Kemampuan Koordinasi Gerak Dasar Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri 01 Asam Jujuhan, Nagari Sungai Limau, Kecamatan Asam Jujuhan,Kabupaten Dharmasraya

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Vina Noprita
syahrial bakhtiar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini masih banyak siswa yang kurang melakukan aktivitas fisik yang dapat menyebabkan obesitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koordinasi gerak siswa Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri 01 Asam Jujuhan, Nagari Sungai Limau, Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri 01 Asam Jujuhan, Nagari Sungai Limau, Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya yang berjumlah 25 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik pengumpulan data mengunakan propotional Total sampling, maka didapatkan sampel penelitian sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen KTK  (tes koordinasi tubuh untuk anak – anak). Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekuensi.


Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan dapat dikemukakan kesimpulan bahwa karakteristik kemampuan koordinasi gerak siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Asam Jujuhan, Nagari Sungai Limau, Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya dalam kategori cukup.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Noprita, V., & bakhtiar, syahrial. (2024). Kemampuan Koordinasi Gerak Dasar Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri 01 Asam Jujuhan, Nagari Sungai Limau, Kecamatan Asam Jujuhan,Kabupaten Dharmasraya. Jurnal JPDO, 7(11), 2476-2486. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.11.2024.1011

References

Alaswati, S. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Koordinasi Gerak Terhadap Hasil Belajar Bermain Bola Basket. 5(2), 111–119.
Aprilianto, M. ., & Fahrizqi, E. . (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Anggota UKM Futsal Universitas Teknokrat Indonesia. Jurnal of Physical Education, 1(1), 1–9.
Ariadi, R., Malelak, M. ., & Astuti, D. (2015). Analisa Hubungan Financial Literacy dan Demografi dengan Investasi, Saving dan Konsumsi. FINESTA, 3(1), 7–12.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Asnaldi, A., Zulman, F. ., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga dan Kemampuan Motorik denga Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 3(2), 16–27.
Bakhtiar, S. (2014). Fundamental motor skill among 6-year-old children in padang, west sumatera, indonesia. Asian Social Science, 4(2), 165–174.
Budiarjo, Al. (2019). Karakteristik Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa Sekolah Dasar Negeri 20 Padang Laweh Kabupaten Sijunjung. Universitas Negeri Padang.
Fahrizqi, E. . (2018). Hubungan Panjang Tungkai, Power Tungkai dan Koordinasi Mata Kaki dengan Kemampuan Pasing pada Pemain Unit Kegiatan Mahasiswa Olahraga Futsal Perguruan Tinggi Teknokrat. Ofsport, 2(32–42).
Gumantan, A. (2020). Pengembangan APlikasi Pengukuran Tes Kebugaran Jasmani Berbasis Android. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(2), 196–205.
Gumantan, A., & Mahfud, I. (2018). Perbandingan Latihan dengan Menggunakan Bola Ukuran 4 dan 5 Terhadap Ketepatan Menendang Bola Kearah Gawang. Ofsport, 2(1), 1–7.
Gumantan, A., & Mahfud, I. (2020). Pengembangan Alat Tes Pengukuran Kelincahan Menggunakan Sensor Infrared. Jendela Olahraga, 5(2), 52–61.
Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Tingkat Kecemasan Seseorang Terhadap Pemberlakuan New Normal dan Pengetahuan Terhadap Imunitas Tubuh. Sport Science and Education, 1(2).
Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2021). Analysis of the implementation of measuring skills and physical futsal sport based desktok program. Of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 10(1), 11–15.
Gumantan, A., Nugroho, R. ., & Yuliandra, R. (2021). Learning During the Covid 19 Pandemic: Analysis of E-Learning on Sport Education Student. Sport Area, 6(1), 51–55.
Handoko, D., & Gumantan, A. (2021). Penerapan Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Olahraga di SMAN 1 Bara Datu. Of Physical Education, 2(1), 1–7.
Ichsanudin, I., & Gumantan, A. (2020). Tingkat Motivasi Latihan UKM Panahan Teknokrat Selama Pandemi Covid. Of Physical Education, 1(2), 10–13.
Irawadi, H. (2013). Kondisi Fisik dan Pengukurannya. Universitas Negeri Padang.
Mahfud, I., & Gumantan, A. (2020). Survey of Student Anxiety Levels During the Covid 19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1).
Mahfud, I., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2020). Model Latihan Dribling Sepak Bola untuk Pemula Usia SMA. Sport Science and Education, 1(2).
Margaretha, F., & Pambudhi, R. . (2015). Tingkat Literasi Keuangan pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi. Manajameen Dan Kewirausahaan, 17(1), 76–85.
Mario, F., Sari, Y. P., & Olahraga, P. (2022). Melalui Permainan Engklek Pada Anak Usia 6-10 Tahun di Dusun Mesuji. 2(1), 1–8.
Nababan, D., & Sadalia, I. (2013). Analisis Personal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Media Informasi Manajemen, 1(1), 1–15.
Nugroho, R. ., & Gumantan, A. (2020). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Peningkatan Kemampuan Vertical Jump Peserta Kegiatan Ekstrakulikuler Bola Basket SMAN 1 Pagelaran. Sport Science and Education, 1(1).
Nugroho, R. ., Yuliandra, R., Gumantan, A., & Mahfud, I. (2021). Pengaruh Latihan Leg Press dan Squat Thrust Terhadap Pengingkatan Power Tungkai Atlit Bola Voli. Jendela Olahraga, 6(2), 40–49.
Pangkey, F. ., & Mahfud, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Roll Belakang pada Anak Sekolah Dasar. Of Physical Education, 1(1), 33–40.
Pratomo, C., & Gumantan, A. (2020). Hubungan Panjang Tungkai dan Power Otot Tungkai dengan Kemampuan Tendangan Penalty. Jurnal of Physical Education, 1(1), 10–17.
Pratomo, C., & Gumantan, A. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Olahraga pada Masa Pandemi Covid 19 SMK SMTI Bandar Lampung. Of Physical Education, 2(1), 26–31.
Rahyubi, H. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Penerbit Referens.
Sandika, A., & Mahfud, I. (2021). Penerapan Model Latihan Daya Tahan Kordiovaskuler With the Ball Permainan Sepak Bola SSB BU Pratama. Of Physical Education, 2(1), 32–36.
Santos, C., Bustamante, A., Hedeker, D., Vasconcelos, O., Garganta, R., Katzmarzyk, P. ., & Maia, J. (2020). A multilevel analysis of gross motor coordiantion of children and adolescents living at different altitudes: the peruvian health and optimist growth study. Annals of Human Biology.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Syafruddin. (2013). Ilmu Kepelatihan Olahraga. UNP.
Syafruddin, & Hamidah. (2009). Kebidanan Komunitas. EGC.
Tangkudung, J. . (2014). Proses Adaptasi Menurut Jenis Kelamin dalam Menunjang Studi Mahasiswa FISIP Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna, 3(4), 1–11.
Wijaya, C., Kardinal, & Cholid, I. (2018). Analisis Pengaruh Usia, Jenis Kelamin, Pendidikan dan Pendapatan terhadap Literasi Keuangan Warga di Komplek Tanah Mas. Manajemen, 1–5.
Winarno, B. (2014). Kebijakan Publik (Teori, Proses, dan Studi Kasus). CAPS.
Yudanto. (2005). Pengembangan Gerak dasar Lari dan Lompat Melalui Pendekatan Bermain di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 67–77.
Yuliandra, R., & Fahrizqi, E. . (2020). Development of Endurance with the ball exerchise modal in basket ball games. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 61–72.
Sari, D. N., Wulandari, I., Hardiansyah, S., & Zulbahri. (2020). Contributions of Arm Muscle Strength Against Forehand Drive Skills for Table Tennis Athletes. 460(Icpe 2019), 120–123. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200805.034
S. Sepriadi.(2017). Kontribusi Status Gizi dan Kemampuan Motorik terhadap Kesegaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Keolahragaan, 5 (2), 2017, 194-206