HUBUNGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 43 PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sahida Optavia
Asep Sujana Wahyuri

Abstract

Penelitian ini tergolong kedalam penelitian kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional yaitu suatu penelitian mengetahui tingkat hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas   tingkat kebugaran jasmani (X₁) dan hasil belajar (X₂), variabel terikatnya yaitu siswa kelas VII  di Sekolah Menengah Pertama Negeri 43 Padang. Jenis  penelitian korelasional,  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 128 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan dan sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki populasi tersebut. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik simple random sampling pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Dalam penelitian ini pengambilan sampelnya adalah 25% dari seluruh populasi,  secara acak peneliti mengambil 32 orang sebagai sampelnya.Data analisis dengan uji normalitas data pada data signifikan 0,5, kemudian baru dapat dilakukan uji korelasi dengan korelasi product moment untuk mengetahui seberapa besar hubungan variabel bebas.Data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penilitian dan pembahasan ditemukan bahwa;  Terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani  terhadap dengan hasil belajar siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Neger 43 Padang dengan nilai koefesien korelasi yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan sebesar 0,9652 dan koefesien distribusi thitung 20,18>ttabel1,697.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Optavia, S., & Sujana Wahyuri, A. (2024). HUBUNGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 43 PADANG. Jurnal JPDO, 7(12), 27158-27169. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.12.2024.1050

References

Afrengty, R., Eldawaty, E., & Putra, A. N. (2020). Hubungan Aktivitas Bermain Dengan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri 11 Padang Barat. Sport Science, 20(1), 1-9
Asmana, N. D., Yaslindo, Y., Wahyuri, A. S., & Resmana, R. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Padang. Jurnal JPDO, 6(6), 129-135.

Arsil. (2019). Pembinaan kondisi fisik, Padang:FIK UNP
Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16-27.

Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal Menssana, 4(1), 17-29.
Arsil. (2019). Pembinaan kondisi fisik, Padang:FIK UNP
Darmawan, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Penjas. Jip, 7(2), 143–154. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi

Desi Novita Sari. (2020). Tinjauan Kebugaran Jasmani. Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani, 5(2), 133-138

Dewi Asmana, N., Sujana Wahyuri, A., Resmana, R., Kunci, K., Jasmani, K., & Pendidikan dan Olahraga, J. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, volume 6 n(6), 129–135.

Febianto, T., Firdaus, K., Syahrastani, S., & Astuti, Y. (2022). Analisis Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal JPDO, 5(11), 177-184.

Fernanda, M. A., Arsil, A., Syamsuar, S., & Sari, D. N. (2023). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PJOK Siswa SMP Negeri 1 Bukitinggi. Jurnal JPDO, 6(5), 178-184.

Hardiati, E. A. 2018. Perbedaan Tingkat Kebugaran Jasmani Antara Siswa Yang Aktif Berolahraga Dengan Status Perokok Aktif Dan Bukan Perokok. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Ikhsan, N. (2017). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal MensSana, 2(1), 55. https://doi.org/10.24036/jm.v2i1.16

Lovita, L., Asnaldi, A., Sepriadi, S., & Sepriani, R. (2023). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Siswa putra. Jurnal JPDO, 6(4), 34-40.

Oktoberi, Y., Arsil, Edwarsyah, & Sari, D. N. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri 4 Batang Anai. Jurnal JPDO, 6(8), 73–79. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1488%0Ahttp://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/download/1488/657

Putra, R. S. N., Sepriadi, S., Nirwandi, N., & Wulandari, I. ). Hubungan Kebugaran Jasmani dan Tingkat Konsentrasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Agam. Jurnal JPDO, 6(10), 16-24.

Risdianto, E. (2019). Kepemimpinan Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. 1–12.

Sepriadi, Hardiansyah, S., & Syampurma, H. (2017). Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi. Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi, 7(1), 27.

Sugiyono, 2019 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wahyuri, A. S., Asmana, N. D., Yaslindo, Y., & Resmana, R. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Padang. Jurnal JPDO, 6(6), 129-135.

Yulifri, Y., Sepriadi, S., & Resmana, R. (2023). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani siswa Kelas XI MAN 2 Kota Padang. Jurnal JPDO, 6(12), 1-7.

Zulfaini, I., Damrah, D., Rosmawati, R., & Sari, D. N. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Kautsar Duri Mandau Kabupaten Bengkalis. Jurnal JPDO, 6(3), 89-95.