melalui Kurikulum Merdeka di Madrasah. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 2(1), 1-12.
Neldi, H. (2018). Kontribusi status gizi terhadap kesegaran jasmani. Jurnal Performa Olahraga, 3(01), 60-60.
Novianti, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 1–20.
Nurhasan, Maksum, A., &. Suroto. (2005). Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani (Bersatu Membangun Manusia Yang Sehat Jasmani dan Rohani. Surabaya: Unesa University Press.
Nuryadi, Darajat, J., Juliantine, T., Budiman, D.,Slamet, & S., Gumilar., (2018). Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Kemampuan Konsentrasi dan Respon Kortisol. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 3(2): 122- 128
Rifai, M., Santoso, G., & Sumardi. (2020). Pengembangan Pembelajaran Melalui Media Whatsapp Massenger Web Grup Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa 7A SMPN 1 Balongbendo Sidoarjo. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(4), 303.
Sepriadi, S. (2017). Pengaruh motivasi berolahraga dan status gizi terhadap tingkat kebugaran jasmani. Jurnal Penjakora, 4(1), 77-89.
Supatri, D., Hidasari, F. P., & Haetami, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Shooting Bola Basket Menggunakan Media audio Visual Pada peserta Didik SMA Negeri 1 Sungai Raya.
Yusuf, A., Warto, N., & Pertiwi, D. (2017). Perbedaan Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa antara Kebisingan Lingkungan Sekolah SDN 03 Alai dan SD Pertiwi 3 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(3), 484–489.