Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa Kelas XI MAN 2 Payakumbuh

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tesya Amelia
Edwarsyah Edwarsyah

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih adanya siswa yang memperoleh nilai di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kebugaran jasmani dengan hasil belajar siswa kelas XI MAN 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi adalah siswa kelas XI MAN 2 Payakumbuh yang berjumlah 412 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, sebanyak 30 orang siswa laki-laki kelas XI. Instrumen tes yaitu TKSI fase E. Uji normalitas menggunakan SPSS.v22 dengan Kolmogorov-Smirnov Test Sig.> 0,05, dan data berdistribusi normal. Data dianalisis dengan menggunakan statistik korelasi product moment menggunakan SPSS v.22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada hubungan kebugaran jasmani dengan hasil belajar siswa laki-laki kelas XI siswa MAN 2 Payakumbuh, dengan nilai korelasi (r) 0,590 probabilitas (0.001) < α =0.05. Disarankan agar guru dan siswa dapat memaksimalkan aktivitas fisik yang menunjang kebugaran jasmani sehingga dapat berdampak pada hasil belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Amelia, T., & Edwarsyah, E. (2024). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa Kelas XI MAN 2 Payakumbuh. Jurnal JPDO, 7(11), 2409-2420. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.11.2024.104

References

Abduh, I., Humaedi, H., & Agusman, M. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Siswa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(2), 75. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p75-82
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Agus, A. (2019). Olahraga Kebugaran Jasmani Sebagai Siatu Pengantar. Sukabina Press. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Apri+Agus+Olahraga+Kebugaran+Jasmani&btnG=
Annisa, N. R. (2017). Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). CENDEKIA Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 09(02), 193–210.
Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (Skj) Terhadaptingkat Kebugaran Siswa Kelas V Di Min Donomulyo Kabupaten Malang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 22. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.96
Asnaldi, A., FIK-UNP, Z., & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.75
Candra, H. (2023). The Effect of the Project Based Learning Model with the Case Method and Nutritional Status on Physical Fitness of Learners Class Vii Smpn 21 Padang. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 06(04), 1332–1342. https://doi.org/10.47191/ijmra/v6-i4-02
Darmawan, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Penjas. Jip, 7(2), 143–154. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi
Deswandi, D., Syafruddin, S., & Khairuddin, K. (2018). Studi Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri 28 Air Tawar Timur Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Jurnal MensSana, 3(2), 81. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.81
Endrawan, I. B., & Gunawan, F. A. (2017). Survei Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Permainan Tradisional. 13–22.
Gusril. (2017). Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi. Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi, 7(1), 27.
Hardiansyah, S. (2016). KONTRIBUSI DAYA TAHAN KEKUATAN DAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN TENDANGAN DEPAN ATLET PENCAK SILAT UNIT KEGIATAN OLAHRAGA UNP. Menssana, 1(2).
Iverson, B. L., & Dervan, P. B. (2017). Buku ajar metodologi penelitian dasar bidang pendidikan (S. B. Sartika (ed.); 1st ed.).
Juliyandi, & Saifuddin. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Smp Negeri 1 Lhoksukon Aceh Utara Tahun Pelajaran 2012/2013. 1(20), 102–113.
Mulyanana, & Deddy. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. PT. Remaja Rosdakarya Bandung. Bandung: Remaja Rosdakarya. https://osf.io/ew5j7/download
Pratama, D. A., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan Status Gizi dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa SMA: Literature Review. Sport Science and Health, 4(3), 238–249. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p238-249
Pratiwi, S. A., Marlina, R., & Kurniawan, F. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(1), 525–535.
Qohhar, W., & Pazriansyah, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola. Physical Activity Journal, 1(1), 27. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1998
Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 09(01), 511–519.
Saputra, M., & Okilanda, A. (2022). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Pariaman. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(3), 446–457. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i3.10552
Sepriadi. (2017). Pengaruh Motivasi Berolahraga Dan Status Gizi Terhada Tingkat Kebugaran Jasmani. 77–89. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/11755
sukadiyanto. (2010). Pengantar Teori dan Metodologi Pelatihan Fisik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf
Syahrastani. (2022). Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Kota Solok. Jurnal JPDO, 7(1), 1–10. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1082%0Ahttp://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/download/1082/494