Pengembangan Media Pembelajaran Sepak Bola dengan E-Modul Berbasis Aplikasi Android di Kelas VII SMP 2 Enam Lingkung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Resti Oktaviani
Aldo Naza Putra

Abstract

Hasil observasi di SMP Negeri 2 Enam Lingkung menunjukkan bahwa terbatasnya jumlah bahan belajar dan bahan belajar yang ada kurang menarik bagi siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, pemanfaatan powerpoint sebagai media pembelajaran berbasis aplikasi android menjadi inovasi dan solusi untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran sepakbola berbasis android pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas VII SMP yang valid dan praktis.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari dari lima tahapan yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi) namun dibatasi sampai tahap implementasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu ahli materi bolavoli, ahli media, ahli bahasa, guru PJOK dan peserta didik SMP Negeri 2 Enam Lingkung kelas VII. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket validitas dan angket praktikalitas.
Hasil uji validitas memperoleh rata-rata nilai momen kappa (k) sebesar 0,76 dengan kategori tinggi. Hasil uji praktikalitas pada guru memperoleh rata-rata nilai moment kappa (k) sebesar 0,86 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi dan hasil uji praktikalitas pada peserta didik memperoleh rata-rata nilai moment kappa (k) sebesar 0,84 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Oktaviani, R., & Putra, A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Sepak Bola dengan E-Modul Berbasis Aplikasi Android di Kelas VII SMP 2 Enam Lingkung. Jurnal JPDO, 8(1), 180-189. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.1.2025.19

References

Aldo Naza Putra, Eldawaty, Afrengty, (2020). Hubungan Aktivitas Bermain Dengan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri 11 Padang Barat. Sport Science, 20(1), 1-9.

Anafi, K., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Model Addie Menggunakan Software Unity 3D. Jurnal Education and development, 9(4), 433-438.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Arie Asnaldi, Yessi, and Hendri Neldi. (2023) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Jurnal JPDO, 6(1), 53-58.

Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662-670.

Arnando, M. dkk. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bulutangkis melalui Media Visual di SMP N 30 Padang. Jurnal JPDO, 6(10), 35-41.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586-595.

Faturahim, F., & Purwanto, D. (2023). Inovasi Model Pembelajaran Digital pada Guru Pjok di Kecamatan Palu Utara. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 22(4), 223-233.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak. Jurnal Pahlawan, 18(2), 20-30.

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. Guepedia.

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293-304.

Iswanto, A., & Widayati, E. (2021). Pembelajaran Pendidikan Jasmani yang Efektif dan Berkualitas. MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga, 27(1), 13–17. https://doi.org/10.21831/majora.v27i1.34259

Krismayanti, Y. R., & Sudibyo, E. (2021). Efektivitas Penggunaan Modul IPA dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19 pada Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Kediri. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 227-233. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index.

Muhardini, S., Sudarwo, S., Anam, K., Bilal, A. I., Mayasari, D., Haifaturrahmah, H., ... & Ibrahim, I. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Di Gugus 5 Kota Mataram. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 839-843.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Palennari, M., Rachmawaty, R., Saparuddin, S., Saleh, A. R., & Jamaluddin, A. B. (2023). Pelatihan Pembelajaran Inovatif Abad 21 Bagi Guru SMP Negeri 2 Galesong Utara. Jurnal IPMAS, 3(2), 66–74. https://doi.org/10.54065/ipmas.3.2.2023.272

Rika Sepriani, Sepriadi, Arie Asnaldi, Loli Lovita, 2023. Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Siswa putra. Jurnal JPDO. 6 (4), 34-40.
Sari, D. N. (2020). Tinjauan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 133-138.

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33-41.

Subakty, W. B., & Ihsan, N. (2022). Desain E-Modul Bolavoli Berbasis Andorid pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 5(10), 162-167.