Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani yang Perokok dan Tidak Perokok Tim Futsal FKS Kabupaten Labuhan Batu Selatan Sumatera Utara

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

zainur rasyd
Jonni Jonni

Abstract

Tim futsal FKS Kabupaten Labuhan Batu Selatan yang merokok dapat menyebabkan hambatan dalam mengikuti latihan atau pertandingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kebugaran jasmani antara pemain yang tidak perokok dengan pemain yang perokok pada futsal FKS Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2024 di lapangan lari SBBK Labuhan Batu selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain tim futsal FKS Kabupaten Labuhan Batu Selatan yang berjumlah 20 orang pemain. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 orang pemain yang terdiri dari 12 pemain yang tidak perokok dan 8 orang pemain perokok. Intrumen dalam penelitian ini menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Teknik analisis data menggunakan analisis uji beda mean atau uji t. Hasil penelitian ini adalah : 1) Secara umum kebugaran jasmani pemain tim futsal FKS Kabupaten Labuhan Batu Selatan yang tidak perokok berada pada kategori sedang. 2) Secara umum kebugaran jasmani pemain tim futsal FKS Kabupaten Labuhan Batu Selatan yang perokok berada pada kategori kurang. 3) Tidak terdapat perbedaan kebugaran jasmani pemain yang tidak perokok dengan pemain yang perokok pada tim futsal FKS Kabupaten Labuhan Batu Selatan Sumatera Utara.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
rasyd, zainur, & Jonni, J. (2024). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani yang Perokok dan Tidak Perokok Tim Futsal FKS Kabupaten Labuhan Batu Selatan Sumatera Utara. Jurnal JPDO, 7(12), 2703-2712. https://doi.org/10.24036/JPDO.7.12.2024.1034

References

Arie asnaldi, Yessi, and Hendri Neldi. "Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar." Jurnal JPDO 6.1 (2023): 53-58.
Arsil, M. (2018). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. padang.
Juliansyah Noor, S. M. (2017). Metodelogi Penelitian . Jakarta.
Dwi Satrian, M. Y., Mahfud, I., & Surahman, A. (2021). Pelatihan Penerapan Aplikasi Tes Kebugaran Jasmani pada Ekstrakulikuler Olahraga SMK Pelita Pesawaran. jurnal of technologi and social community service.
Febrianti, R., & Hakim, A. R. (2022). Kualitas Kebugaran Jasmani Masyarakat Desa Petanahan,Kebumen Usia 16-19 Tahun Di Masa Pandemi Covid-19. jendela olahraga.
Hasanuddin , M. I., & Hasanuddin, M. i. (2020). Model Pendekatan Bermain Pada Peningkatan Kesegaran Jasmani Sekolah Dasar. Yogjakarta.
Lengkana, A. S., & Muhtar, T. (2021). Pembelajaran Kebugaran Jasmani. Bandung. Nasution, S. (2017). Variabel Penelitian.
Raudha. Nofikasari, I. (2020). Uji Validasi Instrumen. Inatitur Agama Islam Negeri Purwokerto.
Permana, R. (2016). Penguasaan Rangkaian Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) melalui Diskusi dan Simulasi. Universitas Muhammadyah Tasikmalaya
Kurniadi, Diki Aris Eka, Usman Wahyudi, and Febrita P. Heynoek. "Hubungan Kebiasaan Merokok terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Futsal Putra." Sport Science and Health 1.2 (2019): 126-131.
Kurniadi, D. A. E., Wahyudi, U., & Heynoek, F. P. (2019). Hubungan Kebiasaan Merokok terhadap Tingkat kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Futsal Putra. Sport Science and Health, 1(2), 126-131.
Kurniadi, Diki Aris Eka; Wahyudi, Usman; Heynoek, Febrita P. Hubungan Kebiasaan Merokok terhadap Tingkat kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Futsal Putra. Sport Science and Health, 2019, 1.2: 126-131
Lestari, K. A. S., Winaya, I. M. N., & Bagiada, N. A. (2015). Pelrbeldaan Elfelktivitas Latihan Helxagon Drill Dan Zig-Zag Run Telrhadap Pelningkatan Kelincahan Pada Pelmain Selpak Bola Selkolah Selpak Bola Guntur Delnpasar. Fakultas Keldoktelran Univelrsitas Udayana, Delnpasar, Hal, 13–17.
Maulana, Andi Indra. Perbandingan Daya Tahan Kardiovaskulear Pada Pemain Futsal Perokok Dan Tidak Perokok Pada Klub Sakti Satwa FC Kabupaten Bone. Diss. FIK, 2016.
Muhajir, M. Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan. Yudhistira Ghalia Indonesia, 2007.
Roflin, Eddy, and Iche Andriyani Liberty. Populasi, Sampel, Variabel dalam penelitian kedokteran. Penerbit NEM, 2021.
Sepriadi, Sepriadi, Sefri Hardiansyah, and Hilmainur Syampurma. "Perbedaan tingkat kesegaran jasmani berdasarkan status gizi." Media Ilmu Keolahragaan Indonesia 7.1 (2017): 24-34.
Siyoto, Sandu, and Muhammad Ali Sodik. Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing, 2015.
Sudibyo, Priboyo. "Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif." Seminar Kelas Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Islam Universitas Sunan Kalijaga (Hal. 1-9). Vol. 23. 2016.
Yudiana, Yuyun, Herman Subardjah, and Tite Juliantine. "Latihan fisik." Bandung: FPOK-UPI Bandung (2012).