Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Anggota Pramuka SMA Negeri 1 Batusangkar Gudep 03.04.05. 373/374

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rizki Ananda
Damrah Damrah
Syamsuar Syamsuar
Mardepi Saputra

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah belum diketahuinya tingkat kebugaran jasmani Anggota Pramuka SMA Negeri 1 Batusangkar Gudep 03.04.05. 373/374. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani Anggota Pramuka SMA Negeri 1 Batusangkar Gudep 03.04.05. 373/374. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2024 di SMA Negeri 1 Batusangkar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa anggota pramuka yang berjumlah 73 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 25 orang siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif pesentatif. Hasil penelitian ini adalah: dari 25 orang siswa yang diteliti, 3 orang siswa (12%) memiliki kebugaran jasmani pada kategori sedang. 16 orang siswa (64%) memiliki kebugaran jasmani pada kategori kurang, dan 6 orang (24%) memiliki kebugaran jasmani pada kategori kurang sekali. Dari hasil analisis didapatkan hasil kebugaran jasmani Anggota Pramuka SMA Negeri 1 Batusangkar Gudep 03.04.05. 373/374 berada pada rata-rata 16,32, dapat disimpulkan kebugaran jasmani Anggota Pramuka SMA Negeri 1 Batusangkar Gudep 03.04.05. 373/374 berada pada kategori kurang, dari hasil ini maka kebugaran jasmani Anggota Pramuka SMA Negeri 1 Batusangkar Gudep 03.04.05. 373/374 wajib ditingkatkan

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ananda, R., Damrah, D., Syamsuar, S., & Saputra, M. (2024). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Anggota Pramuka SMA Negeri 1 Batusangkar Gudep 03.04.05. 373/374. Jurnal JPDO, 7(11), 2440-2448. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.11.2024.107

References

Afrengty, R., Eldawaty, E., & Putra, A. N. (2020). Hubungan Aktivitas Bermain Dengan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri 11 Padang Barat.
Sport Science, 20(1), 1-9

Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal Menssana, 4(1), 17-29.

Budi et al.(2019). Model pembelajaran Pendidikan Jasmani. Purwokerto,Jawa Tengah: Universitas Jendral Sudirman.
Damrah & Pitnawati. (2018). Kepramukaan. Darni, D., & Welis, W. (2018). Peningkatan
Keterampilan Masase Cedera Olahraga
Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan

Kesehatan di Kecamatan Padang Utara.
Jurnal Stamina, 1(1), 415-424.

Derajad J.(2012). Statistika dalam Pendidikan
Jasmani. Bandung: FPOK UPI Bandung.

Deswandi, F. U., & Ihsan, N. (2018). Persepsi Siswa terhadap Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SDN 16
Pisang Kecamatan Pauh Kota PadanG.
Jurnal MensSana, 3(1), 48-66.

H. Nur, N. Nirwandi, and A. Asmi, “Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar”, jm, vol. 3, no. 2, pp. 93-101, Dec. 2018

Handayani, Ririn. 2020. Metodologi Penelitian
Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Ikhsan, N. 2017. Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal MensSana, 2(1), 55-64.

Mardepi Saputra. (2022). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan. Vol. 20 No. 3 (2022)


Nahda, S. A., & Deswandi, D. (2022). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Anggota Senam Porpi di Gor Haji Agus Salim Padang. Jurnal JPDO, 5(2), 68-73.

Neldi, H. (2018). Kontribusi status gizi terhadap kesegaran jasmani. Jurnal Performa Olahraga, 3(01), 60-60.


Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203-219.

Sepriadi, S., Hardiansyah, S., & Syampurma, H. (2017). Perbedaan tingkat kesegaran jasmani berdasarkan status gizi. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 24-34

R. Sepriani and E. Eldawaty, “kebugaran jasmani ibu-ibu di jorong kp. Alai nagari jambak kecamatan lubuk sikaping kabupaten pasaman”, jm, vol.
3, no. 2, pp. 47-52, Dec. 2018

Sari, D. N., Wulandari, I., & Hardiansyah, S. (2020, August). Contributions of Arm Muscle Strength Against Forehand Drive Skills for Table Tennis Athletes. In 1st International Conference of

Physical Education (ICPE 2019) (pp.
120-123). Atlantis Press.

Sugiyono, D. (2012) . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.) Alfabeta, CV.

Suryaman, M. (2020, October). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 13-28).

Syafruddin, Darni, and Ihsan, “Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sdn 16
Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang”,
jm, vol. 3, no. 1, pp. 48-66, Jun. 2018

Syamsuar. (2022). Analisis Kondisi Fisik Atlet Bolavoli Putri Kabupaten Dharmasraya. jurnal Pendidikan Olahraga, Vol 5 (9).